Oxford, 23 Oktober 2021

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

Thanks to Cecep Ceprolet sobat travelling kita, trip kali ini lumayan spontan. Tiba-tiba aja gitu ngide pengen ke Oxford.

“Dud, besok Oxford yuk?”

“Yuk!”

Aih, nikmat. Gak perlu lagi nyari-nyari harga tiket kereta. Kalo ga ada si Cecep, pasti ujung-ujungnya kita ga jadi pergi karena tiket last minutes muahaaaalll.

Sehari sebelum berangkat, kita book parkiran di Oxford. Murah sekaliiii, parkir seharian cuma 4 pon saja. Memang gak persis di tengah kota – tetep mesti jalan kaki sekitar setengah jam untuk ke city centre, tapi cincai lah. Anak dusun Cambridge mah udah biasa jalan kaki kemana-mana. Dan seperti biasa, malamnya Sibucik bikin itinerary lengkap dan book tiket untuk masuk ke Christ Church College, salah satu main attraction di Oxford.

Jam setengah 7 pagi di hari Sabtu yang dingin, berangkat lah kita ke Oxford naik Cecep. Kali ini kita ditemenin si S, temen satu jurusannya Om Duke.

Sabtu, 23 Oktober 2021 – Jalan-jalan di Oxford kota pelajar

Beda dengan jalan ke arah Manchester yang lebar dan ada 3 jalur, jalan ke Oxford lebih kecil. Masing-masing arah cuma ada satu jalur, tapi disini semua pengguna jalan sopan banget. Walaupun kita jalannya pelan (inget motonya si Cecep: alon-alon asal kelakon), kita ga pernah diklakson atau dikedip-kedipin pake lampu tinggi oleh mobil yang di belakang. Dan ga ada satu pun mobil yang nyalip pake jalur yang berlawanan arah. Kalo di jalan lintas provinsi di Sumatera atau di Jawa, pasti udah main salip sana-sini wkwkwkwk.

Beli sarapan on the go di Queen Lane Coffee Shop, salah satu cafe tertua di Inggris

Setelah 2 jam nyetir, kita sampe di Oxford. Hal pertama yang kita lakukan adalah nyari sarapan dan kopi. Dengan rekomendasi dari temennya S, kita pun jalan kaki ke The Grand Cafe, kafe dengan dekorasi klasik yang keliatannya fancy dan intimidating.

Hmmm…. Dari bentukannya kok agak bikin takut ya. Takut sama harganya HAHA. Bener aja, pas liat menunya, ebuset mahal banget! Ini sih tempatnya lebih kayak cafe untuk orang British minum teh ala-ala pake cake seuprit yang cuma buat ngotorin gigi (fancy a cuppa?). Sementara yang kita cari cuma kopi dan croissant. Kita pun melipir ke coffee shop di seberangnya yang keliatannya lebih merakyat.

Cafe yang ini namanya Queen’s Lane Coffee Shop. Kita beli latte sama almond croissant, lalu jalan kaki ke arah Christ Church College sambil makan.

Kesan pertama kita tentang Oxford adalah, ini kotanya mirip banget sama Cambridge. College dimana-mana, banyak gedung historis, dan vibenya pelajar banget. Yang membedakan adalah ukuran jalannya. Kalau di Cambridge jalannya kecil-kecil dan rame dengan sepeda, di Oxford jalanannya lebih lebar, lebih banyak mobil, dan yang naik sepeda ga terlalu banyak.

Christ Church College

Jam 10 pas, sampai lah kita di tujuan utama kita: Christ Church College. Katanya ini salah satu college paling beken yang ada di Oxford. Sejak dibangun di tahun 1500-an, college ini udah mencetak banyak banget orang terkenal dan 13 prime minister. Selain karena sejarahnya, Christ Church College juga sering dikunjungi turis karena bangunannya yang keren dan sering dijadiin lokasi syuting pilem. Tapi yang paling bikin Sibucik excited berkunjung kesini adalah ini tempat syutingnya Harry Potter! Kyaaaaaaaa.

Pintu masuk Christ Church College

Karena kita bertiga bukan student di Christ Church College, kita perlu beli tiket seharga 16 pon per orang untuk masuk ke si college. Mahal ya, padahal cuma buat keliling-keliling doang. Huft dasar kapitalis. Tapi mungkin biar orang ga sembarangan masuk ya, ga kayak UI Depok yang rame sama orang numpang mincuk di pinggir danau xixixixi.

Anyway…. Sebelum masuk gerbang, kita dikasih headset dan semacam multimedia device yang bentuknya mirip handphone berisi video penjelasan masing-masing bagian collegenya. Tournya sendiri self-guided, jadi kita bebas kemana aja, yang penting gak lupa balikin multimedia guidenya sebelum pulang.

Pertama-tama kita ke area luas yang namanya Tom Quad. Duh cantik banget ini tempatnya. Karena masih sepi, kita memanfaatkan momen dan mengerahkan tripod mini andalan buat poto-poto, hohohohooo…

Ada kejadian kocak. Waktu lagi sibuk masang tripod dan setting kamera, tiba-tiba tercium bau cubluk di tengah-tengah semilir angin.

“Ih, kok bau cubluk????” kata Sibucik.

“Ih iya nih Christ Church college bagus-bagus kok bau selokan ya hahahahahaa,” kata S.

“Hahahahahaha,” Om Duke ikutan ketawa

“Hahahahahahaaa,”

“Hahahahahahahahaaaaa,”

Sorenya, baru lah Om Duke kasih tau Bucik. Ternyata itu bukan bau selokan, tapi bau kentutnya Om Duke. HAHAHAHAHAHAHAHAHA. Ngakak guling-guling deh. Pantesan kok bau selokannya familiar. Sssssst, jangan bilang siapa-siapa!

Sudah, cukup bahas bau kentutnya. Cekidot foto-foto Christ Church College yang megah dan syantiq.

Christ Church Cathedral

Christ Church College library

Love is stronger than death. Mantabs.

Cakep banget ya??? Tapi itu belum ke bagian gong-nya. Bagian yang bikin merinding disko adalah the Great Hall!!!! Great Hall-nya Christ Church College ini menginspirasi JK Rowling untuk the Great Hall yang ada di Hogwarts. Sugoooooiiiiiii….. Sebagai seorang Potterhead sejati sejak masih kinyis-kinyis, Sibucik excited banget. Vibenya Hogwarts banget lah, gokil. Katanya sih Great Hall ini beneran dipake oleh semua mahasiswa Christ Church College untuk makan bareng setiap hari. UGH. Seneng banget gak sih kalo jadi mereka. Waktu kita sampe di Great Hall, Sibucik langsung merasa, “oke. 16 pon-ku terbayar sudah!”.

Tangga menuju Great Hall yang dipake syuting HarPot

Ngadi-ngadi nih Great Hall. KEREN BANGET!!!

Bodleian Library Complex

Setelah dari Christ Church College, kita lanjut jalan ke area Bodleian Library. Tadinya mau ke Magdalen College, tapi ternyata berbayar juga! Bahhh, malas kali pun aku bayar-bayar. Cus lah kita langsung ke Radcliffe Camera aja yang gratis.

Magdalen College. Foto dari luar aja ya, kalo masuk mahal xixi

Radcliffe Camera ini bagian dari Bodleian Library Complex dan bisa dibilang spot foto paling mainstream di Oxford. Di setiap foto turis pasti ada deh si bangunan yang bentuknya bulet-bulet ini. Iconic bingit soalnya. Jadi kalo udah kesini, kita secara official udah berkunjung ke Oxford. Yess!!

Gimana? Udah cem Modi Ayunda lum?

Kita cuma bisa foto dari luar aja, soalnya yang bisa masuk ke dalem Radcliffe Camera cuma mahasiswa Oxford. Di dalamnya semacam perpustakaan dan area belajar gitu. Kenapa ya namanya camera? Saya juga gak tau hahaha.

Setelah dari Radcliffe Camera, kita lanjut explore bagian lain di Bodleian Library Complex.

Lalu kita beli tiket seharga 2.5 pon untuk masuk ke salah satu ruangan yang namanya Divinity School. Lagi-lagi, Sibucik pengen masuk kesini karena ini tempat syutingnya Harry Potter. Tapi pas masuk….. JIAHHHH RUANGAN SEPETAK HUNGKUL. Jadi barusan kita bayar gocap cuma buat ini??? Hiksss…..

Complicated amat ya ini langit-langit. Pasti bersihinnya susah.

Tapi walaupun ukurannya kicik dan cuma sepetak, ruangan ini bagussss banget dan lagi-lagi punya sejarah penting. Liat sendiri deh di fotonya ya, ada penjelasannya. Males ngetik panjang-panjang wkwkwk.

Lalu kita keluar dari Bodleian Library Complex dan melipir sedikit ke the Bridge of Sighs yang ada di dekat situ.

Ini juga salah satu spot foto yang mainstream banget di Oxford

Makan siang bakso dan nasi bali

Dengan rekomendasi dari temennya Om Duke yang kuliah di Oxford, kita ke Gloucester Market untuk makan makanan Indonesia. Waktu liat lapaknya, yang jaga ada satu orang mbak-mbak yang mukanya Indonesia banget dan satu lagi mas-mas bule. Kita langsung mikir, wah pasti mbaknya orang Indonesia nih!

Dengan pede, kita pun pesen makanan dengan Bahasa Indonesia.

“Mbak, nasi bali satu, mie bakso satu ya!”

Mbak-mbaknya cengo.

Kita juga cengo.

“Sorry, are you Indonesian?”

“No, I’m from the Philippines,”

Jiaaaahhhh, mba’e orang Filipin. Kenapa malah jualan makanan Indonesia ya mbak?

Singkat cerita, kita pun makan siang, pake nasi bali dan mie bakso. Rasanya? Kurang nampol euy. Nasi balinya lebih mirip nasi India. Baksonya lumayan, tapi gak bisa dibandingin sama bakso mamang-mamang di Indonesia ya. Gak ada tandingannya itu mah.

Oxford University Museum of Natural History & Pitt Rivers Museum

Setelah puas jalan-jalan dan makan siang, kita pisah dari si S. Sibucik dan Om Duke jalan berdua ke museum, sementara si S ketemuan sama temennya yang kuliah di Oxford.

Oxford University Museum of Natural History (OUMNH) menarik banget, banyak yang bisa diliat disini. Tapi pas di museum ini langsung salah fokus dan keinget Ross Geller-nya Friends, soalnya banyak fosil dinosaurus dan batu-batuan. Hahahahahaha. Langsung mikir, “ohhhh jadi ini ya kerjaannya si Ross…..”.

Cekidot deh foto-fotonya.

Di bagian belakang OUMNH, ada museum lain lagi yang langsung terhubung lewat pintu, namanya Pitt Rivers Museum. Kalo yang ini museumnya nge-display koleksi-koleksi arkeologi dan antropologi punya University of Oxford. Kita gak terlalu lama keliling disini, soalnya udah bosen dan capek.

Abis dari museum, kita jalan balik ke parkiran dan ngaso di mobil sambil nyalain heater.

Port Meadow

Sambil nunggu si S, kita jalan-jalan ke Port Meadow, padang rumput luas di pinggir River Thames yang banyak sapi dan kuda poninya. Niatnya kita mau jalan-jalan santai sambil liat sunset. Tapi hari ini gelap banget, dingin, dan langitnya berawan, jadi kita cuma jalan-jalan tanpa arah sebentar sambil makan Doritos.

Setelah gelap, kita balik ke parkiran, jemput si S, dan meluncur pulang ke Cambridge. Selesai deh jalan-jalan hari ini. Yeay!

Jadi gimana nih kesannya setelah jalan-jalan di Oxford?

Seneng banget dong, terutama karena liat tempat-tempat yang vibe-nya “Harry Potter banget”. Tapi jujurly, menurut Sibucik, walaupun sama-sama kota pelajar, kota Cambridge lebih lovely. Apakah ini sentimen personal karena kita tinggal di Cambridge ya? Mungkin lebih karena Cambridge kotanya lebih kecil, cocok buat kita yang ansos dan gak suka keramaian. Lebih banyak pejalan kaki, lebih banyak sepeda, ga terlalu banyak mobil, jalanannya kecil tapi vibrant, dan ada River Cam yang cantik banget. Duh. Gih, cek post Sibucik tentang Cambridge.

Adios,
Sibucik

Scroll to Top