Dusun-Hopping di Cotswolds, 30 Oktober 2021

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

Kalo di kalangan anak gaul jaman now lagi ngetrend istilah island hopping di Labuan Bajo naik kapal phinisi, kali ini Sibucik dan Om Duke jalan-jalan dengan konsep yang serupa tapi tak sama: dusun hopping di Cotswolds naik Cecep Ceprolet!! Yes, hari ini kita mau berkunjung ke beberapa dusun alias desa alias village yang ada di Cotswolds. Cihuuuy, keprok dulu gan….

Apaan sih Cotswolds? Sepemahaman Sibucik yang gak paham-paham amat ini, Cotswolds adalah area luas berbukit-bukit di Inggris sebelah kiri-bawah yang dinobatkan sebagai AONB (Area of Outstanding Natural Beauty) karena kondisi alam dan pedesaannya yang cantik dan well-reserved. Ceunah mah suasana pedesaan di Cotswolds bikin serasa naik mesin waktu ke Inggris di masa lampau. Azekh. Karena kondisinya yang masih asli, beberapa tempat di Cotswolds sering dipake buat syuting film/series seperti Harry Potter, Pride and Prejudice, Downton Abbey, Poldark, The Crown, daaaannn lain lain.

Nah, kita memang sengaja pilih AirBnB yang lokasinya deket dengan Cotswolds supaya bisa explore beberapa desa sambil jalan pulang ke Cambridge. Hari ini, kita akan berangkat dari Corsham ke Lacock, lalu lanjut ke Castle Combe, Bibury, dan Bourton-on-the-Water. Setelah dari Cotswolds, rencananya kita bakal mampir ke Coventry untuk makan malem bareng temennya Om Duke, lalu langsung pulang ke Cambridge.

Rute kita hari ini

Markidot!!!

Sabtu, 30 October 2021: Dusun-Hopping di Cotswolds AONB

Rekap hari sebelumnya: jalan-jalan di kota Bath, malemnya nginep di AirBnB yang super nyaman di Corsham.

Sesuai perkiraan, semalem kita tidur pules banget, bahkan lebih pules daripada biasanya. Wkwkwk ya iya lah, ini kasurnya empuk, spreinya halus, disedian cookies segala lagi sebelum tidur. Xixixi…. Setelah bangun dari tidur yang super enak, kita disambut oleh Mamang Allan, suaminya Tania yang udah nyiapin sarapan lengkap. Juara pisan euy sarapannya. Kita tadinya sempet khawatir sarapannya gak cocok di lidah karena vegan, eh ternyata makanan vegan bisa enak juga!

Brekpes in bed: smoothie, honey lemon ginger, susu kedele, sereal, sourdough bread pake selai blueberry dan peanut butter, pisang, croissant, muesli.

Top markotop iyeu brekpes. Entah karena memang enak atau karena gratis wkwkwkwk.

Setelah puas sarapan, jam 10 pagi kita salim dulu ke Tania dan Allan yang baik hati lalu check-out. Tujuan pertama hari ini adalah desa yang paling dekat dari Corsham: Lacock Village!

1. Lacock Village, the Most Filmed Village in England

Perjalanan dari Corsham ke Lacock cuma 10 menit aja. Kita langsung meluncur ke destinasi di Lacock Village: Lacock Abbey.

Situasi parkir. Pagi ini cuacanya lovely sekaliii

Tadinya kita cuma berniat untuk liat-liat si Lacock Abbey dari luar aja, soalnya kalo masuk mesti bayar tiket 15 pon per orang. Makan aja bawa bekel, kalo bisa jalan-jalannya yang gratis aja la huahahahaha. Tapi pas nyampe, wahhh cuacanya cerah banget nih! Pas diintip pun kok keliatannya cakep, ya udah deh kita beli tiket aja…. Lacock Abbey ini sering dijadiin lokasi syuting film juga, salah satunya Harry Potter. Hohohoooo Sibucik excited sekali mau liat tempat yang ke-Hogwarts-Hogwarts-an.

Mariii kita liat-liat Lacock Abbey

Gerbang masuk Lacock Abbey

Area Lacock Abbey ternyata lumayan besar. Disini gak cuma ada abbey, tapi juga ada botanical garden, museum, dan courtyard. Bangunan abbeynya sendiri memang gak se-megah Bath Abbey, tapi surroundingsnya cantik bingit. Dikelilingi lapangan lumput luas yang ada banyak domba-domba lucu lagi tidur siang.

Bagian luar Lacock Abbey

Jam matahari di halaman Lacock Abbey. Gak ngerti bacanya gimana wkwk.

Sejarah Encing Ela, foundernya Lacock Abbey

Lacock Abbey ini ada dua tingkat. Lantai pertama ada cloisters dan ruangan kosong yang pernah muncul di Harry Potter movies.

Ruangan tempat Harry Potter ngeliat mirror of erised

Bagian tengah Lacock Abbey

Lacock Abbey Cloisters yang dijadiin koridor Hogwarts

Norak banget nih Sibucik disini, foto-foto dari segala penjuru semua yang terlihat seperti Hogwarts wkwkwkwk. Setelah bosen dan malu sama pengunjung lain karena popotoan wae, kita melipir ke lantai 2.

Lantai 2 ternyata semacam area tempat tinggal. Cekidot gan.

Pulpit room

Reading room

Upper-east bedroom – kamarnya Amelina Petit de Billier (teuing saha)

Blue Parlour – private studynya Puangbos William Henry Fox Talbot

Dining Room

Great Hall – tempat anak-anaknya Mamang Talbot main battledore and shuttlecock alias bulutangkis

Setelah puas keliling-keliling, kita bergegas keluar dari abbey. Gak mau lama-lama, soalnya destinasi hari ini masih banyak!

Tapi mumpung disini dan mumpung lagi sepi, ayok kita keluarkan senjata andalan: tripod miniiiiii!!! *pake suara Doraemon*

Hohohohooo, sungguh tripod mini ini penemuan yang sangat lah berfaedah, memudahkan pasangan caleuy cem kita untuk foto-foto dengan aesthetique.

Sedap teu? Cem pasangan kaya raya wkwkwk.

Pas banget setelah kita selesai ngider-ngider dan foto-foto, tiba-tiba turun hujan dan langsung deras. Kita pun ngibrit ke arah loket pendaftaran untuk neduh. Sambil nunggu hujan reda, kita liat-liat museum fotografi dulu di sebelah loket.

Keren euy Mamang Talbot

Setelah hujan reda, kita ngider sebentar untuk liat-liat Lacok Village lalu langsung ciao ke tujuan berikutnya yaitu Castle Combe.

Lacock Village

2. Castle Combe, the Prettiest Village in England

Sebelum ke Castle Combe, kita mampir dulu ke Sainsbury’s untuk isi bensin dan tentunya beli hot meal paporit Om Duke.

Suwer, ini lebih enak daripada kaepci

Setelah bensin full tank dan perut juga full tank, kita lanjut nyetir menyusuri jalan lintas dusun.

Jalan lintas dusun Lacock-Castle Combe

Dua puluh menit kemudian, sampai lah kita di Castle Combe. Kyaaa excited!!! Mana neeehh yang katanya kampung paling indah se-Inggris raya?

Waktu di jalan menuju Castle Combe, cuacanya cerah. Pas nyampe, eeeeehhh dia hujan lagi. Maunya apa, ku harus bagaimanaaa kasiiiiiiihhhh~~ *nyanyi lagu Melly Goeslaw*.  Ya sudah lah, pasrah aja sama ketidakjelasan cuaca ini dan berharap nanti tiba-tiba cerah lagi.

Ini diaaa dusun Castle Combe

St. Andrew’s Church

Kalo kata Om Duke, ini balai warga. Kalo kata Sibucik, ini pos ronda.

Eleuh meuni murupuy

Udah, cuma segitu doang desa Castle Combe. Ternyata ada yang lebih dusun daripada Cambridge huahahahahaaa. Ya iya lah, tampol nih….

Sebenernya ada satu spot foto yang iconic banget di Castle Combe. Tentunya kita mengincar foto di spot itu doong, xixixixixii…. Tapi spotnya banyak turis, fotonya kurang cakep. Kita pun ngider-ngider aja di sekitar Castle Combe yang cuma seuprit itu sambil nunggu sepi. Tapi karena hujan, lama-lama Sibucik mulai kedinginan. BRRRRR!!!! Duh, ya sudah lah kita foto dulu aja walaupun banyak orang.

Pas sampe spot fotonya…. LAH TIBA-TIBA SEPI!! Dan tiba-tiba cerah!! Ini pasti sepi karena waktu hujan semua pengunjung berteduh di pos ronda nih. Ayo cepet pasang tripod mini sebelum rame lagi!!

Cakeuuuup, dapet juga foto wajib di kampung tercantik se-Inggris-eun

Tumben-tumbenan Om Duke fotonya aesthetique wkwkwkwk

Yuk, mumpung masih cerah, ayo kita meluncur ke desa berikutnya sebelum hujan lagi!

Next stop: Bibury!!!

3. Bibury, Prettiest Village in England (juga!!)

Biiiibuuryyyyy…. Elok bagai rembulaaan ohhh sayanggg. Eh salah, itu Widuri. Hehe.

Castle Combe ke Bibury jaraknya sekitar 32 miles. Ini desanya lebih menunjukkan peradaban daripada Castle Combe. Disini lumayan rame dengan pengunjung karena ada penginapan besar dan trout farm alias peternakan ikan trout (apa sih Bahasa Indonesia-nya trout?).

Beda dengan Castle Combe yang vibenya ndeso banget dan natural, Bibury ini lebih kayak resort taman bunga. Lebih…. rapi dan tertata. Bukannya Castle Combe gak rapih ya, tapi Bibury ini vibenya cem tempat wisata yang di Lembang gitu hahahahahaaa. Cekidot penampakan kampung Bibury.

Di Bibury ini, ada satu spot yang paling terkenal, namanya Arlington Row. Spot ini sebenernya cuma jejeran rumah warga, tapi fotogenic banget karena bentuknya masih “asli” dan di-preserve oleh Royal College of Arts. Lalu jadi makin beken karena dipake buat syuting film Bridget Jones Diary dan Stardust.

Ayo kita liat, kayak apa sih bentukannya Arlington Row…..

Arlington Row

Jiaaahhh, ternyata rame!! Penuh sama manusia selfie-selfie wkwkwk. Di awal kita sempet bingung, “mana neh yang namanya Arlington Row???” soalnya gak nyangka cuma seuprit gini doang hahahaha. Setelah diliat-liat, oooohhh yang ini toh. Memang bagus sih, ndeso bingit gitu…. Mungkin kalo gak rame sama turis bakal keliatan lebih impresif.

Arlington Row dari seberang kali

 Baiklah, sudah cukup ngider-ngider di Bibury. Next stop: Bourton-on-the-Water.

4. Bourton-on-the-Water: Little Venice of the Cotswolds

Nah, ini destinasi terakhir kita di Cotswolds. So far, ini desa yang paling lovely sih. Main pointnya ada di sepanjang River Windrush, sungai cetek yang bersiiiiih banget. Awalnya Sibucik pikir ini selokan gede, soalnya rapi banget. Eh ternyata sungai hahahaha. Di sepanjang sungai, ada banyak toko kecil, tea shop, ice cream parlour. Ada banyak bangku taman juga untuk sekedar ngaso-ngaso cari angin.

Karena laper, disini kita mampir dulu makan pizza quattro formaggi.

Aih, jadi ngiler. Enak banget ini, 12 pon saja.

Abis makan, baru lah kita jalan-jalan santai sampe sore. Enak banget duduk-duduk di pinggir sungai ini. Soalnya airnya tenang, pikiran juga ikut tenang, apalagi liatin bebek berenang, sambil kasih makan soang, hati jadi ikut riang #azek #doitwithrhyme

Kita duduk-duduk disini lumayan lama, dan seperti biasa Om Duke keasyikan kasih makan bebek pake roti Tesco wkwkwkwk. Sebelum mulai gelap, kita beli kopi di minimarket lalu berangkat lagi naik si Cecep ke arah pulang. Kebetulan jalur pulang kita ngelewatin Coventry, jadi kita mau mampir dulu disana sekalian cari makan malem.

5. Makan di Noodle Bar Coventry

Coventry ternyata kota kecil banget. Ini mah bukan kota sih, rasanya kayak UI Depok, hutan hungkul! Huahahahahaha. Ternyata kita beruntung sekali tinggal di Kota se-nyaman Cambridge yang kemana-mana deket dan bisa jalan kaki. Coventry ini tipe kota yang kemana-mana lebih enak pake mobil. Tadinya kita mau ketemu sama temennya Om Duke disini, tapi ternyata dia udah ada janji lain. Akhirnya kita pergi ke city centre untuk makan chinese food di Noodle Bar.

Coventry city center

Noodle Bar

Singaporean fried rice pake ayam & udang

Noodle soup pake Japanese udon, fish balls, & beef meatballs

Memang jalan-jalan kemana pun, makanan Cina selalu paling cocok di lidah. Ini yang kita makan enak bangettttttt. Nasi gorengnya gurih, noodle soupnya seger. Aih, lovely food to end a lovely trip iyeu mah.

Setelah kenyang, kita langsung meluncur ke Cambridge! Terima kasih Bath dan Cotswolds, perjalanannya berkesan sekaliiii~~~~

Sekian laporan jalan-jalan hari ini. Besok masih hari Minggu, saatnya leha-leha sepanjang hari fufufufuuu….

Adios,
Sibucik

Scroll to Top