Scotland Road Trip day 6: Falkirk

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

Rekap hari sebelumnya: ketemu Nessie di reruntuhan Urquhart Castle di pinggir Loch Ness, norak liat salju untuk pertama kalinya di Loch an Eilein, check in di Airbnb di Falkirk.

Spoiler gan, hari ini membosankan sekaleeeeee~~~~ ini hari paling krik krik selama Scotland trip karena ternyata di Falkirk ora ono apa-apa, ditambah hujan pulaaa seharian. Bagooooos. Tadinya kita mau ke Stirling yang jaraknya sekitar 1 jam ke utara, menjauhi Edinburgh. Tapi setelah diliat-liat lagi ternyata Stirling juga gak menarik-menarik amat dan ngapain juga balik lagi ke utara. Yasudahlah hari ini kita santuy aja menikmati si Airbnb sampe siang terus liat-liat kota Falkirk seadanya sebelum meluncur ke Edinburgh.

Markidot!

Sebelum berangkat

Morning sunhineeee. Hazeg.

Bisa ditebak, karena emang gak ada rencana apa-apa hari ini, Sibucik ngulet-ngulet dalem selimut sampe siang. Males beneeerr beranjak dari tempat tidur. Setelah misuh-misuh ngumpulin tenaga, Sibucik bangun juga karena dipancing pake Indomie goreng buatan Om Duke. Kita pun sarapan dan ngopi seadanya sambil goreng ayam ungkep buat bekal.

Menu sarapan super berat hari ini: Indomie goreng dan quarter pounder. Gile…..

Gilak, hari ini sarapannya berat banget, padahal dari kemaren-kemaren pailng mentok cuma roti atau telor. Abis sarapan langsung deh perut begah.

Jam 12 ciao lah kita ke Starbucks terdekat buat ngedrop si A yang ada meeting seharian. Abis duduk-duduk sebentar di Starbucks sambil minum Chai tea (diluar dugaan ternyata enak juga ini teh India, kayak bandrek tanpa jahe), Sibucik dan Om Duke jalan kaki menuju Callendar House, semacam castle yang di dalemnya ada museum dan masuknya HARATIS. Xixixixi….

21 Desember 2021: Callendar House, Falkirk

1. Callendar House

Jarak dari Starbucks ke Callendar House kurang lebih 30 menit jalan kaki. Awalnya si dua anak kampung mau jalan kaki aja, “biar olahraga” ceunah. Tapi setelah 5 menit jalan, jiwa malas pun menang dan kita langsung balik lagi ke parkiran buat ambil mobil. Huahahaha anget-anget tai ayam memang.

Singkat cerita, sampe lah kita di Callendar House. Katanya sih Callendar House ini arsitekturnya style Prancis gitu deh. Tapi jujur Sibucik gak tau bedanya apa wkwkwk. Cekidot bentukan si castle.

Duke and Duchess of Kembritch mengucpkan wilujeng sumping dina Callendar House

Pas kita dateng, sepi banget nget nget, nyaris ga ada pengunjung lain. Serasa rumah sendiri jadinya. Di dalemnya pun sepi, cuma ada satu orang yang jaga di reception. Kita registrasi sebentar lalu explore bagian dalemnya.

Pohon natal di lobby Callendar House

Ternyata di bagian dalemnya ada macem-macem, mulai dari art gallery, photography exhibition, museum berisi sejarah Falkirk, tea room…. Tapi duh jujurly kurang menarik buat Sibucik yang gak terlalu doyan sejarah roman atau medieval atau apa pun lah itu istilahnya. Sebenernya museumnya informatif dan terstruktur, tapi yang dijembrengin disini spesifik sejarahnya Falkirk doang, bukan sejarah Scotland. Boro-boro ngerti, mengetahui keberadaan kota Falkirk aja baru karena nyari Airbnb dan kebetulan nemu yang paling murahnya di kota ini wkwkwkwk…..

Gak terlalu banyak yang menarik di dalem Callendar House jadi gak perlu dibahas. Tapi karena menjelang natal, ada banyak instalasi natal yang dipajang disini. Walaupun tidak informatif dan unfaedah tapi yang begini-begini I like!! Soalnya berwarna warni dan buricak burinong wkwkwk. Memang dasar anak kicik…. Dikasih yang edukatif gak tertarik, dikasih beginian malah girang.

Bocak cilik yang lebih seneng liat instalasi buat anak-anak daripada museum

Karena kurang seru, alhasil disini kita cuma ngider-ngider, numpang buang hajat, terus ciao.

Pas keluar dari Callendar House…. Hujan deras dooong. Semenjak kita di Scotland, baru kali ini nih hujan. Lari lah kita ke mobil dan nungguin hujan sambil makan bekal dan telponan sama Andung.

Makan siang hari ini: ayam goreng ungkep, abon, kerupuk udang. Slurppppp.

Abis makan, hujannya masih deras. Karena gak ada tujuan, bingung mau kemana lagi, dan masih nungguin si A kerja, Sibucik dan Om Duke pun melipir ke Tesco hahahahaa. Bener-bener deh gak dimana-mana, Tesco selalu jadi hiburan.

Skip skippppp…..

Singkat cerita, kita ngider di supermarket, jemput si A di Starbucks, lalu meluncur ke Edinburgh!

2. Edinburgh

Setelah 1 jam nyetir, akhirnya kita sampe juga di gong ke-dua dari Scotland Trip ini: Edinburgh, the prettiest city in the UK!!!

Edinburgh ini kota paling besar yang ada di Scotland. Setelah seminggu ngider-ngider di dusun dan pelosok, tiba-tiba ada di kota besar yang banyak mobilnya dan lampu dimana-mana rasanya anehhhhh banget. Fix lah kita udah jadi anak kampung.

Nah perkara Airbnb hari ini ya Allah dramanyaaaa…… Bukan karena lokasinya yang menyerupai tempat jin buang anak kayak di hari pertama, tapi karena repot angkut barang! Malam-malam sebelumnya aja perkara pindahin barang dari mobil udah malesin, kali ini rempongnya berkali-kali lipat karena parkirannya gak bisa di depan rumah dan apartemen kali ini ada di lantai 2. Kebayang gak tuh bopong-bopong barang dari mobil terus naik tangga sambil angkut tas-tas, koper, container gede isi makanan yang membumbung tinggi, kantong belanjaan isi makanan bejibun, sepatu, sampe panci-panci segala??? *lap keringat* disini sebenernya yang paling kasian si A, soalnya Om Duke sibuk parkirin mobil dan Sibucik tidak terlalu banyak membantu. Kasian banget anak orang udah beneran cem mamang porter wkwkwkwk.

Fyuh….. Urusan angkut barang dah kelar. Sekarang urusan parkirin mobil. Ini juga lumayan malesin, karena beda dengan Airbnb sebelum-sebelumnya yang nyediain tempat parkir gratis tepat di depan rumah, kali ini kita gak dapet parkir. Alhasil kudu nyari parkiran umum di tempat lain yang berbayar. Masalahnya adalah: nyari parkir di tengah kota tuh susah, dan kalo pun ada, mahal! Kalo ada yang murah, pastinya di pinggiran kota. Nah, malem sebelumnya Om Duke udah book tempat parkir di parkiran ASDA yang surprisingly murah sekali 5 pon saja untuk 2 hari 2 malam. Pede banget nih kita mau parkir disana. Karena kasian si A udah jadi porter angkutin barang-barang, Om Duke pergi ke parkiran ditemenin Sibucik.

Ngeeeng jalan lah kita nganterin si Cecep ke ASDA yang ternyata JAUH BANGET! Memang dasar dua manusia ini kalo liat yang murah langsung tergiur, gak pake mikir lokasinya sejauh apa. Kalo jalan kaki, ternyata dari ASDA ke Airbnb bakal makan waktu 40 menit. Yalooord…. Gak jadi deh, ogah banget jalan kaki di 40 menit gelap-gelapan, mana udaranya cem di freezer. Walaupun kita kopet tapi gak gini-gini amat kali wkwkwkwk. Alhasil kita nyari tempat parkiran baru yang lebih deket. Lalu nemu lah parkiran di deket Airbnb kita dengan harga 20 pon. Ya sudah lah, daripada jalan kaki jauh banget ya kan….. Singkat cerita dibayar juga tuh parkiran jahanam 400ribuan online, lalu kita berdua nyetir ke TKP. Pas sampe di spot parkirnya…. LAHHHH ADA MOBIL SAPA NEH??? Sibucik curiga, ini yang sewain tempat parkir trusted gak ni? Setelah liat-liat review, ternyata semuanya review jelek dan banyak orang yang dapet masalah sama kayak kita. Hais….. Mau protes pun gak bisa karena orangnya gak angkat telpon. Karena udah capek, kita menyerah. Bodo amat lah, malem ini cus parkirin aja di tempat resident parking depan Airbnb dengan harapan gak kena tilang.

Pulang lah kita ke Airbnb dengan muka lusuh dan bete. Untung aja pulangnya disambut Airbnb yang cakep dan nyaman. Seperti biasa, room tour dulu gan….. Karena terlalu capek foto-foto, kita ambil dari gallery Airbnb aja yes:

Living room

Dapur

Kamar Sibucik & Om Duke

Kamar si A

Kamar mandi

Aheuy…. Bagus cakep apartemennya. DI tengah kota pula. Jauh banget sama kosan sepetak overpriced di dusun Cambridge hahaha.

Abis rapih-rapih barang-barang, seperti biasa Sibucik nongkrong di dapur dan voilaaaa~~~

Makan malam hari ini: nasi kare jepang pake daging cincang & telor dadar

Aih, mantap. Kare Jepang yang rasanya persissss Cocoichibana. Mengutip kata Om Duke: oishii!!!

Adios,
Sibucik

Scotland Trip

Scroll to Top