Korea Trip 2019 – Day 1: Bukhansan National Park

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

Annyeong haseyo!!!!

Mari kita lanjut jalan-jalan pertama di Koriya!!!

Minggu, 3 November 2019: Bukhansan National Park

1. Bangun pagi lalu disambut ahjussi dan ahjumma bugil

Setelah tidur yang sangat pules dan menyegarkan di Siloam Sauna, kita bangun dengan perasaan happy. Lalu kita ngecas HP sebentar, lalu duduk-duduk ngumpulin nyawa sambil angetin kaki. Ternyata Jjimjilbang ini bukan cuma sekedar tempat berendam air anget dan sauna, tapi ada spot-spot dengan batu-batu kerikil yang diangetin (duh gimana sih ngejelasinnya? Pokoknya bayangin timbunan kerikil kecil-kecil, kerikilnya anget, lalu kita bisa masukin telapak kaki kita disitu sambil duduk santai. Enak dan nagih banget).

Setelah leyeh-leyeh, kita bergegas ganti baju di locker room. Semalem kita ganti baju di ruangan yang sama, tapi karena tengah malem, ga ada siapa-siapa. Ternyata pagi-pagi jadi rame dan WOWWW KAGET AKU TUH KAK, banyak ahjumma dan oeunni yang bugil berkeliaran tanpa usaha menutupi bagian-bagian tertentu. Di loker khusus cowok, Om Duke pun terkaget-kaget juga karena disambut ahjussi yang buligir hahahaha.

Lalu kita geret koper naik metro ke Aloft Hotel di Myeongdong. Aloft Hotel ini lokasinya lumayan strategis, cuma 5 menit jalan kaki udah sampe ke Myeongdong street.

Karena masih belum waktunya check-in, kita cuma titip koper, cuci muka, dan ganti baju – hiking style!!! Hiking mania?? Mantap!!

2. Otw Bukhansan National Park, kimbab babi, terkesima dengan integrated transportesyong di Seoul

Yeahhhh karena Sibucik dan Om Duke sudah suited up, kita meluncur ke Gupabal stesyong. Waktu turun dari stasiun gupabal, kita ketemu ahjussi yg jual makanan dan kita beli kimbab. Beuh enak bingit. Lemper dengan kearifan lokal negeri ginseng. Tapi Sibucik curiga sih ada babinya, soalnya pas digigit eh kok ada semacam daging yang warnanya pink-pink. Ya sudah lah rejeki udah terlanjur dimakan. Aku tidak tahu apa apaaaa xixixi aku anggap saja itu kornet daging sapi. Lalu dari Gupabal kita lanjut naik bus nomer 8772 ke Bukhansan entrance!! Yuhuuuuu….. Di sepanjang jalan kita terkesima karena transportasi disini keren bingit, semuanya integrated, kemana-mana gampang dan nyaman.

3. Mendaki gunung lewati lembah, foto-foto di setiap pengkolan

Sampai lah kita di Bukhansan National Park!

Di entrancenya Bukkhansan, ternyata ada banyak toko outdoor berjejer. Karena celana Bucik kedodoran, kita mampir ke salah satu toko dan beli belt Deuter. Lalu kita bungkus minuman botolan sama kimbab dari ahjumma berwajah friendly (babinya diganti telor dadar, slurp tetep enak ternyata).

Lalu kita ambil Bukhansan map dan mulai nanjak!!! Huh hah huh hah.

Two words untuk Bukhansan: INDAH BOSQUE.

Ini gunung tapi bener-bener kayak taman euy. Semuanya terfasilitasi, jalurnya rapi, bersih, penunjuk jalannya jelas, ada toilet dimana-mana. Dan surprisingly rame!!! Kalau di Bandung ada Taman Hutan Raya Djuanda alias Tahura, itu kan cuma bagian depannya doang yang rame dengan orang-orang yang nyari spot foto. Begitu kita jalan agak jauh, sepanjang trek Tahura tuh biasanya sepi. Nah disini ga cuma rame di depan, tapi sepanjang trek di semua jalur rame bingit. Pasti berpapasan sama orang. Ternyata di Korea Selatan memang budaya hikingnya lumayan kenceng, sehingga segala macem manusia, mulai dari mbak-mbak bening, mas-mas, bapak-bapak, ibu-ibu, sampe anak-anak kecil dan lansia juga banyak yang nanjak sampe puncak. Surprisingly, orang-orang tua yang nanjak di Bukhansan staminanya oke banget lho!

Singkat cerita, nanjak lah kita ke arah Baegundae Peak yg konon paling populer dan paling tinggi di Bukhansan.

*5 menit nanjak*

“waaah bagusnyaaaaaa”

*foto-foto*

*nanjak lagi 5 menit*

“hah…. hah…. hah…. capek istirahat dulu*

*ngunyah kimbab*

*lanjut nanjak 5 menit*

“waaaaahhhh bagusnyaaaaaa”

*foto-foto*

Begitu aja terus sepanjang nanjak – di setiap pengkolan terdistraksi pemandangan bagus (mon maklum…. Pertama kali liat pemandangan musim gugur makanya udiks) dan berenti melulu untuk makan kimbab. Sehingga pace kita lambat sekali.

Tapi beneran lho, bagus banget pemandangannya…

Lalu di sebuah intersection, dengan penuh kepercayaan diri kita memutuskan belok dulu buat mampir ke Wohnyolbong Peak. Ceritanya mau achieve 2 peak hari ini, abis dari sana lanjut lagi muncak ke Baegundae.

Sombong sekali ya kalian berdua ini, padahal staminanya kalah sama ahjumma umur 70 tahun hihihi….

Beratus-ratus anak tangga kemudian, kita sampe juga di Wohnyolbong Peak. Sudah jam 3 dan kita udah ngos-ngosan hahahahaaa. Karena sudah terlalu sore, tentunya ga mungkin lanjut muncak ke Baegundae. Tapi kita seneng banget soalnya pemandangannya aduhhh cantiknyaaaa kayak model top lady semir rambut paling praktis.

Di puncak Wohnyolbong ternyata lumayan rame. Bucik dan Om Duke leyeh-leyeh menikmati suasana sambil checking out mbak-mbak korea yang syantik-syantik dan cute syekaliiiiii :3

“Dud dud….. Naha nya eta beungeut bisa mulus kinclong begitu???”

Seriously, gimana caranya sih biar muka bisa se-bening mbak-mbak korea????

Singkat cerita, abis dari puncak kita duduk-duduk santai sambil ngabisin kimbab dan perbekalan minum dengan pemandangan sekeren ini!!!!

Setelah kenyang makan kimbab, kita pun turun gunung.

Terussss pas turun tiba-tiba turun hujan lumayan deras. Untung aja udah persiapan bawa rain jacket andalan nortpes dan kolumbia. Cihuuuyyy kita pun menerjang hujan dengan santuy sambil menikmati pemandangan sekitar.

Setelah menerjang hujan, kita numpang pipis dulu di toilet umum, beli minuman di vending machine, dan lanjut jalan. Keren amat ya di tengah gunung ada vending machine?

Kira-kira jam 6 sore, kita pun sampe di basecamp!!! Horeeeee!

Untuk ngeganjel perut, kita beli kkwabaegi, semacam donat tradisional khas Korea. Tapi beda dengan donat biasa, kkwabaegi ini adonannya dari terbuat dari tepung beras. Duh enak banget dingin-dingin makan kkwabaegi yang lembut, anget, dan manis.

Lalu kita meluncuuur balik ke Myeongdong!

4. Seafood dumpling & beef bulgogi yg enaknya bikin terharu

Akhirnya sampe juga di Myeongdong. Asyiiiiik makan apa yaaaa hihihihihi….. Setelah berdebat, kita masuk ke restoran yg kelihatannya sederhana. Gak kelihatan kayak tempat makan yang terkenal di kalangan turis, tapi keliatannya banyak orang lokal yang makan disitu. Nama restonya Gimgane.

Yang lucunya, waktu kita mau pesen makanan, si ahjumma yang jaga resto keliatannya pengen ngasih rekomendasi menu tapi bingung karena ga bisa bahasa inggris. Mungkin dia ngeh kalo wajah kita ga kayak orang Korea. Lalu si ahjumma nunjuk ke beberapa menu dan bilang “oishii!! oishi!!”. Oohhh… maksudnya menu yang ini enak gitu ya? Eh tapi emangnya kita berdua keliatan kayak orang Jepang ya, Buk??? Hahahahaaa….

Atas rekomendasi dari si ahjumma, kita pesen seafood dumpling buat dicemilin berdua sama beef bulgogi yang katanya “oishiii!!!!!”.

Datang lah si makanan. Wah menggiurkan sekali kelihatannya.

Pas makan seafoodnya dumplingnya…. Waw enak nih mantap!!!

Terus pas makan bulgoginya….. YA AMPUN ENAK BANGET TERHARU HUHUHUHUUUUU!!!

Wah itu bulgogi mantap banget lah kacau!! Sampe sekarang masih kebayang-bayang rasanya. Apalagi abis capek-capek hiking gitu rasanya jadi makin niqmaaattt. Oishii, indeed!

Kita makan dengan lahap dan pulang ke hotel dengan perut kenyang.

5. Check-in hotel dan bobo pules

Setelah perut kita bahagia karena bulgogi, kita check in ke Aloft hotel, mandi, bongkar koper, dan tidur pules seperti bayi.

Pelajaran hari ini?

  • Hiking di Korea is a must!!! Karena selain aman dan nyaman, pemandangannya indah banget. Alamnya juga berubah sesuai musim. Jadi walaupun sekarang kita udah pernah ke Bukhansan di musim gugur, kalau kita mampir waktu spring, summer, atau winter, suasananya akan jauh berbeda.
  • Kalau mampir ke Myeongdong, jangan lupa makan di Gimgane dan pesen bulgoginya. Bulgoginya JUARAAA.

Adios,
Sibucik

Korea Trip

Scroll to Top