Balada Pinggang Encok

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

Besok, kita mau trip 4 hari ke Spanyol. Dari beberapa minggu sebelum berangkat, kita dah siapin segala rupa. Mulai dari daftar visa, beli tiket, book akomodasi, urus keperluan administrasi, daaaannn yang paling menyebalkan adalah kelarin tugas kuliah. Pokoknya excited banget deh, gak sabar pengen segera berangkat xixixi…..

Gak kerasa, dateng juga hari sebelum keberangkatan. Biasanya, bagian paling menyenangkan dari H-1 keberangkatan adalah packing dan bikin itinerary. Tapi hari ini kita malah rempong dengan hal lain, karena Sibucik encok dan kita nyaris batal trip!

Intro Dulu Gan

Sebelum ke cerita kejadiannya, background story dulu gan…. Jadi memang Sibucik ini langganan sakit pinggang sejak SMA. Bukan cuma selera fashionnya yang cem nini-nini, tapi badannya juga. Kaku bener, kaga ada lentur-lenturnya!

“Episode” pertama sakit pinggang kejadiannya sekitar 11 tahun yang lalu, waktu Sibucik masih ABG, masih jamannya mincuk sama Om Duke pake seragam SMA. Waktu itu, sakit pinggangnya lebay bener sampe ga bisa jalan segala. Kata dokter, ini gara-gara Sibucik ada skoliosis di bagian lumbar alias pinggang. Ringan sih, gak sampe 10 derajat. Tapi penyebabnya itu ceunah. Jadi menurut si Dokter, gak boleh terlalu maceuh atau olahraga berat kecuali renang.

Alhasil yang dilakukan Sibucik ABG untuk nyembuhin si sakit pinggang cuma sesekali berenang. Olahraga di sekolah masih ikut, walaupun tiap sesi gymnastics selalu izin pake surat dokter. Sayang banget, padahal dulu Sibucik paling jago tiger sprong, dijadiin contoh melulu sama guru olahraganya wkwkwk. Keren teu? Tapi most of the time yang dilakukan Sibucik ABG cuma goler-goler aja. Kan kata dokter, gak boleh maceuh. HEHE. Alesan aja sih, emang dari dulu udah mageran wkwkwk.

Skip skip….. Singkat cerita, si encok membaik tapi sesekali muncul. Tiap kumat, episodenya gak lama-lama, cuma beberapa hari dan langsung ilang setelah fisioterapi. Sejak 2018, Sibucik udah ga pernah lagi sakit pinggang….. Sampe hari ini!!!!

Kamis, 10 Maret 2022: Balada Pinggang Encok

Singkat cerita, di kamis pagi yang cerah, Sibucik nyiapin sarapan. Om duke masih tidur. Pas lagi nata piring di meja, TENGGGGG tiba-tiba muncul tuh si encok!!!! Dan, sakit banget!

Saking sakitnya, plus kaget karena dadakan banget, sampe gak kuat berdiri dan langsung jatuh saat itu juga. Dan dalam waktu sepersekian detik sebelum mendarat di lantai, sempet-sempetnya Sibucik malah mikir, “Bangkeeeee!!!!!!! Kaga jadi deh besok ke Barcelona!!!!”

Ya Allah, kumat lagi si penyakit menahun kampret. Pas banget pula kumatnya sehari sebelum trip Spanyol huhuhuhuhuhu *WHYYYYYYY*

GUBRAK!!!!! *suara Sibucik tikusruk ke lantai*

“HUWAAAAA OM DUKEEE tolooooong aduh aduh aduhhhh!”

“HAH KENAPA KENAPA KENAPA?????” *mendadak bangun, muka bantal, mata belekan*

“Pinggang aku sakit banget iniiii tiba-tiba!”

Dengan mata setengah beler, Om Duke buru-buru nyamperin Sibucik yang nyusruk di lantai dengan posisi setengah duduk tapi setengah tiduran tapi setengah kayang. Kayak gimana coba tuh? Pokoknya awkward position deh, soalnya bergerak sedikiiiiiiiittt aja rasanya sakit. Semua posisi sakit. Tiduran sakit, duduk sakit. Beringsut sedikit doang juga sakit!

Setelah dibopong Om Duke, dengan susah payah akhirnya Sibucik sampe juga ke tempat tidur dan berhasil goler walaupun masih dengan badan tegang.

Wah, asli deh. Beberapa jam pertama rasanya otot kaku banget, kayak kram gitu mungkin ya, tapi di pinggang. Jalan susah, duduk susah, tiduran juga ga nyaman. Huhuhuhu.

Sibucik pun buru-buru kontak NHS. Gak lama kemudian, dokter nelpon terus nanya-nanya gejalanya panjaaaangggg banget. Kata si dokter, berdasarkan gejalanya kemungkinan sciatica, semacam encok karena ada salah posisi di bantalan tulang punggung, terus saraf sciatic-nya kepencet. Bukan karena skoliosis, karena di bawah 10 derajat mah ga menghawatirkan ceunah.

“Banyak gerak ajaaaa mbak, ini masalah common banget. Dipake gerak yang banyak juga nanti balik lagi ke semula kok. Ini mah obatnya bukan minum obat mbak, tapi olahraga. Nanti saya refer ke fisioterapis ya.” – kata si Dokter, ditranslet biar lebih merakyat.

“Oh…. Oke deh dok. Jadi saya malah ga boleh diem-diem aja ya dok? Kalo saya banyak jalan kaki boleh dok?”

“Justru bed rest cuma akan memperburuk, Mbak. Paksain gerak, mobilize your body as much as you can!!! “

Wow… Apakah ini lampu hijau ku untuk tetep berangkat ke Spanyol? –> Tetep aja euy Sibucik, tetep aja pikirannya liburan.

*berpikir keras

Setelah dibilangin kayak gitu sama si dokter, langsung berembuk dulu sama Om Duke, “Dud…. gimana ya Dud? Apa jadiin aja berangkat? Tapi takut ni aku. Kalo aku kenapa-kenapa pas di Spanyol gimana?”

“Aku sih ga masalah kalo ga jadi pergi. Tapi kan kata dokter juga kamu harus banyak gerak. Kalo kamu disini, ujung-ujungnya juga pasti bakalan tiduran doang. Cobain aja dulu berangkat. Kalo di Spanyol emang ga bisa banget jalan ya udah kita goler di hotel aja, ga perlu dipaksa. Mending goler dimana? Di Spanyol apa di kosan?”

Hmmmm bener juga poinnya Om Duke…..

Akhirnya kita decide untuk nunggu dulu, ambil keputusannya nanti malem aja. Sekarang Sibucik istirahat dulu biar ototnya rileks, terus malemnya latihan jalan keluar rumah. Kalo memungkinkan, besok cus. Kalo nggak, yaudah diem di rumah aja.

Malemnya, jalan lah Sibucik di sekitaran rumah. Gak lupa pake trekking pole biar stabil hahahaha.

Nini mau kemana nini?

Ngenes banget euy Sibucik. Jalannya bungkuk, soalnya punggungnya kaku banget, ga bisa ditegakin. Terus jalannya lambaaaaattt banget kayak siput. Tapi ini udah perbaikan, soalnya pagi tadi malah ga bisa bangun dari tempat tidur kalo ga diangkat Om Duke.

Setelah jalan merayap sekitar 30 menit…..

“Jadi gimana? Bisa jalan besok?”, kata Om Duke.

“Hmmmm…. Kita packing aja dulu sekarang, besok bangun pagi, terus liat lagi kondisinya. Kalo mendingan, ciao. Kalo memburuk, ya udah batal.”

Oke siap, sekarang kita tidur dulu……

Bismillah ya Allah, semoga besok membaik!

Tolong Bucik ya Allah….

Jaka sembung naik ojek,
Bersambung Jek!

Adios,
Sibucik

Spain Trip

Scroll to Top