Game of Thrones Tour di Girona

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

Rekap hari sebelumnya: naik kereta first class dua tingkat, ngider-ngider Madrid seharian sampe cangkeul, nonton street performance, ketemu artis indonesia yang kelakuannya malu-maluin, makan churros paling enak se-Madrid-raya.

Minggu, 13 Maret 2022: Girona

Lanjoooottt ke hari ke tiga yes… Hari ini kita mau day trip lagi ke kota kecil yang tetanggaan sama Barcelona yaitu Girona!!!! Girona ini sebenernya gak terlalu touristy, tapi beberapa tahun terakhir jadi terkenal karena dipake buat lokasi syuting beberapa scene Game of Thrones di Braavos, Kings Landing, dan Old Town. Kebetulan Sibucik, Om Duke, dan si Ceceu tiga-tiganya adalah fans berat GoT jadi kita bela-belain mampir kesini!

Cekidooott~

1. Otw Girona

Kalo kemaren kita naik kereta sultan, hari ini kita bakal naik kereta yang biasa aja. Perjalanannya pun sebentar banget, gak nyampe 40 menit. Tapi karena pengen jalan-jalan sebanyak mungkin, kita tetep berangkat pagi, sekitar jam 8.

Nah tapi rada nyebelin nih pas nyampe stasiun. Soalnya waktu check in kita terjebak antrian mengular yang gak gerak-gerak, sementara jam keberangkatannya udah lewat! Panik lah kita. Ini kenapa? Kok antriannya panjang banget? Apakah kita udah ditinggal kereta??

Bingung. Layar informasi semuanya pake bahasa Spanyol, ngomong sama petugas juga kudu pake bahasa isyarat. Huhuhuuu que pasaaa por favooorrr??

Pas lagi bingung harus ngapain, kita gak sengaja nguping segerombolan geng kakek-nenek di sebelah kita yang sama-sama lagi ngantri. Mereka pake Bahasa Inggris!!!! Dan sama-sama mau ke Girona! Sibucik pun jebe-jebe. Ternyata mereka bawa satu orang guide orang Spanyol, jadi mereka tenang aja….

“Ceuk di Mamang guide keretanya delay 1 jam Neng!”, kira-kira begini kata si aki-aki lovely.

Karena ada perubahan gate, akhirnya kita nempelin geng kakek-nenek ini sampe masuk kereta.

Pantesan aja kita bingung baca layar petunjuk, karena ternyata kereta kita ini tujuannya Barcelona-Lyon (France), dan kita cuma akan nebeng sampe Girona. Kebetulan banget geng kakek-nenek ini ternyata satu-satunya rombongan yang turun di Girona selain kita bertiga. Woooww beruntung sekaliii kita ketemu mereka. Kalo gak, mungkin dah ketinggalan kereta beneran.

Di dalem gerbong, geng aki-nini ngobrol heboh pake aksen Amrik yang udah lumayan lama gak kita denger langsung. Ternyata mereka ini semacam geng pensiunan dari Pennsylvania lagi karyawisata ke Spanyol. Seru amat ya…. Di sepanjang jalan mereka gosipin anak, menantu sama cucu – lovely sekaliiii. Ternyata dimana-mana bapack-bapack ibu-ibu obrolannya sama aja wkwk.

Situasi gerbong kereta bareng geng pensiunan Pennsylvania

2. Riu Onyar

Dari stasiun Girona, kita jalan kaki sekitar 10 menit sampe ke Pont de Pedra, jembatan batu yang melintasi Riu Onyar alias sungai Onyar.

Pont de Pedra

Di sepanjang pinggiran sungai, ada Cases de l’Onyar, jejeran bangunan perumahan warna-warni dengan nuansa earth tone yang estetik banget. Ceilah, gaya banget bahasanya earth tone. Maksudnya warna oren-kuning-coklat yang mentereng gitu looo.

Cases de l’Onyar

Gak jauh dari Pont de Pedra, ada jembatan lain yaitu Pont de les Peixateries Velles.

Pont de les Peixateries Velles

Konon katanya jembatan ini designnya sama kayak menara Eiffel. Apakah benar demikian? Teuing atuh, belum pernah liat menara Eiffel. Kalo menurut Sibucik ini jembatannya kayak menara sutet tapi ditidurin.

View Girona Cathedral dari jembatan sutet

3. Suasana Girona

Kesan pertama kita tentang Girona: kotanya cantik! Charming! Jalan-jalan disini rasanya menenangkan banget, karena memang gak dipenuhi turis kayak Barcelona dan Madrid yang kita explore 2 hari terakhir. Walaupun gak populer-populer amat, Girona punya karakter yang unik. Gang-gang, susunan bangunan tua, dan tangga yang tersebar dimana-mana bikin kita berasa kayak lagi di film kolosal jaman baheula gitu.

Narrow Streets

Di Girona ada banyak narrow streets alias gang sempit tapi a.e.s.t.h.e.t.i.q.u.e.

Ngapain sih motoin gang? Cakep soalnya

Bangunan tua & outdoor cafe

Gang-nya aja cakep, apalagi kafe outdoornya. Dengan kursi-meja yang disusun apik, cafe-cafe disini kayak foto-foto ala-ala yang sering muncul di feed Instagram gituuu.

Cafe-cafe outdoor

Tangga-tangga

Nah ini nih, di England jarang banget kita nemu desa atau kota kecil yang bertangga-tangga begini. Memang kurang disability friendly, tapi tangga-tangga di tengah kota kayak gini bikin Girona berkarakter dan charming.

Tangga-tangga tersebar di setiap sudut

4. Placa del Jurats

Yuhuuuu sekarang kita mulai Game of Thrones tour-nya!!!

First stop: Placa del Jurats.

Placa del Jurats

Tempat yang kayak alun-alun kecil ini muncul di season 6 episode 5 dan dijadiin panggung teater dimana Arya nonton drama tentang keluarga Lannister. Ini nih scenenya:

Braavos Theatre – Season 6 Episode 5

Kalo liat tempat aslinya, ternyata biasa aja. Pasti waktu di Game of Thrones prop yang dipake banyak beneeer.

5. Pujada de Sant Domenec

Okeh lanjooot! Next: Pujada de Sant Domenec. Wainiiiii. Tempat paporit Sibucik.

Pujada de Sant Domenec

Anak-anak tangga menuju pintu gede warna ijo ini ceritanya adalah Braavos Market. Di season 6 episode 8, Arya dikejar sama the Waif lalu dia loncat dari jembatan dan nimpuk dagangan orang di pasar. Nahhhh disini nih pasarnya!

Braavos Market – season 6 episode 8

Tapi ya, tempat ini emang cakep banget deh. Walaupun bukan dijadiin lokasi syuting pun tempatnya sendiri emang udah menarik. Berdiri disini rasanya kayak lagi di pedesaan di Spanyol (lah kan memang iya).

Pujada de Sant Domenec – tempat paporit Sibucik

6. Banys Arabs

Neeeext: Banys Arabs.

Banys Arabs

Masih scene Arya di season 6, tempat ini muncul waktu si Arya dikejer-kejer Waif, terus dia ngumpet di dalem the Baths of Braavos alias tempat spa yang dipenuhi om-om keringetan. Nahhh tempat spa-nya di Banys Arabs ini!!

The Baths of Braavos – teuing episode berapa

Banys Arabs ini aslinya adalah Roman bath yang dibangun di abad ke-12. Kalo menurut Sibucik, ini tempatnya semacam jjimjilbang yang ada di Korea, soalnya ada banyak ruangan dengan fungsi yang macem-macem. Ada tempat mandi, uap, tempat ngadem abis uap, tempat scrubbing, sampe tempat tidur-tiduran juga ada.

Bagian-bagian Banys Arabs

7. Ferran el Catòlic Street

Di depan Banys Arabs, ada jalan kecil bertangga dengan arch dari batu yang dijadiin Braavos Port Market. Tempat ini muncul di scene waktu Arya ngiderin pasar Braavos buat nyari jalan keluar dari kota.

Ferran el Catòlic Street

Sama kayak Placa del Jurats, tempat ini aslinya biasa aja tapi waktu di GoT jadi pasar heboh berkat props.

Braavos Port Market

8. Cathedral of Girona

Nah, ini dia gong-nya. Cathedral of Girona alias the Great Sept of Baelor!

Cathedral of Girona

Legend nih tempat ini…. Disini Queen Margaery hampir disuruh walk of atonemen alias diarak telanjang ke seluruh kota sambil dikibas-kibas lonceng dan diteriakin “SHAME SHAME SHAME” (penjelasan macam apa ini?). Untungnya gak jadi, karena waktu si Margaery lagi berdiri di atas undakan tangga ini, datang lah Jaime Lannister dengan kuda putih dan tangan emasnya. Selamat lah si Margaery. Penonton kecewa berat, padahal dah excited pengen si Margaery buka baju.

Great Sept of Baelor – season 6 episode 6

Selain scene walk of atonement, katedral ini juga muncul waktu the Great Sept of Baelor diledakin Cersei pake green fire. KABOOOOM!!!!

Great Sept of Baelor Explosion – season 6 episode 10

Wah, satisfying moment sih ini. Mukanya Cersei abis itu loh….

Emang ngeri bats ini orang *sungkem*

Duh, seru juga ternyata jalan-jalan sambil reminiscing Game of Thrones, jadi pengen nonton lagi dari season 1 xixixi…

Tapi sebelumnya, mumpung disini kita foto-foto dulu gan…

Cathedral of Girona

Abis itu, masuk lah kita ke dalam si katedral. Ternyata lagi ada Sunday service, jadi kita cuma ngider di bagian belakangnya aja sambil planga-plongo liat langit-langit tinggi dan stained glass yang kece abis.

Interior Girona Cathedral

9. Makan Siang di La Fabrica

Nah, berhubung Game of Thronesnya udah selesai, kita melipir ke La Fabrica, cafe di tengah old town yang punya ribuan review di Google.

La Fabrica

Pantesan reviewnya banyak banget. Soalnya selain ambience tempatnya nyaman, makanan di La Fabrica juga enak.

Makan siang hari ini

Tapi karena yang dimakan bukan nasi atau pasta atau mie, rasanya kita gak kenyang. Padahal porsinya udah banyak bet. Hiks memang dasar perut kentung.

10. Rocambolesc Gelateria

Abis makan yang asin-asin, paling enak ditutup pake yang manis dan dingin. Kebetulan disini ada es krim yang terkenal karena dibentuk kayak tangannya Jaime Lannister, lengkap dengan warna keemasan dan ukiran segala!

Rocambolesc Gelateria

Walau mahal, tetep bela-belain beli. Ya begini lah kalo udah ngefans. Udah tau cuma gimmick tapi tetep dijabanin buat gaya-gayaan doang wkwkwk. Untungnya rasanya enak, asem seger kayak es krim Solero. Bedanya kalo solero harga 5ribuan rupiah, yang ini 5 euro. Hiks.

Es krim gimmick harga 5 euro

11. Placa de la Independencia

Setelah beli es krim, hujan turun tipis-tipis. Kita pun melipir ke Placa de la Independencia, semacam alun-alun Girona. Disini kita neduh dulu sambil numpang makan eskrim overpriced. Gak lama kemudian, hujan berhenti.

Placa de Independencia

12. Basílica de Sant Feliu

Sambil nyeruput es krim, kita lanjut jalan dari Placa de la Independencia dan mampir ke Basílica de Sant Feliu, gereja terbesar kedua di Girona. Bentukan gereja yang ini mirip banget sama Cathedral of Girona.

Basilica de Sant Feliu

Karena Sunday servicenya udah selesai, disini kita bebas untuk explore bagian dalem gerejanya. Interiornya bagus tapi misterius – langit-langitnya tinggi, dindingnya abu gelap, dan sedikit cahaya matahari masuk lewat stained glass warna warni.

Interior Basilica de Sant Feliu

13. Espresso Mafia

Waduh, baru jam 12.45! Udah kelar aja kita ngiderin satu kota Girona, padahal kereta untuk pulang ke Barcelona masih 3 jam lagi. Alhasil kita ngaso dulu di Espresso Mafia, salah satu cafe di gang kecil yang lumayan populer. Walaupun di gang, suasanya enak banget. Kita duduk di teras karena udara hari ini lumayan anget.

Espresso Mafia

Disini kita pesen kopi dan xuixo, pastry khas Girona. Awalnya kita pikir xuixo cuma donat-donatan biasa, etapi pas dicobain…. Wenak tenaaannnnn. Kulit pastrynya crispy tapi lembut, di dalemnya ada custard yang lumer, manis, legit, dan wangi butter. Terus bagian luarnya ditabur gula. Wah, pas banget dimakan sambil nyeruput cikopi anget.

Cikopi & xuixo. Slurpppp numero uno.

Kita duduk di Espresso Mafia lumayan lama. Om Duke ngerjain tugas, si Ceceu asik ngeliatin tiket pesawat, Sibucik baca buku. Asik banget nih duduk santai nikmatin semilir angin setelah 2 hari terakhir hectic jalan kaki non-stop di kota besar. Kalo disini rasanya adem, gak banyak orang, dan gak takut dicopet pula wkwk.

14. La Barceloneta

Abis santai di Espresso Mafia, kita bergegas ngejer kereta di Stasiun Girona. Sialnya, kita udah buru-buru ke stasiun ehhh pas sampe sana keretanya malah delay 1 jam huhuhu. Ini pasti efek dari delay tadi pagi nih! Awalnya sempet khawatir kesorean karena kita berniat buat liat sunset di pantai La Barceloneta, tapi untungnya masih keburu.

Walau kereta delay, jam 5 sore kita sampe di La Barceloneta, tepat sebelum langit mulai berubah warna.

La Barceloneta

Di La Barceloneta, kita jalan kaki menyusuri pantai yang rame dipenuhi manusia. Seru banget liatin warga Barcelona jalan-jalan sore disini. Ada yang seliweran main sepatu roda lah, skateboarding, ada yang duduk-duduk di pasir, main volley, bikin istana dari pasir, daaannn tentunya banyak anak abg yang mincuk wkwk.

Istana (?) pasir

Ga tau monumen apaan

Pantainya sendiri? B ajah. Menurut temen Sibucik yang orang Inggris, Barcelona lebih terkenal di kalangan turis dibandingin Madrid karena pantainya. Kita sih waktu kesini ngerasa biasa aja. Secara di Indonesia ada banyak banget pantai yang lebih cakep, pas liat beginian rasanya mati rasa sis. Wkwkwk najong bener gayanya.

Tapi kita tetep seneng, soalnya kebetulan hari ini sunsetnya bagus banget. Di sebelah barat, langitnya oren dan dramatis, sementara di sebelah timur yang mengarah ke laut, langitnya berubah jadi  warna pink yang cantiiiikkk banget.

Langit merah jambu di La Barceloneta

Golden aweur

Cakep yessss…. Kita nikmatin suasana dan jalan santai sambil menyusuri La Barceloneta sampe matahari terbenam.

Setelah gelap, kita lanjut jalan ke arah Gothic Square buat nyari makan malem. Di sepanjang jalan menuju Gothic Square, kita ngelewatin port yang ada banyak yacht diparkirin. Sebelas-dua belas lah sama parkiran yacht di tanjung priok, tapi yang disini yachtnya lebih ngeri-ngeri hahaha.

Parkiran yacht

15. Macchina Pasta Bar

Setelah jalan kaki kurang lebih setengah jam dari La Barceloneta, sampe lah kita di Macchina Pasta Bar di Gothic Quarter.

Macchina Pasta Bar


Disini konsepnya kita bisa order pasta customized. Jadi di kasir kita pilih jenis pasta, topping, dan saosnya sesuka hati. Si Ceceu pesen spageti aglio olio bacon plus dada ayam, sementara Sibucik dan Om Duke pesen fetucini aglio olio udang dan spageti truffle cream plus dada ayam dan baby spinach.

Makan malem hari ini

Seperti biasa, Sibucik dan Om Duke makannya selalu sepiring berdua. Bukan karena romantis, tapi biar bisa nyobain semua makanan yang dipesen haha.

Ronde pertama: aglio olio. Wuiiidiiih mantap! Rasanya simple, tapi sayangnya kurang pedes dan bawang putihnya kurang nampol. Enak tapi masih enakan buatan Sibucik. XIXIXIIII…

Hap hap, makan lah kita dengan lahap.

Next! Ronde kedua: spageti truffle sauce. Nahhhh yang ini nih! Pas ngerasain gigitan pertama…..

YA ALLAHHHH ENAK BANGETTTT!!!!

*ekspresi terharu saking enaknya*

Wah, cumi El Quim jadi ada tandingannya. Ini tipe makanan yang bakal bikin Sibucik kebayang-bayang terus walaupun udah pulang dari Barcelona.

Rasanya simple, gurih, creamy tapi gak eneg, toppingnya juga simple, cuma dada ayam. Daaannnn yang bikin rasanya naik kelas banget adalahhh wangi trufflenya itu loooohhhhh….. Kaco sob, gak bisa dideskripsikan. Nampol!!! Delizioso!!!

Alhamdulillah, nikmat bet rasanya perut iniiiiiihhhhh.

Setelah puas makan, kita jalan menyusuri La Rambla, naik metro sampe Sants, lanjut jalan kaki ke Apartemen, dan tidur pules dengan perut kenyang!

Adios!
Sibucik

Spain Trip

Scroll to Top