London, Baby! Pertama kali ke London

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

Sabtu, 18 September 2021: Jadi turis di kota London

WOW!!! Sibucik dan Om Duke gaya banget nih kali ini. Jalan-jalannya ke London!!!! Fancy dan bergaya!!

Jadi ceritanya, setelah bosen ngider-ngider di Cambridge yang cuma seuprit itu, Om Duke ngajak jalan-jalan ke Manchester ketemu sohibnya sejak SMA, si A. Si A ini yang nemenin Bucik dan Om Duke main di Singapore waktu masih pacaran di tahun 2018 dulu. Cekidot disini gan postnya. Nah si A udah duluan ke UK dari tahun 2020 dalam rangka S2 juga.

Singkat cerita, Om Duke semangat banget mau ke Manchester untuk ketemu bro-nya. Dan mumpung kita masih santai belum mulai sekolah, cus lah kita sewa mobil terus caw ke Manchester!!! Hari kamis malam, Om Duke book mobil kicik buat disewa hari Jumat pagi sampe Senin pagi. Wah ada nih mobilnya nih!!!! Dan lumayan murah!!!! Yessss jadi berangkat kitaa xixixxiii….. Udah happy nih kita besok mau berangkat road trip, eeeh ujug-ujug car rent companynya nelpon terus CANCEL SEPIHAK HUHUHUU sad. Kalau naik kereta mahal, naik bus lama di jalan, kalo diundur berangkat Sabtu nanti kurang puas jalan-jalannya…. Hiks ya sudah lah kita ga jadi ke Manchester…..

Plan pun berganti…. Karena Om Duke ini pantatnya berduri (istilah Andung untuk orang yang sukanya jalan-jalan dan ga betah duduk manis di rumah), kita memutuskan untuk day trip aja ke London… Pergi pagi pulang malem. Lalu setelah dilihat-lihat ongkosnya… WOW MURAH YA! OKE CUS LONDON AJA KALO BEGITU!!!

Sibucik pun bikin itinerary biar kita ga cengo pas udah di London. Berbekal video Youtube, dibuatlah intinerary ala kadarnya.

EKSPEKTASI

1. Naik tube ke St. Paul station
2. Jalan kaki ke St. Paul Cathedral
3. Nyebrang ke One New Change shopping center, naik elevator ke roof terrace di lantai 6, liat St. Paul’s Cathedral dari ketinggian
4. Nyebrangin Millenium Bridge ke Tate Modern (modern art gallery)
5. Di samping Tate Modern ada Shakespeare’s Globe Theatre
6. Jalan nyusurin south bank ke London Bridge
7. Di samping London Bridge, ada Borough Market
8. Jalan nyusurin south bank ke Tower Bridge
9. Nyebrangin Tower Bridge ke Tower of London
10. Ke Tower Hill Station di samping Tower of London
11. Naik tube ke Westminster
12. Jalan kaki Westminster Palace & Big Ben
13. Nyebrangin Westminster Bridge
14. Naik tangga lagi, nyebrangin jalan, jalan kaki ke arah London Eye
15. Nyebrangin Golden Jubilee Bridge
16. Jalan kaki ke Trafalgar Square, liat fountain, Nelson’s Column, National Gallery
17. Jalan ke Admiralty Arch di jalan The Mall
18. Belon kiri, jalan ke Horse Guards Road. Ada gedung cantik di sebelah kiri. Masuk ke gedungnya untuk liat Horse Guards
19. Jalan kaki ke St. James’s Park, liat burung & bebek
20. Jalan menyusuri taman, ke Buckingham Palace
21. Jalan menyusuri Green Park, belok kanan ke Piccadilly Circus
22. Jalan menyusuri Coventry Street ke Leicester Square
23. Jalan ke Covent Garden Market. Kalo sempet, nonton musical di Lyceum Theatre

Komprehensif dan indah bukan kedengarannya? Tentu saja kenyataan tidak pernah seindah itinerary….

REALITA:

1. Naik kereta dari Cambridge ke Liverpool Street Station

Singkat cerita, hari Sabtu, kita berangkat dari Cambridge jam 7 lagi lalu sampe di London jam 8.

Pas nyampe di stasiun, kita pasang GPS ke arah St. Paul Station. Tapi setelah 20 menit jalan kaki, pinggang udah lumayan sakit, baru lah kita nyadar ternyata kita NYASAR!!! HUHUHUUU si GPS malah ngarahin ke arah sebaliknya. Sialun memang…. Alhasil kita balik arah dan jalan lagi 40 menit. Ternyata kalo ga salah arah, cuma butuh jalan kaki 12 menit dari stasiun Liverpool Street. Untungnya masih pagi…

2. St. Paul’s Cathedral

Setelah bete dikerjain sama GPS, sampai lah kita di St. Paul’s Cathedral! Horeeee! Katedralnya cakep bener, di sekitarnya banyak yang ijo-ijo dan gedungnya sendiri khas arsitektur medieval (halah kayak yang ngerti aja Sibucik).

Disini kita cuma duduk-duduk di halamannya, makan roti, dan foto-foto pake tripod mini andalan. Duh kenapa sih gak dari dulu kita pake tripod mini??? Kalo udah tau ada teknologi se-praktis ini kan kemaren-kemaren ga perlu colek orang buat minta tolong fotoin kayak Singapore Trip…..

3. Nyebrang Millenium Bridge

Menurut itinerary, setelah dari St. Paul’s Cathedral harusnya kita nyebrang ke One New Change dulu dan naik ke lantai 6, tapi kita lupa!!! Hahahaha…. Terlalu semangat pengen liat jembatan yang dipake syuting pilem Harry Potter and the Half Blood Prince.

Abis itu kita liat bagian luarnya Tate Modern sama Shakespeare’s Global Theatre. SKIP!!! Gak seru soalnya, ga ada yang menarik disini.

4. Jalan kaki nyusurin South Bank

Biasa aja sih ini mah, intinya cuma jalan kaki di pinggir sungai. Berasanya romantis kayak lagi di pilem-pilem. Tapi sungai Thames ternyata airnya butek juga ya? Kirain kalo di negara maju pasti sungainya jernih-jernih gitu, tapi ini sih sebelas-dua belas kayak sungai Musi di Palembang. Terus konon katanya air keran yang dipake minum sama orang London asalnya ya dari sungai Musi, eh sungai Thames ini.

5. Borough Market

Nah ini nih yang ditunggu-tunggu!!! JAJAN! SIbucik paling semangat mau ke Borough Market yang terkenal banyak jajanan internasionalnya. Wiiiih jajannya internasional, gaya banget siiiii…. Apa itu telor gulung?

Tapi ternyata Borough Market ini semacam pasar tradisional yang fancy. Gimana si maksudnya? Yang dijual kebanyakan sayur-sayuran, buah, keju, daging, ikan….. Fresh foodsnya semua barang lokal, tapi ya khas western gitu. Contoh, di lapak mamang yang jualan ikan, ga ada ikan asin, ikan teri, atau cumi kering. Yang ada disitu semacam ikan salmon, oyster, lobster. Fancy ya kan??? Kalo di Bandung sih barang-barang beginian dijualnya bukan di pasar tradisional, tapi di Riau Junction.

Jajanannya sendiri ada di satu section khusus. Tapi kita ga beli apa-apa karena belum lapar dan ga selera juga gan. Pas ada yang kita pengen beli, eh ada babinya. Skip lah kalo begitu….

Singkat cerita, kita ngider-ngider cuci mata aja di Borough Market. Abis itu kita cari tempat duduk buat makan bekal sapi lada hitam ala Sibucik. Xixixi….. Masakan sendiri memang the best.

Sapi Lada Hitam paling enak se-London raya

6. Tower bridge

Setelah kenyang makan bekal, kita lanjoooot jalan kaki lagi ke Tower Bridge. Tower Bridge ini landmarknya London yang terkenal banget lah, pasti ada di post card. Yang begini nih bentukannya:

Tadaaa!! Ini namanya Tower Bridge ya agan-agan sekalian

Selama ini Sibucik berpikir kalo jembatan yang kayak jembatan Ampera ini namanya London Bridge yang falling down falling down falling down ituuu. Ternyata ini namanya Tower Bridge.

Dan untuk keperluan dokumentasi yang proper, mari lah kita taro foto Tower Bridge yang lebih berwibawa….

Di sekitar Tower Bridge, ada taman yang enak banget buat dipake duduk-duduk ngaso. Adem, banyak angin semilir, suhunya juga pas, sejuk…. Lama-lama duduk disini kita jadi ngantuk.

7. Tower of London

Biar ga makin ngantuk, kita lanjut jalan sesuai itinerary. Nyebrangin Tower Bridge ke Tower of London. Walaupun namanya tower, ternyata bentukannya semacam benteng. Yaaa mirip-mirip lah sama Benteng Marlborough yang di Bengkulu, xixixi…..

Kalau dari luar sih keliatannya biasa aja, mungkin di bagian dalemnya lebih banyak yang bisa diliat. Tapi Sibucik dan Om Duke lanjut jalan aja karena tiketnya mahal hahahahahaaa. Memang dasar pasangan ini kopet. Lalu di samping Tower of London, kita ngiler liat ada yang jual fish and chips. Wah harus nyobain nih kita!!! Masa ke UK ga makan fish and chips ya kan…. Ibarat ke Palembang ga makan pempek. Atau ke Jogja ga makan gudeg. Atau ke Medan ga makan soto kesawan. Ga afdol!

Beli deh akhirnya traditional fish and chips seharga 10 pon. Mahal amat ya ikan goreng tepung sama kentang doang 200 rebu, ini juga belinya di stand makanan doang, bukan di restoran fancy. Kalo beli beginian di Indonesia paling cuma 70 ribu nih….. Hiks untung enak. Memang ya bule-bule di negara maju ini purchasing powernya jauh banget.

Anyway…. Sudah lah Bucik, jangan sedikit-sedikit konversi ke Rupiah. Ingat petuah PakCik, omnya Sibucik yang sudah go internesyenel sejak lama:

“Kalo di luar negeri, mindsetnya diubah… Jangan itung-itung Rupiah melulu, duit kalian kan sekarang dalam pounds!” – PakCik, 2021

Huahahahahaaa aduh sulit ini, Sibucik mindsetnya masih kampungan.

8. Naik double dekker ke Trafalgar Square

Menurut itinerary, seharusnya kita naik tube ke Westminster lalu jalan-jalan di sekitar Westiminster dulu baru ke Trafalgar Square. Tapi begitu kita ke stasiun Tower Hill, stasiunnya ditutup!!!! Lucu juga ya stasiun kereta ujug-ujug tutup…. Akhirnya kita naik bis ke deket Trafalgar Square, lupa nama haltenya apaan.

Naik bis disini ternyata praktis sekali. Bisa bayar pake metode apa pun selain cash. Sibucik dan Om Duke sendiri pake Google Pay dan Apple Pay. Super convenient! Tinggal buka virtual cardnya, terus deketin HPnya ke scanner. Pip! Done! Canggih banget ya?

Di Trafalgar Square, ternyata lagi ada semacam pertunjukan. DI depan National Museum ada panggung dan rameeeeee banget sama manusia. Alhasil kita ga bisa liat-liat banyak hal disini.

Abis dari Trafalgar Square, kita lanjut jalan ke Westminster.

9. Westminster (Palace, Abbey, Big Ben)

Ternyata kita dateng ke Westminster di saat yang kurang tepat. Karena Westminster Palace dan Big Ben lagi under construction.

Westminster Palace

Mungkin next time kalo Westminster Palace dan Big Ben udah selesai renovasinya, boleh lah kita dateng lagi kesini pas weekday biar ga terlalu rame.

London Eye, Big Ben, Westminster Palace in one frame. Lengkap dengan double dekker merah dan orang naik sepeda. Ini fotonya “London banget” ya?

Terus kita jalan ke Westminster Abbey, tempat kawinannya Prince William dan Kate Middleton.

“Alright! Westminster Abbey! Hands down, best Abbey I’ve ever seen!” – Joey Tribbiani

Hahahahaaaa memang bener apa kata Joey, cakep banget euy Westminster Abbey ini. Kok bisa ya orang jaman dulu bikin gedung sekeren ini?

Harga tiketnya sekitar 20an pon. Sebenernya untuk Westminster Abbey kita pengen beli tiket dan masuk ke dalem, tapi sayangnya udah tutup. Jadi cukup liat-liat dari luar aja. Dari luar pun udah keren bingitttt.

10. London Eye

Setelah dari Westminster, sebenernya kaki udah gempor banget. Gempor banget banget banget. Sakit pinggang, sakit kaki, sakit lutut, sakit punggung nyampur jadi satu. Mana Sibucik pake tote bag pula. Hiks perlu diingat nih lain kali kalo jalan-jalan mending bawa backpack aja biar ga sakit bahu.

Terus makin gak nyaman karena ternyata jalan otw ke London Eye rame banget. Terus banyak lapak souvenir kayak gini di pinggir jalannya:

Pas liat lapak ini, lagi-lagi refleks langsung keinget Joey waktu lagi di London. Hahahahaaa.

Terus entah karena udah terlanjur bete liat kerumunan orang atau memang overrated, London Eye ternyata ga sebagus yang dibayangkan. Biasa aja! Kirain beneran guedeee banget, tapi ternyata ferris wheel biasa aja ngajedog. Taman di sekitarnya juga ala kadarnya aja.

Lalu karena udah capek banget, kita duduk-duduk ngelurusin kaki di taman di pinggir London Eye. Disini kita udah ga ada niat ngikutin itinerary karena udah ga ada tenaga dan udah lumayan sore juga. Tapi kita tetep maksain jalan biar at least bisa ke Buckingham Palace.

Lalu kita nemu spot di bawah Westminster Bridge yang pas banget buat ngeliatin Westminster Palace dan Big Ben.

Cakeup. Berasa pengantin baru banyak duit yang honeymoonnya ke Eropa wkwkwk.

11. Kasih makan burung di St. James Park

Untuk ke Buckingham Palace ternyata kita perlu jalan kaki ngelewatin Westminster lagi. Pas kita lewat taman di depan Westminster Abbey (ga tau namanya apa), ternyata lagi ada demo. Wah demo apaan nih…. Kita pun mendekat, karena memang perlu lewat situ. Pas udah deket…. Wadoooohhh demo anti vaksin!!!! Huwaaaaa ayo pake masker!!!! Ampun deh, kirain di negara dunia ketiga doang orang-orang ga mau divaksin.

Skip skip. Abis dari Westminster, kita lewatin St. James Park. Sekilas mungkin ini semacam Central Park yang ada di New York (padahal Sibucik belum pernah ke New York, wkwkwkw). Asri, ijo, rimbun, banyak kolamnya. Dan yang paling penting: banyak burung dan bebek!!!

Kita berenti di St. James Park awalnya cuma untuk istirahat di bangku taman aja. Soalnya kaki udah kayak jelly. Tapi si Om Duke malah keasikan kasih makan burung pake roti yang kita bawa dari rumah. Excited banget dia dikerubungin burung! Hahahahaa…. Nonton Om Duke dikejer-kejer burung lucu juga sih. Sampe diikutin kemana-mana sama gerombolan burung dan bebek.

Om Duke the Bird Whisperer

12. Buckingham Palace

Yes!!!! Finally, sampe juga kita di Buckingham Palace! Dengan demikian, Sibucik dan Om Duke secara official sudah pernah main ke London. Fufufufufu…..

Lagi-lagi, Buckingham Palace ga se-indah yang dibayangkan karena lumayan rame. Dan karena kita datengnya pas udah sore, guardsnya udah pada pulang! Huhuhuuuu padahal kan iconic banget ya guardsnya Buckingham Palace yang pake seragam merah dan jambul tinggi itu.

13. Naik tube ke Liverpool Streen Station, pulang!!

Abis dari Buckingham, masih jam 6 sore. Kita udah capek banget. Sebenernya kita udah beli tiket pulang ke Cambridge jam 9 malem, tapi rasanya udah gak sanggup jalan-jalan. Alhasil kita langsung meluncur ke Liverspool Street Station naik tube.

Tube alias underground train-nya London ternyata udah tua banget. Gerbong keretanya tua, stasiunnya tua. Dan rame minta ampun. Dan hampir ga ada yang pake masker! Hiiiiii….. Karena kita belum divaksin ulang, kita inisiatif pake masker.

Di stasiun Liverpool Street, kita mampir dulu ke McD dan makan burger + milkshake. Ya ampun, enak banget rasanya. Setelah seharian jalan kaki, capek, laper. Terus ditutup dengan burger McD, diguyur milkshake pula!!!! Percuma deh semua kalori yang kita bakar seharian tadi hahahahahaa…. Tapi worth it!!!

Sambil makan, kita reschedule keretanya ke jam setengah 8. Lalu kita buru-buru naik kereta.

Sesampainya di Cambridge, kaki udah makin lemes. Kita paksain jalan kaki kurang lebih 5 menit ke rumah. Abis itu langsung mandi air anget, oles-oles Counterpain + Voltaren dan tempel Salonpas koyo. Hohoho, untung udah bawa seabreg-abreg dari Indonesia.

Ya udah. That’s it. Melanjutkan cerita rencana kita ke Manchester tadi, kita udah book mobil untuk jalan-jalan ke Manchester minggu depan! Dan karena book seminggu sebelumnya, rent feenya jadi lebih murah. Hihihihiii…. Timetable kuliah pun mendukung sekali, karena setiap hari jumat, Sibucik dan Om Duke ga ada kelas. Mantap nih bisa jalan-jalan terus.

See you in the next Jurnal Bucik!

Adios,
Sibucik

London Trips

Scroll to Top