Benelux + Germany Tour Intro

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

1. Kembali lagi bersama Sibucik

Holaaaa… Akhirnya kembali lagi ke kontributor utama blog ini alias Sibucik.

Fyuhhhh lelah kakak, abis jalan-jalan tanpa henti sambil ngegeber tugas yang menumpuk karena salah Sibucik sendiri yang deadliner eheheu. Untungnya dengan kekuatan kepepet semua bisa terselesaikan dengan sat set sat set!!! Nahhhh karena tugas semua dah disubmit dan utang nulis sudah menumpuk, mareee kita dokumentasikan jalan-jalan panjang selama akhir April kemaren yesssss…. Daan karena tripnya panjang banget (11 hari bok!), jurnal trip kali ini bakal dibantu ditulis sama Om Duke juga.

Markidot!!

2. 11 hari tur Benelux + Germany: Intro dulu Gan

Mau kemana lagi sih dua bocah yang seharusnya serius belajar tapi malah jalan-jalan melulu ini? Jadi begini, sebenernya niat utama kita cuma mau ke Belanda beberapa hari karena lagi tulip season. Rencananya kita juga mau sekalian berkunjung ke tempat temennya Om Duke di Eindhoven. Nah terus pas ngobrolin rencana ini sama si Ceceu, bisa ditebak perjalanan yang tadinya cuma mau ke satu negara, eh malah merembet ke sana sini!

Hmmm…. Udah di Belanda, apa kita ke Belgia sekalian? Oh, kalo gitu ke Luxembourg aja sekalian! Wah, apa tambah Jerman juga?? Gak sekalian Prague juga gitu???? – pembicaraan klasik Sibucik dan si Ceceu. Om Duke mah bagian oke oce aja wkwkwk.

Singkat cerita, setelah mikir dan berembuk panjang mengenai rute dan jadwal, kita pun memutuskan untuk tur Benelux (Belgium, Netherlands, Luxembourg) plus Germany selama 11 hari. Daan kita bakal ditemenin sama si Ceceu yang setia jadi kang foto Sibucik dan Om Duke huahahahaa.

3. Rute

Trip kali ini bakal lumayan melelahkan. Karena selain negara dan kota yang dikunjungi ada banyak, kita juga bakal pindah-pindah Airbnb dan hotel, nyetir sendiri (ini Om Duke doang sih), naik bis, naik kereta, daaaan tentunya jalan kaki yang banyak selama explore sana sini.

Cekidot di bawah oret-oret Sibucik yang nunjukin rute kita selama 11 hari.

Rute Benelux-Germany tour

Rencana perjalanannya kurang lebih begini:

Day 1: Amsterdam

Day 1: Kamis, 21 April – Mendarat di Amsterdam
Jalan-jalan santai aja di Amsterdam, ambil mobil sewaan, terus meluncur ke Airbnb di Bodegraven. Nginepnya di dusun biar murah.

Day 2: Keukenhof, Leiden, & Den Haag

Day 2: Jumat, 22 April – Liat Tulip di Keukenhof
Yuhuuuu highlight of the trip: liat tulip di Keukenhof!!! Konon ini destinasi wajib kalo ke Belanda dan populer di kalangan ibu-ibu Indonesia. Abis itu, mampir ke Den Haag & Leiden.

Day 3: Lisse, Zaanse Schans, & Amsterdam

Day 3: Sabtu, 23 April – Takajuik di Red Light District Amsterdam
Ngiderin Amsterdam lagi sampe puas. Soalnya yakin deh pas day 1 ke Amsterdam pasti gak pol gara-gara gak puas tidur semaleman.

Day 4: Rotterdam, Kinderdijk, & Eindhoven

Day 4: Minggu, 24 April – Dari Rotterdam sampe Eindhoven
Check out dari Airbnb di Bodegraven, jalan-jalan di Rotterdam, malemnya nyetir ke Londerzeel di Belgia terus check-in Airbnb disana. Lagi-lagi, nginepnya di dusun biar murah.

Day 5: Bruges

Day 5: Senin, 25 April – Makan Belgian Waffle di Bruges
Jalan-jalan santai di Bruges yang terkenal paling cantik dan instagramebel di Belgia. Biar Om Duke ada konten buat post Instagram ceunah.

Day 6: Brussels

Day 6: Selasa, 26 April – Liat Patung Tytyd di Brussels
Check-out dari Airbnb di Londerzeel, ngiderin Brussels ibukota Belgia, malemnya nyetir ke Airbnb di Carignan di perbatasan Prancis. Ngiritnya udah next level, sampe bela-belain ngelewatin perbatasan negara biar dapet best deal termurah.

Day 7: Luxembourg City

Day 7: Rabu, 27 April – Luntang-lantung di Luxembourg
Check-out dari Airbnb di Carignan, nyetir ke Luxembourg, balikin mobil sewaan, ngider-ngider di Luxembourg city. Malemnya naik kereta ke Munich tapi karena ga ada direct train, keretanya transit 3 kali. Alhasil malem ini kita bakal terlunta-lunta di stasiun kereta wkwk.

Day 8: Munich

Day 8: Kamis, 28 April – Touchdown Munich, Ibukota Bavaria
Tiba di Munich!!!! Jalan-jalan yang santai aja, terus check-in di hotel di tengah kota. Berkat Sibucik yang hobi mantengin booking.com, kita dapet good deal hotel murah meriah yang bukan esek-esek.

Day 9: Munich

Day 9: Jumat, 29 April – Jalan-jalan Sore di Olympiapark Munich
Explore Munich seharian, malemnya naik overnight bus ke Berlin. Kali ini lumayan bisa tidur di jalan karena bisnya ga pake transit.

Day 10: Berlin

Day 10: Sabtu, 30 April – Belajar Sejarah di Berlin
Tiba di Berlin!! Jalan-jalan santai, check-in di hotel di tengah kota. Buset, udah hari kesepuluh aja.

Day 11: Berlin

Day 11: Minggu, 1 Mei – Makan Nasi Padang di Berlin
Jalan-jalan di Berlin sampe puas, malemnya flight ke London Stansted. Pulaaaangg.

Wew…. Ngeliat itinerarynya aja belom apa-apa udah capek hahahaha. Ya tidur di bandara lah, ya semaleman pindah-pindah kereta sampe 3 kali lah, tidur di bis lah. Dan to top it all…. Trip kali ini pas banget lagi bulan puasa!!! Pulang-pulang auto kurus ini mah huehehee.

Dah kepanjangan intronya, mari lanjoooot ke cerita malem perjalanan kita alias Day 0.

Rabu, 20 April 2022: Otewe Amsterdam & jadi hobo di negeri orang (lagi!)

Walaupun udah ngerasain betapa gak enaknya tidur ngemper di bandara pas trip Lake Como, tetep kita mah saking kopet bin irit, milih jadwal penerbangannya yang malem biar dapet harga tiket paling murah wkwkwk. Kali ini kita terbang ga pake RyanAir tapi pake maskapai lain lagi yang sama-sama budget airline yaitu EasyJet.

Jam 4 sore, kita sampe di Stansted Airport terus langsung print tiket, ketemuan sama si Ceceu, antri security control, lalalala yeyeyeye syalalabumbum sampe akhirnya kita nunggu pesawat di gate.

Tampang-tampang siap ngemper di bandara

Abis itu sekitar jam setengah 8 kita boarding naik EasyJet. Walupun sama-sama budget airline, ternyata bagian dalemnya sedikit lebih nyaman daripada temennya, si Ryanair. Pantesan si Easyjet ini harganya lebih mahal dikit.

EasyJet, temennya Ryanair

Masuk lah kita ke pesawat. Karena buka puasa jam 8 malem, kita udah bawa bekal buat buka puasa di dalem pesawat. Setelah duduk, pasang seat belt, pesawat take off, kita buka deh lunch box yang udah dibawa. Selama makan berasa diliatin sama penumpang di kiri kanan kita. Entah karena mereka kepo, kabita, atau dalem hatinya berpikir buset sebelah owe niat banget bawa bekal segala wkwkwk.

Setelah perut kenyang, masukin kotak bekal ke tas, tiba-tiba ada pengumuman dari pilot, udah mau mendarat! Lahhh kaget, baru juga setengah jam. Ternyata flight London-Amsterdam cuma 1 jam aja sodara-sodara. Beneran tinggal ngesot.

Nahhhh…. Sampe deh di bandara Amsterdam. Sekarang tiba waktunya kita menjadi hobo dalam semalam! Hahahaaa… Karena ternyata sampenya masih belum malem-malem amat, kita tadinya udah mikir apa cari di hotel bandara aja yang murah-murah? Tapi pas cek harganya, alamaaaakkkk 200-500 yuro! Dih jadi males. Yang harganya termurah pun tetep mahal, terus jauh pula mesti naik taksi segala. Alhasil kita kembali ke rencana awal yaitu nyari sudut yang sepi buat nangkring semaleman. Setelah ngider-ngider, akhirnya kita nemu juga deretan kursi-kursi kosong, tapi sayangnya bukan yang bisa dipake buat goler.

Karena memang dasarnya ga bisa tidur di tempat asing, Sibucik semaleman malah browsing-browsing makanan enak di Amsterdam. Sementara itu Om Duke malah buka laptop dan ngerjain tugas dengan serius. Walaupun jalan-jalan, sebenernya kita berdua lagi banyak tugas. Bucik ada 4 deadline essay, Om Duke malah ada presentasi project di tanggal 22 hahaha. Alhasil selama trip ini kita bakal sering buka laptop. Thanks to teknologi sekarang semuanya bisa dikerjain dari mana aja.

Keren banget Om Duke nih kalo udah pokeus.

Sekitar jam 2 pagi, Bucik nyari tempat spot baru. Pegel soalnya duduk terus, pengen rebahan. Setelah screening area sekitar pangkalan kita, akhirnya ketemu juga satu spot rada tersembunyi di bawah eskalator. Dan yang paling penting, ada sofa panjang yang bisa dipake tiduran!! Cakeuuup….. Pindah lah kita kesana.

Karena laper dan takut ketiduran, kita sahur dulu pake Burger King. Mantep nih, sahur dengan yang berlemak wkwkwk. Burger ayam krispi pake kentang ukuran gede sama milk shake. Slurppppp yang berkalori emang enyak.

Sahur dulu gan pake bergerking

Abis ngunyah Burger King, mata akhirnya gak kuat juga. Kriyip-kriyip. Untungnya sekarang pangkalan kita udah lebih nyaman. Akhirnya Sibucik rebahan juga dan merem (si Ceceu udah tidur dari tadi wkwkwk). Sayangnya Om Duke ga bisa ikutan goler, padahal Sibucik dah bilang kita empit-empitan aja berdua di sofa. Tapi Om Duke ga mau, ga senonoh katanya hahahahaha. Akhirnya Om Duke tarik kursi roda bandara terus selonjorin kaki ke koper. Pokoknya diatur-atur sampe nyaman.

Tada!!! Goedenacht!

Baiklahhhhh markibo mari kita bobo. Lumayan lah bakal dapet sekitar 2 jam tidur. Sampe jumpa di day 1: ngider-ngider kota Amsterdam!

Adios,
Sibucik

Benelux + Germany Tour

Scroll to Top