Liat Tulip di Keukenhof

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

Rekap hari sebelumnya: jalan-jalan santai di Amsterdam – canal cruise, ngider-ngider pusat kota. Siang-siang akhirnya batal puasa karena lemes gak tidur semaleman. Alhasil kalap makan nasi rames 6 lauk (wkwk maruk), soto pake lontong, dutch pancake plus kopi. Sorenya ambil mobil sewaan terus lanjut ke Bodegraven dan takajuik karena ternyata Aribnbnya mewah banget. Harinya ditutup dengan ngemil cookies coklat terus tidur pules di kasur empuk.

Jumat, 22 April 2022: Keukenhof, Den Haag, Leiden

1. Sahur sehat 4 sehat 5 sempurna aheuy

Hari pertama trip udah batal puasa, jadi hari ini kudu kuat dooong puasanya. Kemaren sebelum ke Airbnb kita udah mampir dulu ke supermarket dan beli perlengkapan masak makanan sendiri di Airbnb. Jadi hari ini kita sahurnya yang proper dengan menu 4 sehat 5 sempurnaaa~

Sahur seabreg-abreg

Cakeupppp….. Menu seabreg abreg praktis murah meriah bin sehat ala Bucik: brokoli rebus, tumis bayem + jamur, roti baguette, omelet alias telor dadar, chicken katsu, truffle mayo, jus apel gratisan dari host, anggur. Sedap bukan?

2. Maruk liat tulip di Keukenhof

Hari ini adalah highlight of the trip yaitu berkunjung ke Keukenhof, taman bunga terbesar di dunia, kheuseus buat ngeliat bunga tulip yang lagi mekar-mekarnya. Ini lah sebenernya tujuan utama kita ke Belanda di bulan April. Soalnya bunga tulip cuma mekar selama 1-2 bulan di musim semi. Kalo gak sekarang, kapan lagi kaaan?

Singkat cerita, kita nyetir selama kurang lebih satu jam sampe Keukenhof di Lisse (kudunya cuma setengah jam doang, tapi ada drama klasik yang disebabkan SIbucik salah baca Google Map sehingga kita harus muter-muter eheu). Skip skip…. Abis nyari parkir, kita pun langsung antri masuk ke Keukenhof garden. Pas di luar…. Woooowww parkirannya penuh banget nih dan gatenya pun rame. Untungnya kita dateng pagi-pagi pas gardennya baru buka, ditambah lagi area gardennya luas banget jadi rasanya gak kayak pasar teuing.

Selama di Keukenhof kita cuma ngider-ngider aja, gak banyak aktivitas. Intinya yang kita lakukan cuma keliling-keliling, kagum liat bunga, foto-foto, gitu aja teros sampe bosen. Oh iya di tengah-tengah jalan-jalan Om Duke nongkrong dulu di area kantin karena harus presentasi project. Pas Om Duke presentasi, Sibucik keliling berdua aja sama si Ceceu.

Nah karena ga banyak aktivitas dan highlight dari kunjungan kita ke Keukenhof adalah bunga-bunganya, Bucik ga bakal bacot banyak-banyak. Langsung aja cekidot foto-foto bunga-bunga di Keukenhof yang cakep abis.

Nyohhhh foto~

Tulip-tulip Keukenhof

Ih, bagus banget ya? Aslining, ini foto-fotonya ga ada yang diedit. Emang udah gonjreng dari sananya karena bunga-bunganya banyak, warna-warni, tertata rapi, seger-seger pula. Mana cuacanya bagus banget lagi. Selama jalan-jalan disini bawaannya jadi pengen setel lagu dangdut terus joged-joged sama Om Duke. Dari semua bunga tulip, Bucik paling suka masih kuncup-kuncup terus warna kuning. Seger banget liatnya, sampe gak percaya kalo itu bunga beneran soalnya persis bunga-bunga kristal kesayangan Andung yang dijadiin pajangan di ruang tamu.

Oh iya selain bunga tulip, di Keukenhof juga ada banyak bunga-bunga lainnya. Ini juga gak kalah cakep. Seger-seger banget dan cantikkkkk. Aih jadi pengen bawa pulang.

Kembang-kembang non tulip (ft. kembang desa)

Keren pokoknya Keukenhof, Bucik girang banget liat bunga-bunga dimana-mana. Setiap 5 langkah langsung keluarin HP buat fotoin bunga, galeri HP langsung isinya bunga semua. Nah tapi yang namanya tempat cakep udah pasti mengundang banyak banget turis. Untungnya Keukenhof ini areanya gede banget jadi ga terlalu packed. Tapi di beberapa area beuhhhhh penuh sama manusia yang sibuk popotoan. Apalagi makin siang, makin banyak aja manusianya.

Jeng jeng jengggg…. Manusia dimana-mana

Kita di Keukenhof sekitar 3-4 jam, pokoknya sampe bener-bener puassss! Sekitar jam 1 siang, kita meluncur ke Den Haag yang lokasinya deket, cuma setengah jam nyetir dari Keukenhof.

3. Kalap jajan makanan Indonesia di Den Haag

Sebenernya tujuan kita ke Den Haag bukan mau sight-seeing, tapi mau jajan makanan Indonesia. Hohohohohoooo….. Omnya Bucik yang mantan warlok sini bilang, kalo di Den Haag gampang banget nyari makanan Indonesia. Enak-enak pula. Terus disini juga ada supermarket yang jual banyak barang Indonesia. Wah, semangat deh Bucik.

Tapi berhubung masih siang, kita ngider-ngider dulu di city centernya buat sekalian ngeliat kayak apa sih pusat pemerintahan negeri Belanda?

Kita pun parkir di daerah Centrum terus jalan kaki. Pertama-tama kita ke Mauritshuis, museum yang terkenal karena nyimpen lukisan-lukisan Rembrandt. Salah satu lukisan yang terkenal banget disini adalah The Girl with a Pearl Earring. Kita gak masuk ke dalem museumnya, cuma kepo dari luar aja. Soalnya gak tertarik liat seni-seni begituan mah, terus tiketnya mahal pula wkwkwk.

Mauritshuis

Di sebelah Mauritshuis, ada Binnenhof, gedung parlemen yang dulunya adalah rumah orang-orang darah biru. Sayangnya, pas kita mau masuk ke kompleks Binnenhof, ternyata lagi ada konstruksi.

Binnenhof

Nah ternyata di bagian belakangnya Binnernhof ada danau besar yang namanya Hofvijver. Duh susah amat ya nama-namanya, bikin lidah kepelitek.

Binnenhof di pinggir danau Hofvijver

Lanjooot jalan. Gak jauh dari Hofvijfer, kita tiba di Noordeinde Palace, istana tempat tinggalnya keluarga kerajaan Belanda.

Noordeinde Palace

Agak kurang menarik nih ternyata attractions di Den Haag. Kotanya pun gak se-estetik Amsterdam. Ya udah kita langsung aja melipir ke China Town buat jajan-jajan.

China Town

Di China Town, kita langsung ke Oriental Supermarket. Bener aja, disini ada banyak barang-barang Indonesia yang gak pernah kita temuin di Cambridge atau London. Mulai dari Indomie, Mie Bon Cabe, Tolak Angin, Energen, minuman susu jahe, kunyit asem, Teh Kotak, sampe Masako sama Royco juga. Happy banget Bucik. Jajan lah kita segala macem mie instan, Teh Kotak, Energen, sama susu jahe buat perbekalan di sepanjang sisa trip. Gak lupa Sibucik beli Masako sama Royco buat stok micin di kosan hihihi.

Oriental Supermarket

Abis dari Oriental Supermarket, kita mati gaya. Bingung, mau kemana lagi ya? Akhirnya kita jalan ke arah parkiran dan nemu Grote Markt. Lumayan menarik nih tempatnya, tapi isinya restoran semua. Sayang kita lagi puasa.

Grote Markt

Sebenernya rencana awalnya kita mau ngider di Den Haag sampe menjelang buka puasa terus mampir ke Pempek Elysha, restoran Indonesia rekomendasi Omnya Bucik. Tapi karena udah mati gaya dan masih ada banyak waktu sampe buka puasa, kita decide buat mampir dulu ke Leiden sebentar terus baru balik lagi ke Den Haag.

4. Mampir sebentar ke Leiden

Di Leiden, kita cuma pengen ngider-ngider sebentar buat liat vibe kotanya. Stop pertama kita ke taman yang ada Molen de Valk, windmill besar di pinggir sungai. Di pinggiran sungainya ada area berumput dan ada banyak orang yang duduk-duduk piknik.

Molen de Valk & Kiekpad

Abis dari Molen de Valk, kita jalan-jalan menyusuri kanal utama Leiden. Ternyata Leiden ini kotanya kecil dan compact. Kayaknya enak nih buat ditinggalin, karena gak terlalu hiruk pikuk kayak di Amsterdam. Sayangnya kita kurang ngerasain cantiknya karena pas kita kesini langitnya berawan dan gelap.

Galgewater

Rembrandtplaats

Carpenter House

Bostelbrug

Leiden University

Setelah deket magrib, kita langsung meluncur dengan semangat ke Den Haag buat buka puasa.

5. Buka puasa pempek + batagor di Pempek Elysha

Pas sampe di Pempek Elysha, kita disambut sama mas-mas Indonesia lovely yang logatnya Jawa medhok banget. Terus pas buka menu, kita bimbang mau pesen apa soalnya menunya ada macem-macem banget. Makanan Indonesia semua lagi. Ngiler lah awak. Pengennya pesen semuanya, tapi akhirnya kita pesen pempek campur sama batagor.

Mari kita review makanannya yes……

Pempeknya juara banget lah. Porsinya banyak, mulai dari kapal selam besar, lenjer, adaan, sampe pempek kulit ada. Disajiinnya lengkap pake mie telor sama potongan timun. Yang pertama kita cobain pastinya cukonya dulu dong…. Rasa cukonya beneran uenaaakkk. Kayak cuko yang biasa kita temuin di Palembang. Pempeknya juga enak, decent!

Pempek campur

Nah abis rebutan pempek sama Om Duke sampe abis, kita lanjut makan batagor. Batagornya juga enak, siomaynya kriuk, ikannya kerasa. Bumbu kacangnya juga lumayan lekoh. Tapi kalo menurut bucik bakal lebih enak kalo tekstur bumbu kacangnya lebih kasar hihi.

Batagor

Abis makan di Pempek Elysha, perut serasa mau mledug. Kenyang banget!!!! Alhamdulillah. Kita langsung meluncur ke Airbnb. Malemnya, Bucik buka laptop terus nyicil nugas.

Bucik mau istirahat dulu nulisnya. Besok, jurnalnya bakal ditulis Om Duke. Over to you Om Duke!

Adios,
Sibucik

Benelux + Germany Tour

Scroll to Top