Jalan-jalan Sore di Olympiapark

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

Rekap hari sebelumnya: tepar setelah perjalanan yang melelahkan dari Luxembourg, ngider-ngider Munich ibukota Bavaria yang penuh sejarah, check-in hotel di tengah kota, buka puasa pake Chinese food yang wuenak nendang.

Jumat, 29 April 2022: Jalan-jalan sore di Olympiapark

1. Sahur dulu gan

Sahur dulu gan!!!! Kita kebangun sebelum alarm karena semalem kita tidur cepet akibat kekenyangan makan Chinese food. Alhasil sekitar jam setengah 2 pagi kita nyari delivery yang 24 jam. Seneng banget Om Duke karena yang buka cuma resto yang jual junk food hahahaha. Setengah jam kemudian dateng lah makanan buat sahur kali ini: pizza bun (yang bentukannya baruleud ga ada pizza-pizzanya acan), dan burger.

Pizza bun & burger kesukaan Om Duke

Yeay!!! Mari makaaannnn sambil lanjutin Princess Diaries yang semalem belom kelar. Abis itu kita nyemilin Belgian chocolate sambil nonton sidang Johnny Depp vs Amber Heard yang kita ikutin tiap hari cem sinetron Tersanjung.

Sahur junk food ditemenin Princess Diaries & sidang Amber Heard

Enak juga ternyata sahur edisi males kayak gini. Ga perlu mikirin cuci piring, tinggal makan sambil nonton, abis itu tidur. Kebo banget dah wkwk.

2. English garden

Yak lanjoooottt. Pagi-pagi kita rasanya maleeessss banget check out dari hotel, soalnya ngebayangin ntar malem bakal luntang-lantung lagi di jalan! Ughhhh tapi apa boleh buat, sama seperti kehidupan, trip ini pun must go on ya kan…. Walaupun enggan kita pun beberes, nitipin tas-tas segede bagong di resepsionis hotel, terus ciao.

First stop: English Garden, taman yang ceunah gede banget sampe ngalahin Central Park yang ada di nuyork. Uuuuu….

Waktu pertama masuk English Garden, kita disambut sama taman yang gaya-gaya Jepang gitu deh. Piye to? Jadi ini English garden apa Japanese garden?

Japanese Garden, eh, English Garden

Ooohhh rupanya yang Jepang-Jepang itu cuma di satu bagian doang gan. Setelah kita jalan lebih lanjut ke tengah-tengah tamannya, kita mendapati taman biasa dengan pohon-pohon dan rumput. Ya gitu-gitu doang sih sebenernya, cuma taman pada umumnya. Bedanya, sesekali kita nemu bule yang goler-goler di rumput cuma pake kolor segitiga. Asli, bule-bule ini seneng banget deh berjemur, karena kalo kulitnya gelap mereka jadi kayak wong sugih yang kerjaannya liburan melulu ceunah. Lah kita, kulit keling sedikit langsung berasa wong deso.

English Garden

Oh iya ada yang lumayan unik nih pas kita di English Garden. Jadi di tengah-tengah taman ini ada semacam sungai kecil. Di salah satu titiknya, arusnya deras banget sampe beneran ada ombak yang menggulung-gulung.

Terus yang unik apaan? Bule-bule ini surfing dong di tengah sungai! Sampe ngantri buat ganti-gantian berselancar di ombak yang cuma di satu titik itu. Duh kasian amat ya wargi Jerman ga punya pantai. Surfing aja kudu di selokan…..

Wargi lokal surfing di selokan

3. Allianz Arena

Lanjoooottt. Sekarang kita mau ke stadion, karena kata Om Duke gak lengkap ke kota yang ada football clubnya kalo gak ke stadion sepak bolanya. Baeklah, yok mari kita mampir ke Allianz Arena, stadionnya FC Bayern. Padahal di antara kita ga ada yang ngefans hahaha.

One train ride later, sampe lah kita di pinggiran kota Munchen yang dingin dan berangin. Ternyata Allianz Arena ini ada di area yang lumayan suburb alias dusun, mungkin semacam Bekasi kalo di Jakarta mah.

Dari luar, bentukan stadionnya lucu. Kayak perpaduan antara bantal guling, balon udara, sama bola golf. Cemmana tuh? Cekidot lah. Begini penampakannya.

Allianz Arena

Widihhhhh, puturistik sekali bukan? Di sekitar stadion, cuma ada halaman luas – ga ada apa-apa lagi selain parkiran.

Abis poto-poto bagian luarnya, masuk lah kita ke dalem buat liat souvenir shop.

FC Bayern Store

Dah sih gitu aja, cuma berkunjung formalitas gak beli apa-apa kita mah hahaha. Lanjot!!!!

4. Olympiapark

Abis dari Allianz Arena, gak kerasa udah sore aja. Kita pun meluncur ke pinggiran kota sebelah utara buat mampir ke Olympiapark, semacam taman gede yang berbukit-bukit dengan stadion olympic dan danau buatan di tengahnya.

Sesampainya di Olympiapark, kita langsung meluncur ke Olympiaburg, bukit paling tinggi di Olympiapark. Nanjaknya santuy aja, cuma naik tipis-tipis. Waktu nanjak, gak sengaja kita nguping pembicaraan segerombolan mas-mas ngobrol pake bahasa Indonesia. Uwaww ketemu orang Indo, langsung deh kita terdiam, males basa-basi soalnya. Huhuhu memang dasar ansos.

Sesampainya di atas, kita mendapati view kayak gini:

View dari Olympiaburg

Cihuy, cakep juga nih Olympiapark, emang spot yang tepat deh buat halan-halan santai di sore hari.

Eh iya kayaknya dari tadi Sibucik belom kasih fun fact ya? Kurang afdol nih tulisan Bucik kalo ga ada fun fact. Ya udah, nyoh fun fact yang gak fun-fun amat.

Jadi gan, sesuai namanya, Olympiapark ini dibangun di tahun 1972 buat Summer Olympics. Dengan konsep Olympic Games in the Green, sekitar 3100 pohon besar ditanam di seluruh area Olympiapark yang luasnya sekitar 85 hektar. Disini fasilitasnya lengkap (ya iya lah kan buat Olympics), dan bukan cuma berfungsi buat memfasilitasi sports games tapi juga event-event semacam konser dan festival. Bisa dibilang kebanggaannya wargi Munich lah Olympiapark ini, ibarat stadion Jaka Baring di Palembang sono (jangan lupa pas ngomong Jaka Baring, “r”nya karatan kayak orang Prancis – Jaka Baggggghhing).

Eniwei….. Setelah liat view Olympiaburg, kita memutuskan buat pindah nongkrong di pinggir danau aja, soalnya di atas bukit dingin kakak banyak angin gelebuk. Nah pas otw turun dari bukit, kita ngelewatin beberapa orang yang lagi duduk ngejejer. Ga sengaja salah satu bertatapan sama Bucik. Lahhhhh kok ada Bang Mandra???? Wkwkwkwkwk asli mirip banget.

Sape yang manggil?

Sat set sat set, sampe lah kita di pinggir danau. Dari sini pun viewnya gak kalah cakep. Beruntung banget wargi Munich ini punya tempat ngaso-ngaso se-enak ini.

Pinggir danau

Kita pun nyari tempat buat duduk-duduk di rumput. Tapi ternyata gak semudah itu, karena banyak ranjaunya!! Di sepanjang pinggir sungai, ada banyak bebek yang ninggalin ranjau di rumput. Huhuhu untung hati-hati, kalo gak….. RIP deh celana.

Bebek lucu nyari makan

Setelah nyusurin pinggiran danau, akhirnya kita dapet juga spot duduk yang bersih dan enak. Kebetulan ternyata di deket kita ada segerombolan dedek-dedek yang lagi piknik dan nyanyi-nyanyi sambil gigitaran. Lah, kok, lagunya lagu Indonesia?

Gerombolan dedek-dedek PPI Munich lagi gigitaran

Meriah beneeeeerrr….. Kayaknya ini anak-anak undergrad lagi ngabuburit nih. Duduk lah kita di pinggiran danau sambil dengerin live music gratis. Hihihi, jadi berasa di Indonesia. Pantesan aja dari tadi ketemu orang Indonesia melulu, ternyata memang lagi ada kumpul-kumpul toh. Ada si Bang Mandra tadi juga di gerombolan itu. Ternyata dia bukan abang-abang, tapi dedek-dedek emesh yang lagi menuntut ilmu di Jerman. Walah, si dedek kembaran Bang Mandra ternyata putra terbaik bangsa. Mungkin mereka juga notice ada tiga kakak-kakak yang nonton dari jauh, palingan kita disangka TKI yang kerja di Jerman.

5. Buka puasa

Menjelang buka puasa, kita beranjak dari Olympiapark dan balik ke city center. Kali ini kita mau cari boba! Yuhuuuuu udah lama banget gak makan boba. Ini juga idenya dari si Ceceu yang emang seneng banget minum boba. Katanya di Munich ada boba yang lumayan terkenal. Cakeup nih minum boba creme brulee pake brown sugar buat buka puasa.

Boba Nai Cha

Slurp…. Creamy, guri-guri, manisnya pas, enak dan penuh dosa! Abis minum boba, kita melipir ke Chen’s Nudel Bar yang ada di Galeria Kaufhof Marienplatz buat makan mie kuah daging sapi.

Chen’s Nudel Bar

Wahhhhh sugoooooiiiii enak beneeer. Kuahnya anget dan gurih, mienya lembut, dagingnya empuk, porsinya buanyaaaakkkk. Tadinya kita pesen nasi ayam juga, tapi akhirnya dibungkus karena dah kekenyangan makan mie satu berdua.

6. Bus malam ke Berlin

Abis makan, akhirnya tiba juga waktu yang tidak kita tunggu-tunggu: perjalanan ke Berlin naik bus semaleman! Huhuhuhuuuuu siap-siap pegel deh.

Sekitar jam setengah 10 kita standby di terminal buat nungguin busnya jalan.

Bus station

Sambil nunggu, Sibucik dan Om Duke buka nasi ayam yang barusan dibungkus dari Chen’s Nudlebar dan makan keroyokan di pinggir terminal. Hohoho, enak banget ternyata!

Makan terooos

Hap hap hap, kita makan dengan lahap. Gak lama setelah nasinya abis, busnya datang. Kita pun naik dan gak lama setelah bisnya jalan, kita langsung terkapar tidur hahaha.

Ceritanya bersambung ke besok: Berlin day 1!

Adios,
Sibucik

Benelux + Germany Tour

Scroll to Top