Belajar Sejarah di Berlin

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

Rekap hari sebelumnya: check out hotel di tengah kota, liat orang surfing di English Garden, mampir ke Allians Arena, nonton dedek-dedek Indonesia gigitaran di Olympiapark, naik bus menuju Berlin.

Sabtu, 30 April 2022: Belajar Sejarah di Berlin

1. Touchdown Berlin

Gak nyangka ternyata perjalanan menuju Berlin naik bus malam gak buruk-buruk amat. Beda banget dibandingin sama kereta Luxembourg-Munich yang kudu transit sampe 3 kali, semalem kita tidur pules tanpa gangguan! Rupanya tidur di jalan bukan masalah asal transportasinya direct ga pake acara transit.

Pagi-pagi sekitar jam 7, kita sampeeee di Berlin. Yuhuuuuuu~~

2. Ngider-ngider kota Berlin

Sebelum mulai ngider-ngidernya, kita mampir dulu ke hotel tempat kita nginep malem ini buat drop barang-barang. Setelah beban-beban dititipin semuanya, kita jalan ke tujuan yang pertama: Berlin Wall Memorial.

The Berlin Wall Memorial

Waktu baru sampe sini, kita mendapati lapangan berumput yang dipagerin pake besi-besi yang randomly berdiri ngejejer di sepanjang pinggiran jalan. Terus bingung. Apanya yang diliat? Memorialnya mana?

Setelah celingukan sana-sini, kita pun menerima kenyataan. Ternyata memorialnya emang cuma begini doang wkwkwk.

Jeng jeng…. Gini doang.

Hahaha… Ternyata memang ini bukan memorial yang megah dan dan flashy, karena yang ditonjolkan disini adalah sejarah pemisahan Berlin Barat dan Berlin Timur di jaman Cold War dulu. Besi-besi tinggi yang mirip pager itu merepresentasikan tembok Berlin yang dulu berdiri disitu. Disini kita nongkrong lumayan lama sambil baca-baca cerita-cerita sejarah tembok Berlin yang tersebar di area memorial. Selain tulisan, ada juga beberapa foto, monumen, sampe audio wawancara sama wargi Berlin yang dulu terpisah dari keluarganya karena berdirinya tembok Berlin.

The Berlin Wall Memorial

Charlottenburg Palace

Neeexttt. Bosen ngider-ngider di Berlin Wall Memorial, kita naik metro ke Charlottensburg Palace. Ternyata lumayan capek bepergian dari satu titik ke titik lain di Berlin, soalnya kotanya gede banget!

Pas sampe di Charlottensburg Palace, rasanya udah males. Setelah hampir 10 hari jalan-jalan, akhirnya terucap juga, “aduuuh udah bosen jalan-jalan, udah gak excited, pengen goleran aja di hotel”. Wkwkwkwk dan ternyata bukan Bucik doang yang ngerasa begitu, Om Duke sama si Ceceu juga udah cranky.

Karena kurang semangat, awalnya kita cuma mau liat bagian luarnya aja. Cukup deh menyaksikan dari luar aja istana kebanggaannya orang Berlin…..

Charlottensburg Palace

….yak, begini doang istananya sodara-sodara! Meh, yok lah kita pulang…. Tapi ternyata sekarang masih jam 12 siang! Jiah, pulang sekarang pun kita ga bisa langsung ke hotel karena jam check-in paling cepat jam 3 sore. Apa boleh buat, sekalian aja deh kita beli tiket dan ngider-ngider di dalem istana. Kita jadi sedikit excited setelah tau ternyata ada student discount xixixi.

Surprisingly, kita lumayan enjoy ngider-ngider di bagian dalem Charlottensburg. Charlottensburg Palace ini ternyata istana paling besar dan paling megah yang ada di Berlin. Gak heran, karena interiornya emang bener cantik! Sambil ngider kita ngedengerin penjelasan audio guide pake device yang dipinjemin sepanjang tour.

Bagian dalem Charlottensburg Palace

Yaaa cakep sih tapi lama-lama bosen juga. Intinya mah di tiap ruangan ada lukisan, patung, ukiran, porselen, dan dekorasi-dekorasi buricak burinong, gitu aja terus. Setelah ngiderin bagian dalem istana yang gitu-gitu aja, kita melipir ke garden yang ada di belakang istana. Ternyata area garden ini gratis! Jiaaah, tau gitu tadi kita ga beli tiket segala, langsung aja cus kesini hahaha.

Charlottensburg Palace Garden

Ini gardennya luas banget, tertata rapi, ada banyak bunga dimana-mana. Tapi B aja sih, secara kita minggu lalu abis dari Keukenhof, yang beginian jadi keliatan meeehhhh.

Anjay wkwkwk sombong banget Bucik mentang-mentang udah ke Keukenhof.

Sip lah, mareeee kita pulang ke hotel dan istirahat sebentar!

3. Check-in Hotel

Sat set sat set, singkat cerita kita sampe lah kita di hotel, ambil tas di locker di resepsionis, terus langsung masuk kamar. Cekidot gan penampakan resepsionisnya. Gaya anak muda banget, warna warni, terang benderang, sekilas kayak kantor start-up yang karyawannya bebas duduk dimana aja tea.

Resepsionis hotel

FYI dulu gan, di Berlin ini Airbnb dan hotelnya muaaaahaaallll banget, 11-12 lah sama Amsterdam. Bedanya, waktu di Belanda kita ga perlu nginep di tengah kota karena ada mobil. Alhasil selama di Belanda kita dapet harga murah di rumah yang enak, bagus, mewah, dan luas walaupun lokasinya di dusun. Nah kali ini karena kita kemana-mana jalan kaki dan naik transportasi umum, mau gak mau mesti pilih penginapan di tengah kota. Alhasil pilihan jadi terbatas banget. Untuk menghemat, kali ini kita nginepnya sekamar bertiga wkwkwk.

Karena hahupir unpacking barang-barang dan udah capek, Sibucik ga sempet foto kamarnya. Tapi kurang lebih begini bentukannya:

Kamar hotel – foto dari Booking.com

Kamar kita aslinya jauh lebih besar daripada foto di atas. Kita lumayan hoki karena walaupun mesen kamar yang triple room, pas check-in malah dikasih yang family room isi 4 single beds.

Setelah check-in, kita langsung tepar dan tidur siang bertiga. Sore-sore menjelang buka puasa, kita ciao lagi buat ngider-ngider city center.

4. Ngider-ngider Berlin

Alexanderplatz

Nah, ini konon katanya adalah city centernya Berlin. Rupanya Alexanderplatz adalah pusat pertokoan gitu. Di sekelilingnya ada banyak mall dan tentunya toko-toko souvenir. Uuuu…. Kesukaan Bucik nih. Langsung lah Sibucik dan si Ceceu hunting souvenir hahaha. Abis itu kita ngider-ngider area Alexanderplatz yang rame dipenuhi orang.

Selain jam raksasa, tower, dan tulisan “ALEXANDERPLATZ” gede di stasiun metro, ga ada yang menarik lagi di area ini. Kita lanjut jalan ke tujuan berikutnya: Hackeshcher Markt.

Hackeshcher Markt

Tempat ini katanya pusat jajanan di Berlin. Niat awalnya kesini mau cari jajanan buat takjil, tapi ternyata makanannya kurang menarik euy. Sosis lagi sosis lagi. Bir lagi bir lagi. Jiahhhh ya kali berbuka dengan bir sama sosis babi wkwk. Akhirnya disini kita cuma numpang lewat.

Berliner Dom

Setelah gak lama jalan kaki dari market barusan, kita tiba di Berliner Dom alias Berlin Cathedral. Megah banget katedralnya, besar dengan tiga kubah warna tosca cerah yang keliatan dari kejauhan. Bangunan katedralnya sendiri ada di pinggir sungai Spree. So far, ini bangunan paling cantik yang kita kunjungi hari ini.

Berliner Dom di pinggir sungai Spree

Dari seberang sungai, viewnya lebih bagus lagi. Apalagi ditambah background langit yang mulai berubah warna menjelang magrib. Cakeeeeuuuup. Ternyata enak juga santai-santai cari angin di pinggir sungai.

Berliner Dom dari seberang sungai

Alte Nationalgalerie

Masih di area yang sama dengan Berliner Dom, ada museum yang bangunannya juga cakep. Ini namanya Alte Nationalgalerie, satu dari lima museum yang ada di area Museum Island. Disini ada banyak lukisan karya pelukis kondang semacam Caspar David Friedrich, Adolph Menzel, Edouard Manet, Claude Monet. Sejujurnya Bucik ga tau mereka itu siapa kecuali Monet, tapi sok tau aja biar kunjungan kita kesini ada faedahnya wkwk.

Lustgarten

Masih di Museum Island, gak jauh dari Alte Mationalgalerie kita nemu taman ini. Taman biasa aja ini mah, ijo-ijo, rumput, ada air mancur. Cekidot.

Air mancur depan Lustgarten

5. Ternyata Berlin… Jorok!

Yak sekian jalan-jalan di Berlin hari ini. Kurang berkesan euy, mungkin karena kita emang udah lelah city trip melulu seminggu kebelakang. Tapi terlepas dari capeknya, memang di Berlin ini lebih banyak wisata sejarahnya daripada sight-seeing. Buat orang-orang yang suka sejarah, pasti seneng banget berkunjung ke museum-museum disini. Buat Bucik dan Om Duke yang senengnya menikmati pemandangan yang indah-indah, jalan-jalan disini rasanya agak underwhelming.

Yang ada, di sepanjang jalan kita malah bolak-balik ngedumel karena ternyataaaaa Berlin ini kotanya jorok!!!!!

Sampah dimana-mana, puntung rokok berserakan di jalan, tempat sampah ga dibagi mana recycle mana sampah biasa, belum lagi beberapa titik di Berlin yang kesannya kumuh.

Kompilasi sampah-sampah Berlin (ft. Om Duke dan pose anehnya)

Wew, ini di luar dugaan sih, karena selama ini kita berpikir Jerman itu negara paling strict yang semuanya serba bersih dan taat aturan. Hmmmm tapi Munich ga jorok sih, apa mungkin yang begini cuma Berlin aja ya? Ini artinya kita kudu balik lagi nih ke Jerman dan explore kota-kota lain buat cari tau xixixixi…… #modus

6. Buka puasa nasi Padang ni’mat

Karena gak nemu makanan yang menarik, di sepanjang jalan menuju hotel kita browsing makanan yang bisa delivery. Lalu randomly tiba-tiba si Ceceu nemu Koempul Resto, restoran Indonesia yang gak terlalu jauh dari hotel dan lagi diskon buat pemesanan online! Cihuy, kita langsung pesen nasi padang dan batagor buat buka puasa.

Gak lama setelah kita sampe hotel, makanan kita juga sampe!!! Horeeee sedap banget nih wanginya.

Buka puasa paling enak sepanjang trip

Pas dicobain……. Wahhhh enak! Nampol! Untuk pertama kalinya sejak tiba di UK, akhirnya Sibucik dan Om Duke makan nasi padang lagi hahaha. Alhamdulillah, perut kenyang~~~

Jaka Sembung Joko Tingkir,
Bersambung ke hari terakhir!!