Vienna Penuh Istana

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

Samlekuuum…. Duh banyak banget ini utang nulis Sibucik. Biar cepet, Sibucik ga akan banyak bacot. Langsung aja kita cekidot.

Kamis, 19 Mei 2022: Vienna Penuh Istana

1. Intro dulu gan

Kita ke Vienna dalam rangka apa sih? Ga dalam rangka apa-apa sih, karena kebetulan aja Budapest-Vienna deket cuma 2 jam doang. Syung langsung lah kita beli tiket kereta. Mayan, buat nambah-nambahin koleksi snow globe Sibucik hahaha.

2. Naik kereta Budapest – Vienna

Bangun pagi, rasanya maleeeesss banget beranjak dari tempat tidur karena badan rasanya ya Allaaaaahhh pegel semua, apalagi pantat.  Duh sedap banget ternyata efek sepedahan seharian tuh ya. Gak kebayang deh pesepeda yang sekali jalan bisa puluhan kilometer tuh gimana otot pantatnya, kayaknya ditabok pake panci juga ga bakal geter.

Tapi karena tiket sudah dibeli, apa boleh buat mau ga mau kudu berangkat juga. Syung jam 7 pagi kita tiba di stasiun dan naik kereta api jugijagijugijagijug menuju Vienna.

Jugijagijugijagijuuuuggg u’uuu

Ohiya pagi-pagi sebelum berangkat, pas Sibucik lagi asik hairdryeran dan catokan dan makeupan (biasa awewe, siap-siapnya lama banyak ritual), Om Duke rusuh sendiri di dapur. Kirain ngapain neee Om Duke….. Pas di kereta akhirnya Sibucik find out ternyata pagi-pagi Om Duke siapin bekal dulu buat kita di jalan. Karena tiba-tiba Om Duke keluarin ginian dari dalem tasnya……

OTW Vienna dari Budapest

Jeng jeeeenggg!!! Indomie!!! Dua porsi!! Lengkap dengan telor ceplok!! Uwaaawww. Dan karena kita cuma punya satu tupperware, satunya lagi dimasukin plastik kayak ngebungkus siomay. HAHAHA tenang, makannya gak sampe dikokop kok….

3. Sarapan kroasong sama melange

Syip, setelah tidur-tidur ayam di kereta, sampe juga kita di Vienna, Austria. Cihuyyyy. Mau kemana euy hari ini? Ga tau deh, pokoknya itinerary hari ini kita pasrah aja: browsing itinerary dari blogger, pilih random, terus cusss jalan seenak udel. Hari ini temanya cuma keliling kota sambil cuci mata.

Sebelum mulai ngider, karena Indomie barusan kurang nampol, kita mampir dulu ke kafe buat nyarap kopi sama kroasong.

Sarapan

Cihuy banget perbedaan sarapannya, tadi makan Indomie yang dibungkus kayak cilok tapi yang sekarang ala-ala sekali yaaa. Sebenernya kroasongnya biasa aja sih rasanya, persis kroasong instan yang biasa kita beli di Lidl. FYI ini kopinya kopi Austria, namanya melange bacanya melanch. Rasanya? Biasa aja. Harganya? Luaaarr biasa!!!! Ternyata Austria mahal sekali sodara-sodara. Walau bersebelahan, ternyata Hungaria dan Austria jomplang banget tingkat kemahalannya. Huft sebel. Tapi kalo kata Om Duke, harga yang mahal luar biasa tuh sebenernya indikator bahwa negara ini adalah negara Eropa tulen. Tulen!! Bukan KW.

4. Belvedere

Wokeee. First stop: Belvedere Palace. Apa ini? Istana. Isinya apa? Museum, galeri kesenian, lukisan. Artinya? SKIIIPPPP!!! Udah tau diri kita mah ga ngerti seni-seni renaissance ala-ala begitu. Jadi cukup jalan-jalan di luar aja daripada bosen.

Belvedere Palace ini terdiri dari 2 bagian: upper dan lower. Dua-duanya ada halaman luas di depan dan belakangnya. Dah gitu aja. Mon maap ni karena Sibucik sudah terlalu banyak utang nulis jadi di post kali ini kita ga ada fun fact.

Nyoh langsung aja cekidot penampakannya.

Kiri: Song Joong Ki kebanyakan berjemur. Kanan: Awkarni

Upper Belvedere Palace

Halaman depan Upper Belvedere

Halaman belakang Upper Belvedere

Lower Belvedere

Kalo dari penampakannya sih menarik juga nih istananya. Mewah dan berasa banget kita lagi di negara Eropa tulen. Halah.

Tapi walau lagi di negara Eropa tulen, teteup kelakuan mah kampungan. Di halaman Belvedere ada patung Mbak-mbak tiup suling. Sibucik langsung jadi uler.

Uleeeer~

5. Hochstrahlbrunnen Fountain

Kalo yang ini….. Kita numpang lewat aja pas lagi otw dari Belvedere. Ehhh ada kolam sama air mancur. Namanya susah banget buat disebut. Tapi itu gak penting. Yang penting, cekrek dulu gan.

Hochstrahlbrunnen Fountain

6. Karlskirche

Jalan dikit ngelewatin air mancur barusan, nemu gereja. Ini juga namanya susah amat buat disebut. Tapi bangunannya cakeeeup.

7. Naschmarkt

Nah, yang ini tempatnya menarik. Soalnya ini pasar, jadi ada banyak banget makanan! Cihuuuuyyy. Waktu ke pasar ini, Om Duke langsung pengen cari kebab. Masih kebayang-bayang kebab yang di Jerman ceunah. Berhubung Austria sama Jerman sebelahan, kali aja kan kebabnya sama-sama enak.

Jadi kunjungan kita ke pasar ini temanya adalah: mencari kebab!!!

Naschmarkt. Kebab mana kebab?

Setelah menyusuri pasar, akhirnya nemu juga apa yang dicari-cari: ruko yang wanginya semerbak sekali wangi daging, dijagain sama babeh-babeh Turki, dan murah meriah, tidak lain dan tidak bukan kebab kesayangan Om Duke! Tidak lupa pas beli Om Duke rikues ke babehnya, “Mang, taburin cabe yang banyak~”.

Kebab kesayangan Om Duke

Alhamdulillah, dapet juga apa yang dicari. Karena si toko kebab ga nyediain tempat duduk, kita awalnya makan ala kondangan dulu alias berdiri. Tapi kok belepetan kemana-mana ya…. Akhirnya kita melipir ke samping pasar terus nemu taman yang sepi. Yeayyyy mari makan dengan tenang di bangku taman.

Oh iya sebelumnya gak lupa kita beli oleh-oleh serta snow globe koleksi bucik. Gelooo, mahal banget souvenirnya. So far beli souvenir paling mahal ya disini nih.

8. Vienna State Opera

Nah ini, pas ngelewatin, kita juga ga nyadar ternyata ini gedung opera house. Kita cuma mikir, waaaah bagus gedungnya buricak burinong. *cekrek* *lanjut jalan* eeehhh pas Googling baru lah tau ternyata ini Vienna State Opera alias salah satu landmark terkenal disini hahaha. Ashiyap, cukup tau aja kakak.

Vienna State Opera ft. abang-abang naik Vespa

9. Hofburg

Baiklah, tiba juga kita di Hofburg, komplek atau area yang di dalamnya banyak istana dan gedung-gedung yang mirip istana. Tadinya pas otw kesini kita pikir Hofburg ini cuma satu gedung, eh ternyata areanya luas sekaliiii. Disana Hofburg, disini masih Hofburg. Jalan sedikit, eh masih Hofburg. Lanjut jalan lagi, looohhh masih Hofburg juga!

Isinya ada gedung apa aja? Hmmmm ga tau, ya sudah lah ga usah dicari tau karena Sibucik sedang malas. Pokoknya disini kita sight-seeing, jalan santai, kadang duduk-duduk di rumput, kadang mencium bunga-bunga yang mekar (hazek), kadang….. udah Bucik udah, stop bacotnya sebelum kepanjangan.

Cekidot.

Hofburg

Masih Hofburg

Hofburg penuh kuda

Selain gedung-gedung klasik dan perkudaan duniawi, di Hofburg juga banyak taman. Di tamannya banyak bunga. Sibucik seneng, langsung bolak-balik minta dipotoin sama Om Duke. Biar kayak kembang desa ceunah. Padahal kayak penyanyi dangdut. Hkuumbang hkumbang hdiitaman hjangan lah hkau rraghuuu~~

Kembang-kembang

10. Theseus Temple

Randomly ketemu beginian pas abis dari Hofburg menuju ke gedung parlemen Austria. Gedung kecil yang banyak pilar-pilarnya (kayak yang di Yunani tea, apa sih namanya). Awalnya dengan bodohnya kita pikir ini adalah gedung parlemen Austria, padahal mah temple biasa. Karena kita pikir udah nemu, kita jadi ga ke gedung parlemen yang beneran. Wkwkwk sotoy sih. Pantesan kenapa kok kicik banget, ternyata kita salah tempat.

Theseus Temple yang dikira gedung parlemen

11. Rathauspark & Vienna Town Hall

Rathauspark ini taman yang ada di samping Vienna Town Hall. Tempatnya rimbun, banyak benchnya, ada fountainnya. Enak buat duduk-duduk. Ada banyak aki-aki nini-nini juga yang nongs disini.

Rathauspark

Kalo tadi di Rathauspark suasananya sepi dan adem, beda ceritanya dengan Town Hall yang ada di sebelahnya. Rupanya di town hall lagi ada bazzaar. Wuidiiiih rame banget wargi Vienna berkerumun disini sambil ngebir, makan sosis, dan tentunya ngobrol. Sibucik sempet pengen beli pastry karena ngiler, eh ternyata cash only. Cemmana sih ah hari gini masa masih pake cash *sok-sok cashless, padahal aslinya less cash*.

Kerumunan wargi Vienna di Vienna Town Hall

12. St. Stephen’s Cathedral

Karena gagal jajan di bazaar, kita melipir lagi ke arah stasiun. Niat hati mau beli mekdi aja di stasiun biar murah. Gak disangka pas otw stasiun ternyata kita ngelewatin daerah pertokoan. Tapi pertokoannya yang mahal-mahal banget, barang-barang brendid tea hahaha. Duh, skip deh. Mekdi aja udah paling bener…..

Tapi begitu kita ngelewatin si pertokoan mahal, kita nemu gereja gede yang ternyata adalah katedral paling gede di Vienna. Waaaahhhh ga sengaja nemu landmark lagi.

St. Stephen’s Cathedral

Cakeeeuuupppp…….

Yak sekian jalan-jalan hari ini. Emang rada gak jelas dan tidak terstruktur dan tidak berfaedah sekali, namanya juga cuma asal ngiderin kota. Tapi hari ini menyenangkan karena bisa ganti suasana jalan-jalan di kota klasik yang dimana-mana banyak istana. Om Duke pun seneng karena dapet kebab. Bucik? Seneng karena dapet snow globe baru walaupun mahal huahahahaaa.

13. Perbedaan bule dan kita

Oh iya sebelum kita sudahi post tidak jelas ini, Sibucik hari ini dapat pelajaran baru yaitu: perbedaan bule tulen dan wargi negara tropis.

Intermezzo dulu gan. Jadi pas kita kesini, udara lagi panas-panasnya. Yaaa gak sampe ngebul juga sih, tapi mataharinya terik dan udara lumayan hangat. Nah pas lagi di taman Hofburg, kaget lah kita karena banyak bule bergelimpangan ga pake baju! Wadidaw, ternyata mereka lagi pada berjemur.

Bule-bule berjemur

Kenapa sih bule-bule pada seneng kulitnya item? Apakah biar terlihat seperti orang kaya? Kita sebagai orang tropis sungguh tidak bisa relate, karena kalo kita yang item, keliatannya malah kayak wong deso. Om Duke aja seharian nyari tempat teduh melulu, takut item ceunah.

Kompilasi Om Duke takut item

Hahahaaa kontras sekali bukan. Kalo kata Om Duke, ga pengen banyak berjemur biar pas balik ke Indonesia temen-temennya pada pangling ceunah. Pengen banget dibilang putihan wkwkwk. Yaaa suka-suka Om Duke lah.

Adios,
Sibucik

Budapest + Vienna Trip

Scroll to Top