Makan Apa Aja di Budapest?

Avatar
Latest posts by Om Duke (see all)

Di trip Budapest ini kita banyak banget jajan di luar. Tumben sekali bukan? Emang lagi pengen, ditambah lagi jajanan disini relatif lebih murah dibandingin negara lain yang udah kita kunjungin. Tentu saja selama disini kita juga masak. Kalo makan 3x sehari di luar terus mah, alamat pulang dari Budapest kita puasa terus karena duidnya abis. Hahaha

Sesuai judulnya, makan apa aja di Budapest? Yuk mari kita cekidot.

1. Gelarto Rosa

Pas ke St. Stephen’s Basilica, cuacanya lagi panas banget asli. Udah gitu pantat pegel karena ke Basilicanya naik sepeda. Persis di samping Basilica, kita ngeliat ada lapak Gelarto Rosa yang jualan es krim. Langsung lah kita berteduh dulu. Ngebayanginnya aja seger banget pasti makan es krim lagi terik-teriknya gini. Sibucik pesen, Om Duke jagain tempat biar ga didudukin orang. Tentunya urusan rasa Om Duke percayakan saja ke Sibucik.

Eeeh balik-balik bawanya es krim rasa full cream, chocochips, rose, sama lavender white chocolate. Agak segen pas pertama nyobain, takutnya rasanya aneh karena gimmick ala-ala. Ternyata pas disruput enak geuning. Gara-gara makan es krim rasa bunga disini enak, Om Duke pas pulang ke Kembrij jadi doyan pesen es krim rasa bunga di Jack’s (padahal mah cuma sekali) hahaha.

Es krim bunga Gelarto Rosa

Kali ini kita lupa liat review karena saking ngilernya. Biasanya setiap beli apapun diluar kita selalu liat google reviewnya dulu. Kalo reviewnya bagus dan yang ngereviewnya banyak, kita ga pikir panjang yakin aja pasti makanannya enak. Wow ternyata popular juga ini toko, yang reviewnya udah ribuan.

Review Gelarto Rosa

2. Taste Asian Restaurant

Sore-sore kelaparan abis keliling kota, kita nyari resto Asia. Kriterianya cuma tiga, ga jauh-jauh amat dari tempat nginep, ratingnya mesti bagus, dan ada menu nasgornya, soalnya Om Duke lagi pengen makan nasgor hehe. Muncul lah Taste Asian Restaurant, langsung lah meluncur.

Taste Asian Restaurant review

Ini restoran pertama dimana kita makan di luar. Pas liat menunya, kita pun baru menyadari kalo makan di resto Budapest ga mahal-mahal amat. Pilihan makanannya pun ya Allah, rasanya pengen pesen semua. Dari gambarnya sih menggugah selera banget.

Kita pesen nasgor ayam, tom yum, sama tempura udang. Enak euuuy. Cocok di lidah. Darisini kita jadi mikir makanan di Budapest ini cocok, yaiyalah yang dicarinya juga makanan Asia haha. Kita jadinya mutusin selama di Budapest ini bakal lebih sering makan di luar buat nongs ato ke resto, tentunya di tempat-tempat yang sudah terjamin reviewnya.

Tempura, nasgor, tom yum

3. Wafu Japanese Gastro Pub

Baru aja ngomong kita nyari yg ratingnya tinggi dan reviewnya banyak. Eh ini kita kena jebakan betmen. Berawal dari Sibucik pengen yang kuah-kuah. Kemaren makan kuah tom yum sekarang pengennya ramen. Carilah kita resto Jepang yang ga begitu jauh dan bisa jalan kaki. Dari beberapa opsi, top suggestionnya muncul WAFU. Waaah menarik nih, ratingnya 4.7 yang ngereview sampe 1000an. Langsung lah kita tancap gas.

Wafu Japanese Gastro Pub review

Begitu nyampe langsung duduk dan disodorin menu. Di tengah menu, diselipin promo gitu “yok ayok bapak ibu review kita di Google/Facebook, haratis mochi”. Om Duke yang oportunis tentu saja langsung siap-siap ngereview biar dapet mochi gratisan.

Lebih oportunisnya lagi Om Duke nanya dulu ke mamangnya.
Om Duke: “mang ini kalo reviewnya 2 orang, dapet mochinya 2 piring ga?”
Mamang: “enya Kang, sok atuh direview dulu. Kabarin aja kalo udah yah, biar kita bawain mochinya.”

Waw waw wadidaw happy sekaliiii. Tapi tunggu dulu. Jadi berpikir ulang, kalo misalnya orang-orang ngereview makanan disini karena pengen mochi gratisan, apakah tempat ini benar-benar enak? Waduuuh jadi menerka-nerka ini.

Pas mesen pilihan kita terbatas, Bucik mau ramen, tapi cuma bisa pesen miso ramen karena yang lainnya kuahnya mengandung perbabian duniawi. Yowes cus pesen miso ramen ditambah dengan gorengan kaarage.

Rasanya? Yaaah enak sih. Om Duke yang terkenal makan ga pilih-pilih dan lidahnya mudah terpuaskan sih nganggepnya enak. Tapi dengan rasa kaya tadi sih mestinya ratingnya ga setinggi itu ya. Yuyur jauh enakan yang kemaren kita beli. Ketauan kan jadinya orang-orang ngereview bagus demi sepiring mochi hahaha.  Padahal mah mochinya biasa aja, enakan juga mochi es krim keluaran Aice.

Review demi mochi gratis

Kaarage, miso ramen, mochi ice cream gratisan

4. Zërgë Coffeeshop

Beres keliling Buda Castle dan dapet foto-foto yang syakep, kita ga sengaja nemu coffeeshop pas di jalan mau ke metro. Kita bahkan di awal gatau nama coffeeshop ini apa, cuma Om Duke kepincut sama tulisan bagel aja. Waaaah tempat ini jualan bagel. Jadi pengen mampir hahaha.

Zërgë Coffeeshop review

Sejujurnya Om Duke awalnya cuma pengen bagel polos trus ngacir lanjut jalan pulang. Sibucik a.k.a kang poto ternyata leleus abis foto sana sini ngelilingin Buda Castle, request pengen leha-leha bentar nongki. Yowes lah kita singgah sebentar.

D: Om Duke, M: Mba yang jual
D: “Mba peseeeeen. Mau bagel, croissant, sama chai tea”
M: ”bagelnya mau diapain mas?”
D: “heeee? Diapain? Ga bisa polosan aja mba?”
M: ”hmmmm.. jadi gini mas….”

Yak pokoknya panjang lebar, intinya mah jarang ada yang pesel bagel polosan, modelnya dijadiin kaya burger gitu trus ditambahin segala macem asin manis. Jadinya Om Duke pesen juga pake isian creamcheese biar simple.

Di tengah-tengah ngobrol sama mbanya, kok tiba-tiba tangan Om Duke dicengkeram. Ternyata selagi mesen tadi, Sibucik dideketin sama anjing yang ekornya udah kaya helicopter hahaha. Heboh banget kayanya sih anjingnya mau ngajak main, ato mungkin mau ndusel ndusel.

Ekspresinya kaya gini

Sibucik sebenernya seneng sama anjing, tapi langsung ciut kalo dideketin (lah?). Disini ternyata rata-rata pengunjungnya bawa anjing, mungkin abis diajak jalan pagi kali ya. Gara-gara Buciknya heboh, akhirnya mba yang jual nyuruh kita duduk di atas aja mumpung kosong. Disini semuanya enak, suwer. Makanannya enak, minumannya sueger, tempatnya juga nyaman, cuma sesekali aja anjing-anjing di bawah pada heboh ngegonggong.

Zërgë Coffeeshop

5. New York Cafe

Di hari ke-3 kita di Budapest, kita rencananya emang ala-ala ke New York Café. Penasaran sama tempatnya yang dibilang “the most beautiful café in the world”. Kita juga udah aware nampaknya disini mahal bingit makanannya, jadi emang pas disana rencana pesen ala kadarnya aja buat duduk-duduk santai, bukan buat makan berat.

New York Cafe review

Bagian depan New York Cafe

Kita kesini emang niat, jadi dari jauh hari udah booking tempat. Pas dateng tinggal tunjukin booking code trus langsung diescort ke meja kita deeeh. Liat menunya, ebuseeeeet, seketika langsung ga laper sama sekali hahaha.

Sibucik dan Om Duke berpikir keras cukup lama untuk meracik pesanan supaya tetep proper dan tidak menguras kantong. Disini kita pesen es kopi buat Om Duke, lemonade timun buat Sibucik, dan cheesecake. Keliatannya ngenes banget ya? Eeeeh ternyata pas ngeliat ke samping ada yang lebih ngenes, mereka berdua pesennya satu gelas ditambah kue seuprit. Fix ini mah sama-sama sobat misqueen. Hahaha

Hasil pemikiran keras

Disini kita ngobrol lama, sambil santai-santai nyeruput minuman masing-masing. Es kopi Om Duke lumayan enak. Bucik ga ikutan nyeruput kopi karena hari ini udah minum kopi 2 shot. Begitu minuman Om Duke abis, Om Duke penasaran pengen nyobain minuman Bucik, soalnya diliat-liat kok minumnya lamaaaa banget. Pas Om Duke cobain, anjiiiiir sepet bangeeet kayak ketek. Ternyata dari tadi Sibucik sabar banget dikit dikit nyeruput minuman yang sepet banget. Tumben banget Sibucik ga protes sama sekali. Begitu ditanya, jawabannya, “ga lah, ga boleh protes, soalnya mahal,” hahahahahaha. Om Duke sebagai seksi bersih-bersih pun kalo dikasih lemonade yang tadi sih mau ngabisin juga bukannya gamau, tapi gakuat. Asli asyeeeem bener.

Sepet mang, bantu

Sebenernya esensi kita dari dateng ke café ini baru dimulai setelah kita bayar makanan dan minuman tadi. Beres bayar barulah kita popotoan. Sebelum berangkat ke Budapest, Bucik sempet wondering kok tumben-tumbenan Om Duke bawa kemeja. Ternyata eh ternyata Om Duke seprepare itu buat ke tempat ini, biar ga malu-maluin banget pake kaosan doang. Uhuy meni gaya hahaha.

Cekidot foto-foto cafenya yang ciamik wakwaw.

Interior New York Cafe

Esensi dari kunjungan hari ini

6. Kelet Kávézó és Galéria

Hari terakhir di Budapest kita leha-leha di Kelet Kávézó és Galéria. Lokasinya di daerah Buda. Kita dedikasiin hari ini buat ngerjain jurnal Sibucik, soalnya numpuk sekali cerita-cerita yang belum ditulis. Jalan-jalannya intens #ahzek, ditambah lagi pulang jalan-jalan langsung disambut sama tugas kampus. Kita seharian dari pagi jam 10an sampe sore jam 5an nongs disini. Kita bolak balik pesen kopi dan pastry buat nemenin nulis jurnal. Tempatnya enak sih, kita disini ga diganggu sama sekali. Di dinding cafenya banyak buku yang didisplay. Mau dibaca juga monggo aja sebenernya. Ngeliat bentukannya jadi inget Zoe Corner di DU, dulu Sibucik dan Om Duke suka kesitu pesen cemilan sama teh manis trus ngajedog aja sambil baca komik. Komik Om Duke dari dulu ga berubah-rubah, wanpis aja teruuuus. Ga ganti komik soalnya udah 25 tahun juga komiknya ga tamat-tamat. Hadeuh haha.

Kelet Kávézó és Galéria review

Nyicil Jurnal Bucik di Kelet Kávézó és Galéria

7. Thai Spicy Nine

Abis dari nyicil Jurnal Bucik di café, kita jalan ke terminal bus buat balik ke bandara. Pas di arah balik baru berasa perut kukuruyuk. Jadilah kita melipir ke Thai Spicy Nine. Ratingnya ga setinggi resto-resto Asia kemaren, cuma tampilan menu nasgor yang dipajang di luar toko bikin ngiler luar biasa.

Thai Spicy 9 review

Disini Om Duke pesen paket nasgor sama es teh, Sibucik pesen thai green curry alias nasi kari ijo ala Thailand. Tentu saja makan apapun ga nikmat kalo ga sharing. Enak nasgornya, udah mirip abang-abang punya. Mungkin nasgor disini juga pake keringet abang yang buatnya kali ya (?) hahaha. Kari ijonya juga guri guri santen. Saking nikmatnya nasgor sama karinya kita abisin sampe bulir nasi terakhir. Beresnya langsung merasa bersalah karena kekenyangan banget.

Nasgor & nasi kari ijo

Before & after kekenyangan

8. Makan di rumah

Selama di Budapest kita juga makan di rumah. Kadang nyeduh mie, kadang bikin telor, kadang goreng nugget, kadang nyemilin snack-snack lucu yang dibeli di supermarket.

Kalo kata Sibucik, “telor teroooos mie teroooosss nugget terooooossss,” hahaha ya maap Om Duke mah emang anak indomie sama anak nugget.

Kita juga sempet beli subway trus makan di rumah. Pas beli ada drama sedikit. Sibucik dan Om Duke lost in translation karena menunya pake bahasa Hungaria fafifu wasweswos. Kita asal tunjuk aja, niat hati pesen daging suwir, eh malah dapetnya daging patty. Untungnya tetep enak walaupun bukan yang kita mau.

Trus kalo makan di rumah, biasanya kita rebus brokoli sebagai pendamping. Kalo kata Sibucik brokoli itu semacam “fat blocker”. Gara-gara dibilang begitu, Om Duke langsung berteori “gapapa makan banyak ato makan gorengan terus, kalo ditemenin brokoli ga akan jadi lemak” haiyaaaah hahaha teori macam apa ini!!??

Makan di rumah

Sekian cerita ragam makanan di Budapest. Kesan yang didapet? Worth it ternyata makan-makan di resto/café di Pest dan Buda, harganya bersahabat dan rasanya pun nikmat. #ahzek #doitwithrhyme.

Adios,
Om Duke

Budapest + Vienna Trip

Scroll to Top