South East Iceland: Apakah ini Surga??

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

Senin, 4 Juli 2022: South East Iceland

Intro dulu gaan. Hari kedua kita di Iceland berkesan banget, karena hari ini kita dapet paket lengkap – cuaca bagus, view sepanjang jalan spektakuler, destinasinya keren-keren, terus ditutup pake drama pula haha. Beuh, cakeeeep.

1. Pagi hari di Skaftafell Campground

Gak nyangka euy ternyata tidur di tenda enak juga. Sibucik yang baru pertama kali ngerasain tidur di tenda sebenernya rada skeptis di awal, duh takut nanti kalo ga bisa tidur gimana yaaaa. Eh di luar dugaan ternyata malah nyenyak banget. Saking nyenyaknya, Sibucik baru kebangun jam 8 padahal alarm dah bunyi dari jam 6 . Eheheu klasiiik klasik. Kalo ini konteksnya di rumah, sudah bisa dipastikan Om Duke ga akan bisa lanjut tidur nyenyak, soalnya digangguin Sibucik atau disuruh macem-macem. Tapi kali ini spesyel occasion, kasian Pak Supir capek nyetir jadi biarin deh lanjut tidur lagi.

Langsung lah Sibucik rusuh turun dari tenda, keluarin kompor meja dan alat masak lainnya, setting-setting syalalabumbum, terus bikin brekpes. Pagi ini kita bakal nyobain sosis vegan yang dibeli di supermarket kemaren. Uuuuu agak sanksi sebenernya, gimana ceritanya tuh tumbuh-tumbuhan diolah jadi sosis? Karena takut bisi rasanya gagal, si sosis diorak-arik pake telor (karena keberadaan telor bikin apa aja jadi enak), dan gak lupa nyeduh Energen minum makanan bergizi~~~ mana sempaaat keburu telaaat~

Sosis vegan featuring suami kebluk

Sarapan dah siap, sekarang waktunya bangunin Om Duke. Hooooiiii bangooooonnnnn. Wah kata Om Duke setelah tidur badan jadi seger banget, tinggal sarapan langsung ini mah siap buat jadi mamang supir lagi seharian.

Sarapan dulu gan

Mantap, surprisingly enak banget sarapannya, apalagi pake suasana campground yang asoy dan pemandangan sekitar yang indah banget. Btw, campground kita ini cakep banget loh. Kita pilih campground ini karena rekomendasi dari rental mobil. Kita dikasih list 15 campground yang bagus-bagus di seluruh Iceland, dan si Skaftafell ini yang paling recommended ceunah. Ya gak heran, ternyata fasilitasnya memang lengkap. Ada shower bersama, toilet bersih, tempat cuci piring. Groundnya pun luas, ga cuma buat parkir campervan tapi juga ada area khusus buat pitch tenda di atas rumput. Dan to top it all, pemandangannya beeeeuuuuh kece badai – deretan gunung-gunung bersalju keliatan deket banget dari tenda kita.

Skaftafell campground

Abis beres-beres tenda mandi syalalabumbum, kita melipir ke information center buat bayar nginep semalem. Pas di information center, baru lah kita tau ternyata di area Skaftafell ini sendiri sebenernya ada banyak tourist attractions. Waaah, menarik juga nih, terus jadi kepikiran mungkin boleh juga ngider-ngider di Skaftafell ini dijadiin opsi buat besok. Soalnya itinerary kita buat sore ini pun masih belum jelas – either ke timur dan lanjut muterin ring road atau balik lagi ke barat lewat sini. Memang trip kita kali ini itinerarynya ga terlalu disiapin sih, jadi setiap harinya spontan (uhuy). Pokoknya jalanin aja dulu, urusan mau kemana nextnya dipikirin belakangan. Nah, ini nih yang bakal jadi sumber drama ntar malem. Tapi itu nanti dulu kita bahasnya.

Skaftafell Information Center

Ya udah, daripada kebanyakan mikir, mending sekarang kita meluncur!

2. Rute super optimis

Ini dia rute perjalanan kita hari ini. First stop ke Svínafellsjökull, glacier yang jaraknya cuma 20 menit dari Skaftafell campground. Terus lanjut ke Jokulsarlon dan lanjut ke Stokknes. Kalo waktu masih memungkinkan, lanjut ke Studlagil di timur, terus malemnya nginep di campground deket Lake Myvatn. Total perjalanan 533 km, waktu tempuh 8 jam. Hohoho perjalanan panjang kakak.

Rute hari ini

3. View spektakuler sepanjang jalan

Karena hari ini kita perjalanannya panjang, di sepanjang jalan kita ngeliat banget perubahan landscape di tiap daerah. Walaupun cuma dari dalem mobil tapi sensasinya luaaarr biasa, kayak nonton Avatar tapi 4D. Ini beneran real apa CGI? Cantiiiiiik banget sampe terharu.

Pengen banget rasanya mengabadikan apa yang kita rasain di sepanjang jalan ini, karena view di jalan justru lebih berkesan daripada destinasi wisatanya sendiri. Sayangnya pemandangan spektakuler yang kita dapet ga bisa diabadikan pake foto. Tapi kurang lebih begini nih perubahan view di sepanjang jalan.

Serasa nyetir di surga

4. Svínafellsjökull

First stop! Kita mau ke glacier yang namanya bikin mulut keserimpet, Svínafellsjökull. Daerah tempat kita nginep ternyata ada di dalem area Vatnajokull National Park, alias glacier terbesar di seluruh eropa, dengan luas sekitar 7,900 km2 (kurleb 8% dari seluruh area Iceland) dan tebal es sekitar 380 meter (kurleb setinggi Empire State Building di nuyok). Masif kan? Makanya di area ini attraction utamanya glacier tour, alias wisata ke goa-goa es gitu. Sebenernya kita pengen banget ngerasain jalan di atas glacier dan masuk ke goa es, tapi karena keterbatasan waktu mungkin ntaran aja itu mah di trip ke Iceland berikutnya. Eheu.

Hari ini kita cukup ngeliat pinggir-pinggir glaciernya aja. Kayak apa sih bentukan glacier? Markidot.

Karena emang cuma di pinggir, akses buat ke Svínafellsjökull izi pizi. Cuma melipir sedikit dari ring road, parkir, terus kita trekking nanjak tipis-tipis sampe ke pinggir glaciernya. View di trek menuju viewpointnya baguuus banget.

Trek menuju glacier

Gak lama kemudian, sampe lah kita di pinggiran glacier. Waw, itu semuanya es! Gede banget loh aslinya. Liat aja tuh orang lagi popotoan di pinggir lagoon jadi keliatan keciiiiil banget. Sebenernya ini agak diluar dugaan Sibucik sih, kirain glacier itu warnanya bakal pure putih atau biru, tapi ternyata lagoon dan pinggiran esnya malah warna coklat. Rupanya coklat-coklat itu bukan cirit atau polisi eh polusi, tapi abu vulkanik dari gunung berapi yang hayoh weh meletus terus selama ribuan tahun.

Glacier

5. Jökulsárlón

Next stop, masih glacier. Yang ini outlet glacier paling populer yang ada di Iceland ceunah, namanya Jökulsárlón. Penampakannya agak beda sama yang barusan – air lagoonya biru bersih, dan bongkahan es di tengah lagoon pun warnanya biru cerah. Aih, cakeup deh pokoknya. Tapi udaranya busyeeeet dingin banget dan anginnya gak kira-kira.

Jokulsarlon

Yang menarik dari si Jokulsarlon ini, ternyata disini ada banyak binatang arctic! Awalnya kita cuma baca di papan informasinya aja. Ooooh disini ada anjing laut toh. FYI aja gitu gan, gak nyangka juga kalo bakal beneran liat anjing laut. Ehhh tau tau…….

WAAA ITU DIA ANJING LAUTNYA!!! UGET-UGET! LUCUUUU!

Ihhhh gemes banget sih. Terus ternyata bukan cuma anjing laut yang sering terlihat di Jokulsarlon ini. Menurut papan informasi, disini juga ada reindeer (itu loh Rudolph yang narik keretanya Sinterklas), dan arctic fox (logonya Fjallraven). Waduuuuu seru banget. Pantesan banyak aki-nini yang pegang-pegang teropong. Ada juga pengunjung yang bawa kamera segede bagong yang kalo ditelisik kayaknya harganya lebih mahal daripada Jeep Renegade. Modelan kamera yang dipake sama fotografer NatGeo gituuu. Mungkin mereka kesini buat liat reindeer dan arctic fox.

Reindeer & arctic fox – foto dari sini

Di deket Jokulsarlon, ada pantai yang pasirnya item. Pas kita liat di Google Map, ternyata si pantai ini juga salah satu tourist attractions yang terkenal. Diamond Beach namanya. Melipir lah kita ke si pantai, terus jalan-jalan sedikit. Hmmmmm okesip biasa aja, kuy balik lagi ke mobil. Terus setelah di jalan, baru lah Sibucik browsing tentang si Diamond Beach. Ternyataaa yang tadi kita kira Diamond Beach itu bukan Diamond Beach dong! Kurang geseran lagiiii jalannyaaaaa….. Diamond Beach itu dinamain begitu karena di pinggir pantainya ada banyak bongkahan es yang lepas dari Jokulsarlon terus dibawa arus air ke pinggir pantai. Hiksss sedih, cik atuh euy riset sedikit sebelum ke sebuah destinasi tuh hahaha.

Bukan Diamond Beach

Diamond Beach. Foto dari sini

6. Stokksnes

Lanjoooot jalan. Sekarang kita ke Stokknes, pantai yang ada gunungnya. Menurut Sibucik, ini destinasi paling keren hari ini. Wuiiiihhhh pantai yang pasirnya item dengan jejeran gunung di pinggirnya. Mana sepi banget lagi. Tinggal tambahin dinosaurus, jadi Jurrasic Park. Cocok.

Kalo destinasi yang dua barusan lumayan rame, yang ini serasa milik berdua. Kalo gak karena kedinginan, kita bakal betah banget duduk-duduk lama di pinggir pantai. Pas ciao pun rada gak rela, soalnya suka banget sama tempat ini. Ngebayangin pas lagi sunset pasti makin cakeup.

Stokknes

Fun fact dulu gan. Jadi pas di awal masuk ke area Stokknes, kita disuruh bayar tiket masuk. Rupanya area Stokknes ini, lengkap dengan pantai dan gunungnya, adalah private property! Buseeet orang kaya mana nih yang punya?

Anyway…. Selain pantai dan gunung, di area yang sama juga ada Viking village. Awalnya kita pikir beneran reruntuhan desa dari jaman Viking dulu, tapi ternyata set film yang sengaja dibangun buat syuting. Kita skip kesana karena udah terlalu sore.

Naaah ngomong-ngomong tentang kesorean, disini kita akhirnya harus berembuk. Sekarang udah jam 5 sore. Mau kemana nih? Lanjut nyetir 4+2 jam ke Studlagil dan campsite di timur, atau balik ke Skaftafel yang lebih deket? Opsi pertama sebenernya terlalu optimis, karena jaraknya masih jauh banget. Sisa perjalanan 2 hari kedepan pun bakal ga bisa nyantai karena menjauhi Reykjavik. Opsi kedua lebih deket, santai, tapi jadinya kita ga ngeliat Iceland sebelah timur dan utara.

Sibucik kali ini memercayakan ke Om Duke, mau kemana aja bebas deh terserah Pak Supir. Bisa ditebak, Om Duke yang orangnya optimis banget pilih opsi pertama.

“Dud, yakin ya kalo kita ke timur, ga bakal kemaleman? Dan kamu beneran sanggup nyetir sejauh itu?” kata Sibucik, sedikit skeptis tapi ga bisa berargumen juga karena sendirinya gak banyak survey.

“Bisa bisa! Sekarang jam 5, artinya kita bisa sampe Studlagil jam 9, sampe campground jam 11.”

“Okelah, cusss…. Kapan lagi kan kita ngeliat Iceland se-negara-negara.”

Okeh, lanjut ke timur!

7. Random view di jalan ke timur

Sesuai ekspektasi, perjalanan ke timur memang panjang banget. Kenapa kaga nyampe-nyampe ya rasanya? Hahaha ternyata salah Sibucik juga, soalnya di sepanjang jalan viewnya cakep banget sampe Sibucik bolak-balik minta Om Duke berenti di pinggir jalan buat foto-foto pemandangan.

Ternyata semakin ke timur, jalanan jadi makin sepi. Memang sih katanya area paling populer di Iceland itu bagian selatan. Makin jauh kita ke timur, kita ngelewatin gravel road alias jalan non aspal yang berdebu dan berbatu-batu. Agak ngeri sebenernya, tapi untung aja ini mobil antep. Ahzek wkwkwk. Pas di gravel road ini viewnya rugged dan raw, kiri kanan kita lembah ijo masif yang ada banyak air terjun kecilnya. Terus di sepanjang jalan kita beberapa kali ditilang sama domba yang ngejogrog di tengah jalan. Asli itu mah dombanya songong banget, sampe mesti ditungguin dulu baru deh dia minggir haha. Kita juga ngelewatin jalan yang kiri-kanannya ungu-ungu karena penuh bunga lupine. Cantiiiik banget aduh <3

Random view, gravel road, domba nyusu, bunga lupin pinggir jalan

8. Stuðlagil Canyon

Bisa ditebak, karena kebanyakan berenti dan ga bisa ngebut-ngebut di gravel road, perjalanan jadi lebih lama dari rencana. Kita baru sampe Stuðlagil jam 11 malem HAHAHA padahal rencananya jam 9. Aduuuuh piye iki bosku?

Tapi gapapa, nanti dulu mikirnya. Sekarang kita ke canyon nya dulu. Om Duke excited banget buat kesini karena wallpaper laptopnya foto Stuðlagil ini hahaha dan memang impresif banget fotonya. Cihuuuyyyy ayok kita cekidot.

Udah excited banget nih, tapi kita kecewa karena ternyata titik yang kita datengin itu bukan buat ke canyonnya, tapi cuma view point!

Jeng jeng… Ternyata cuma view point doang gan

Haiyaaahhhh…. Bingung banget dan sedikit sedih. Masa cuma gini doang yang diliat?

Stuðlagil Canyon dari viewpoint

Yaa cakep sih, tapi ekspektasi kita sebenernya ngeliat canyonnya dari bawah biar bisa dapet view kayak gini:

Studlagil dari bawah yang jadi walpaper laptop Om Duke. Foto dari sini

Bingung. Berpikir. Hadu, udah jam 11 malem, ga ada petugas, ga ada papan informasi pula. Gimana caranya nih kita ke bawah? Akhirnya kita nanya ke mas-mas yang lagi ngaso di pinggir tebing. Rupanya kita salah sisi! Kalo mau turun ke bawah, kita harus ke sisi seberang terus lanjut hiking 10 km pp selama 2 jam. Glek…. Mendengar kayak gitu, Sibucik langsung mikir, ahh lapurkeun we lah…… Tapi pas liat muka Om Duke….

WADUUUHH MALAH SEMANGAT DIA!

Argumentasi Om Duke, percuma dong effort kita barusan kalo langsung ke camp. Lagian kapan lagi kita kesini? No brainer kakak. Ya lanjut lah!

Berdebat lah kita. Drama klasik ini – Om Duke optimis, sementara Sibucik merasa lanjut ke bawah udah ga memungkinkan. Mana lemes, belom makan, butuh tidur, capek abis di jalan seharian, bete, duhhhh punten yeuh uing udah ga mood kalo harus hiking 2 jam lagi! Lagian abis ini kita masih harus nyetir ke camp selama 2 jam. Belom lagi foto-foto di canyon. Mo sampe camp jam berapa kalo lanjut ke canyon? Jam 3 subuh?

Singkat cerita, Sibucik menang argumen. Huhu punteun yeuuuhhhh, ga mau kejadian kayak Gunung Gede lagi, ga ada Mas Amen dan Mba Lina yang bisa nemenin kita. Akhirnya kita lanjut jalan naik mobil, langsung ke campground. Huhu maap ya Om Duke, jadi ga bisa liat langsung wallpaper laptopnya 🙁

Skip skip. Seperti biasa 30 menit kemudian kita udah joged-joged Fortune Cookie sambil mengarungi antah-berantah Iceland di tengah kabut. Sepanjang jalan sepiiiiii banget. Jadi agak-agak mistis rasanya, hiiiii takuuuuut.

9. Hlíð ferðaþjónusta campground

Berpuluh-puluh kilometer kemudian, sekitar jam 1 malem sampe juga di Hlíð ferðaþjónusta, campground di pinggir Lake Myvatn. Rasanya capeeek banget, tapi karena perut keroncongan rasanya ga sanggup juga kalo langsung tidur. Akhirnya kita mengerahkan bihun instan merk Mama andalan yang dibawah dari Cambridge. Beeeeuhhhh enak bangeeeet rasanya seruput kuah bermicin di tengah udara dingin.

Tengah malem dingin-dingin makan mie instan

Abis itu kita pasang tenda, tidur, pasang alarm buat bangun lebih awal besok pagi. Harus istirahat yang bener, perjalanan masih panjang!

Adios,
Sibucik

Iceland Trip

Scroll to Top