Bonjour!! Touchdown Paris

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

Bonjour mamma mia sawadikap!!!

Hari ini singkat tapi padat. Walau pinggang cangkeul akibat nginep di bus plus kepanasan seharian, hari ini lumayan fun. Yang penting akhirnya touchdown juga di tujuan. Markidot apa yang kita lakukan hari ini,  ngerasain jadi turis di kota Paris.

Senin, 11 Juli 2022: Touchdown Paris

1. Sampe di Bercy Seine Station

Duh setelah dibikin bete sama Flix Bus yang ngaret luar biasa, sampe juga akhirnya di Paris jam 2 siang, alias telat 5 jam dari perkiraan! Jeng jeng jeeeeenggg…. Begitu sampe, kita disambut terminal Bercy Seine yang bronx, bau pesing, dan suasananya ngeri-ngeri sedep. Takuuuuut kakak, bisi Om Duke dan Sibucik yang mukanya kampungan ini dijadiin sasaran empuk copet. Karena takut, niatnya mau langsung menuju Airbnb, tapi apa daya perut Om Duke tiba-tiba kontraksi. Keren, belom juga 5 menit menginjakkan kaki di Paris, Om Duke langsung tanem saham. Katanya nanem sahamnya gak tenang karena toiletnya atap kebuka, dikelilingin laba-laba dan grafiti suwég pula. Kurang bak mandi yang ada ikan patinnya aja ceunah.

Skip skip….. Setelah perkara perut Om Duke selesai, kita langsung bergegas geret koper segedabag menuju Airbnb yang ada di Nanterre alias Paris coret. Ibarat pergi ke Jakarta tapi nginepnya di Bekasi. Ehehe arap maklum biar murah soalnya. Di stasiun sempet ada drama, gara-garanya kita bingung cara beli day pass di Paris cemmana. Aduuuuh gimana ini gusti, bahasanya cipuple semua mana ngerti lah awak. Untungnya dibantuin sama emang-emang baik hati yang nganterin kita ke loket walau ga ngerti basa Enggres.

Begini kira-kira pembicaraan singkat sama si Mamang,
Bucik: hi, do you speak English?
Mamang: ………… smol *kasih isyarat pake jari*

……dah gitu aja, sisanya basa isyarat hahaha. Aduh tapi meni terharu ih si mamang pas dideketin sama kita bukannya mabur eh malah nganterin jauh-jauh ke ujung stasiun. Terbaik.

2. Touchdown Airbnb di Nanterre, Bekasinya Paris

Thanks to si Mamang, sampe lah kita di stasiun Nanterre dengan kondisi lepek, hinyai, laper, dan cranky!

Touchdown Bekasinya Paris

Untungnya walau di Bekasi tapi lokasi Airbnb kita lumayan deket stasiun. Geret geret geret geret koper, eeeh gak kerasa tiba-tiba udah nyampe aja di gedung apartemen yang nyaman dan modern. Kita disambut langsung sama hostnya yang orang Prancis tulen. Ngomong Enggresnya aja medok betooool, 11-12 sama orang Jaka Baring. Sibucik sok-sok bersopan santun pake Basa Prancis, ujung-ujungnya malah diketawain. Wkwkwk kapok.

Mari kita room tour dulu bentukan si Airbnb. Tempatnya kicik tapi nyaman, bersih, lengkap. Sayangnya puaaanasssss banget sodara-sodara, ya mau gimana lagi namanya juga lagi heat wave. Untungnya Mbak Host pengertian jadi kita dikasih kipas angin. Bener-bener ini mah Paris rasa Cibubur.

Airbnb hareudang

Airbnb kinclong

Di Airbnb buligir sebentar sambil ngajedog depan kipas angin (panas kakak, dah lepek banget badan rasanya), terus mandi pake air dingin. Pas udah seger, cabut lagi buat jadi turis di kota Paris.

3. Jadi Turis di Kota Paris

Hari ini kita mau ke tengah kota, rencana pengen ke area Notre Dame buat liat Shakespeare bookshop sama Louvre si museum legendaris yang ada Monalisa-nya. Di jalan menuju Notre Dame, kita nemu bakery. Kukuruyuuuk ceuk si perut teh. Duh mendadak laper, dan jadi penasaran sama krowasong alias croissant kebanggaan wargi Paris. Kuy lah markicob mari kita coba.

La Parisienne

Aih sedap. Awalnya niat cuma pengen beli croissant eh pas liat eclair jadi ngiler juga. Emang dasar perut kentung.

Notre Dame

Abis ngunyah yang manis-manis kita lanjut jalan kaki ke arah Notre Dame. Duh sayang sekali Notre Dame masih direnovasi. Kita cuma liat sekilas terus “oke sip” langsung lewat begitu saja hahahahaa. Klasik Sibucik dan Om Duke, kita emang ga terlalu tertarik sama gedung-gedung beginian. Yang penting udah ke Notre Dame gan, biar gak kalah sama Syahrini.

Notre Dame yang lagi direnop

Abis itu kita ngider sebentar di sekitaran Notre Dame. Neighborhoodnya touristy sekali, dimana-mana ada banyak toko souvenir, cafe, dan turis kepanasan.

Area Notre Dame

Shakespeare and Company

Terus kita melipir ke gang kecil di seberang kiri Notre Dame dan mampir ke Shakespeare and Company, toko buku kecil yang keliatannya merakyat betul. Jangan salah, walau bentukannya shabby, toko buku ini terkenal di seluruh dunia dan legendaris. Kenapa tuh legendarisnya? Katanya disini tempat kongkownya penulis kondang semacam Ernest Hemingway, F. Scott Fitzgerald, Jack Kerouac, Allen Ginsberg dkk. Yuyur Sibucik mah ga bisa relate, baca buku pengarang-pengarang barusan aja ga kuat hahaha.

Mau masuk kesini kudu ngantri lumayan panjang. Maklum, sepopuler itu. Tapi menurut Sibucik ini jauh lebih mending dibandingin toko buku ala-ala yang di Venice, karena orang kesini beneran buat beli buku atau numpang baca buku, bukan sekedar buat popotoan. Bahkan sampe ada larangan buat foto-foto di dalem toko buku. Bagooos ini.

Ngantri dulu gan

Hampir semua buku disini dalem Bahasa Inggris. Fyuh, untung aja. Kalo Bahasa Prancis fafifu cipuple Sibucik langsung mundur teratur deh. Niat awalnya kita kesini cuma buat liat-liat si toko buku legendaris, tapi pas udah di dalem Sibucik jadi beneran suka banget sama toko bukunya. Waaaaaa jadi pengen beli satu buku buat kenang-kenangan, tapi ngapain juga, Sibucik udah ga pernah baca buku fisik sejak ada Kindle. Akhirnya berujung beli Le Petit Prince, buku klasik anak-anak dari Prancis, tapi edisi spesyel yang covernya uchul dan ada ilustrasi berwarna, lengkap dengan stempel Shakespeare and Co di halaman depannya! Walau overprice tapi hepi sekali Bucik dapet oleh-oleh otentik.

Shakespeare and Company

Street art

Di depan bookshop, ada banyak pelukis live. Ada yang ngelukis pake cat air, cat minyak, sampe stabilo! Wuih, asli keren-keren banget lukisannya. Ngefans lah sama bapak-bapak pelukis.

Live artist. Ternyata ga boleh poto tapi udah terlanjur eheu.

Selain jejeran pelukis di gang, ada banyak juga booth yang jual poster sama majalah vintage di pinggir sungai Seine. Penampakannya estetik tapi kalo diliat-liat kok kayak Pasar Kwitang tempatnya Cinta sama Rangga.

Pasar Kwitang edisi kearifan internasyenel

Jejeran poster vintage di pinggir sungai Seine

Om Duke dan pencarian kebab

Aduh, jalan-jalan sambil dijemur bikin perut laper. Om Duke bolak-balik kode, mau makan apa kita? Tiap dikasih opsi, bilangnya ga mau melulu. Eeeh rupanya Om Duke pengen makan kebab. Masih aja belom move on dari kebabnya Luxembourg rupanya. Akhirnya kita mampir dulu ke resto Istanbul. Mari kita cobain, apakah kebab Prancis rasanya nendang?

Kebab

Jeng jeeeng. Enak sih kebabnya, tapi mengutip kata-kata Om Duke, “terlalu higienis, kurang keringet mamang kebabnya” hahaha lain kali kayaknya mesti jajan kebab di tempat yang lebih di pinggir jalan, dagingnya dijembrengin, berminyak, dan abang-abangnya ototan. Nah itu pasti rasanya lekoh.

Jalan-jalan sore di pinggir sungai Seine

Alhamdulillahnya, abis makan kebab perut langsung kenyang. Energi balik lagi. Sekarang kita lanjut jalan. Karena udah sore, kita jalan santai melipir sungai Seine menuju ke Louvre.

Seine & Notre Dame

Aiiiihhhhh romantisnya jalan berduaan di pinggir sungai Seine. Tapi ternyata gak juga tuh. Baru juga jalan 10 menit, kita mesti ngelewatin gerombolan wargi lagi makan meal deal di pinggir sungai. Kayaknya lagi menikmati golden aweur sih. Tenyata golden hour di pinggir sungai Seine cakeup banget, mataharinya nyorot dari balik jembatan gitu.

Rakyat lagi nikmatin golden awuer di kolong jembatan

Tapi emang cakep sih golden hour di pinggir sungai Seine ini, apalagi view dari jembatan. Beuuuuhhh dari sini keliatan ada pucuk Eiffel tower di kejauhan.

Golden aweur

Louvre

Skip skip!!! Sampe juga akhirnya di Louvre. Langsung kita ikutan wargi Paris nongkrong di anak tangga di halaman museum. Diluar dugaan, di museum seni sekelas ini tenyata ada banyak ABG Citayam. Eh gak ding, ABG Louvre ini mah.

ABG main sketbor

Beragam banget orang yang berkunjung ke Louvre ini, mulai dari anak ABG main skateboard, orang yang sesi foto, turis biasa, art enthusiast, pasangan lovey dovey, sampe pasangan mahasiswa belel cem kita ini. Kita duduk aja tuh ngajedog di pinggiran sambil ngeliatin yang main sketbor. Awalnya kita pengen ngider di dalem museum, tapi jadi ga mood karena udah kesorean dan keburu capek. Gapapa deh ga jadi liat Monalisa, Sibucik juga barusan bikin Renaissance art sendiri.

Sibucik kabetrik karena heat wave wkwkwk

Pas lagi duduk leyeh-leyeh, kita juga nyaksiin proposal dua pasangan. Wah heboh banget deh mereka dikeprokin orang-orang di sekitarnya. Untung ceweknya terima, kalo gak…. Waduh awkward hahaha. Selain pasangan tunangan, ada juga dua pasangan lain yang sesi prewed di pinggir piramida Louvre. Hmmmm bener-bener nih Paris city of lop. Niat banget orang-orang sampe sengaja bawa pacar ke Paris buat ngelamar. Jadi inget jaman Sibucik dan Om Duke mah ga ada lamar-lamar. Ngomongin mau nikah cuma sebatas, “Dud, taun ini nikah kita?” “Sikat bosku”, udah cem mau main ke mall haha.

Nongs di Louvre

Pulang-pulang, udah tengah malem. Kita belanja dulu di Carrefour buat sarapan besok. Haduuuuh capek banget rasanya hari ini, tapi gak sabar juga buat cepet-cepet main seharian kayak bocah di Disneyland! Cihuuuuyyyy sampe jumpa di post berikutnyaaa.

Adiós!
Sibucik

France Trip

Scroll to Top