Reykjadalur? No! Blue Lagoon? Yes!

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

Rekap hari sebelumnya: ngider-ngider santai di South Iceland mulai dari Þakgil, Fjaðrárgljúfur Canyon, Vik, sampe Reynifsjara. Malemnya nginep di Úlfljótsvatn, campsite ramah anak kicik di Thingvellir National Park.

Sabtu, 22 Agustus 2022: Reykjadalur? No! Blue Lagoon? Yes!

1. Pagi-pagi di campsite

Pagi-pagi kita disambut cuaca cerah. Terus bukannya langsung bangun malah ndusel-ndusel dulu di van, duuuuhhhh terlalu nyaman rasanya mager banget ngapa-ngapain! Tapi ga bole dong, inget kalo udah balik ke Indonesia ntar, susah banget kalo mau main kesini lagi. Cepetan bergerak manusia-manusia malaaaaassss….

Akhirnya berhasil juga angkat pantat buat ke common room sambil gotong alat-alat masak. Terus kita sarapan pake roti bakar mojarela, lengkap dengan selai coklat dan the earl grey hasil nilep dari campsite di Reykjavik. Duuuhhhh sedapnya. Gak lupa kita juga goreng per-naget-an dan per-sosis-an duniawi buat dicemilin ntar siang.

Bangun pondasi dulu mang

Abis makan… Sibucik lanjut goleran lagi. Wkwkwkwk kali ini bukan karena mager, tapi karena nungguin Om Duke panggilan alam dulu, lama banget asli. Bener-bener ya nungguin ini orang boker bisa keburu wisuda. Terus kita siap-siap rapihin van yang berantakan luwaaarrrr biyasah sisa ganti baju semalem (baju, jaket, kolor, semuaaaaaa bertebaran di kursi depan! Mateeeekk)

Kapal pecah

 Setelah rapih semuanya, kita berdiskusi dengan topik: hari ini mau berendem dimana? Reykjadalur yang katanya natural hidden gem di tengah alam bebas, atau Blue Lagoon yang katanya must visit world heritage? Setelah berembuk ina inu akhirnya kita memutuskan, Reykjadalur it is!

2. Naik-naik ke hot spring di gunung: Reykjadalur

Cusss ke Reykjadalur. Ternyata deket banget mang bantu. Cuma ngesot hampir sejam, nyampe deh di trail head.

Ketemu Fellowship of the Ring di jalan ke trailhead

Sebelum turun dari van, heboh kita bermanuver dulu di dalem van sempit buat make baju renang di bawah baju hiking hahahaha. Jadi untuk mencapai Reykjadalur hot spring ini, kita bakal mendaki bukit lewati lembah dulu sepanjang sekitar 3 kilometer sekali jalan.

Trailhead & rute

Mendaki lah kita. Viewnya oke la, lumayan. Yang luar biasa justru anginnya. Kaco banget maaaakkkk saking kencengnya sampe serasa mau terbang diseruduk angin. Hikingnya sih ga terlalu berat, tapi karena badan asa udah manja pengen cepet-cepet berendem rilek jiga kebo, rasanya capek juga ya kakak! Padahal cuma nanjak tipisss banget. Mana pake daleman baju renang pula, bikin ketek jadi beceq penuh kesang bau haseum.

Diseruduk angin

Skip skip. Intinya mah sepanjang 3 kilometer kita nanjak, kita diseruduk angin, kadang kelilipan pasir yang ketiup angin ke arah muka, kadang nyium bau tai kuda (naha ada kuda?), kadang bermanuver menghindari lumpur, tapi kadang juga nikmatin view yang kece.

Trek nanjak tipis-tipis

Tersangka bau sangit di sepanjang trek

Sungai geothermal ngebul-ngebul

Singkat cerita, setelah 1 jam akhirnya sampe juga di Reykjadalur hot spring yang dibangga-banggain banget sama influencer yang bahkan bukan wargi lokal.

MANA NEEEEHHHH YANG KATANYA HIDDEN GEM???

Pas ngeliat bentukannya, hasrat ingin ngegelinding balik ke parkiran mobil, soalnya…. ANTIKLIMAKS BANGET HUHUUU….. Hiking 3 kilometer diterjang angin dan desir pasir di padang tandus for thiiiiisss????

Reykjadalur

Jeng jeeeng….. Cuma selokan natural yang cetek pisan dan penuh lumut. Aduh ini mah kalo mau berendem sebadan-badan juga kudu tiarap dulu biar kena air semuanya. Kalo gak, dijamin setengah badan kedinginan digigit angin dinginnya Iceland. Terus ga ada area ganti baju pula. Jadi abis berendem, semuanya buligir di pinggiran sungai buat ganti baju! Alamaaaaakkk no no nooo.

Anti klimaks

Udah gitu pinggiran hot springnya berlumpur banget pula. Susah-susah di sepanjang jalan akrobat biar sepatu tetep kinclong, eeh nyampe sini mendelep juga kaki Sibucik di lumpur. Huhuuuu beteeee!

Om Duke juga ternyata kecewa. Langsung lah kita berembuk lagi. Duh gimana ini??? Masih ada waktu ga buat ngebut ke Blue Lagoon?? MASIH BISA NIH KALO BURU-BURU!!!!

3. Fast and furieus ke hot spring beken: Blue Lagoon

Kecewa berat sama si Reykjadalur, akhirnya kita ga jadi nyebur. Biar ga buang waktu, langsung puter balik terus trail run (anjay trail run) ke parkiran. Kali ini ada untungnya juga anginnya kenceng, jalannya jadi cepet banget serasa dikasih turbo haha. Sesampenya di van, Sibucik tumben-tumbenan ngasih lampu ijo ke Om Duke, “Duke, khusus kali ini, kamu boleh ngebut se-ngebut-ngebutnya! Step on it! Fast and furieus!”

NGGGEEEEEENGGGGGGGG ngebut lah kita pake van butut di jalanan Iceland. Sampe berasa mau terbang itu vannya, untung aja ga ada kambing tiba-tiba nyebrang. Singkat cerita, kita sampe juga di Blue Lagoon jam 4 sore!

Blue Lagoon

Untungnya kita bisa masuk Blue Lagoon walau tanpa reservasi. Duuh hokinya kita, tadinya udah takut si Blue Lagoon full booked. Sat set sat set langsung kita strip down pake baju renang doang, bilas-bilas di shower biar bersih, terus cus ke area berendemnya.

Pas masuk, waaaaaaawwww ternyata bagus banget tempatnyaaaa!

Nah ini baruuuuu impresipppp

Airnya kayak susu tapi kebiru-biruan, katanya sih karena kandungan silikanya tinggi. Suhunya mantap, beda-beda tergantung area berendemnya. Di beberapa titik puanaass banget karena ada di deket sirkulasi air. Keren lo Blue Lagoon ini, panasnya bener-bener alami dari geothermal. Airnya langsung diambil dari laut.

Yanggg alami alami alami~

Setelah drama Reykjadalur, badan pegel-pegel abis hiking, akhirnya berendem juga kita. Rilek betuuuuul. Beda sama Sky Lagoon yang ada ritual 7 step, disini kita cuma berpindah dari satu sudut ke sudut lainnya sambil maskeran pake silica mask gratis yang termasuk ke dalem paket, terus minum jus gratis dari bar. Abis itu bingung mau ngapain. Alhasil kita ngajedog aja di pojokan yang sepi seperti orang kaya. Hanjaaaayy gaya pisan. Padahal mah sekedar ga sudi keluar cepet-cepet karena tiketnya mahal.

Memanfaatkan tiket masuk dengan maksimal

Simulasi jadi influenza eh impluenser

Maunya sih berendem yang lama sampe kisut (biar harga tiketnya worth it), tapi apa boleh buat kita mesti cepet-cepet balikin van biar ga didenda. Syungg kita mandi sampe bersih dan seger, terus Om Duke fast and furieus lagi sampe ke bandara.

4. Verdict: Reykjadalur? No! Blue Lagoon? Yes!

Verdict!! Reykjadalur? Noooo! Blue Lagoon? Yes yes yesss!!! Duuuh emang kalo mau ke yang “katanya” hidden gem, musti ditimbang-timbang banget, apalagi kalo waktunya terbatas. Next time kalo ke tempat baru mending kita langsung nyobain tempat popular yang fenomenal sekalian walaupun touristy, abis itu baru deh explore yang aneh-aneh. Kali ini walau sempet sok iye mau berendem di alam bebas, untung aja masih keburu ke Blue Lagoon!

Sebenernya ga apple to apple sih ngebandingin Blue Lagoon sama Reykjadalur. Yang satu konsepnya berendem di kolam upscale, yang satu lagi konsepnya berendem ala bidadari Jaka Tarub.

Nah kalo dibandingin sama Sky Lagoon baru deh setimpal. Blue Lagoon ini kolamnya jauuuuh lebih bagus, lebih gede, lebih menarik karena ada silicanya. Tapi efeknya jauh lebih nyegerin Sky Lagoon. Keluar dari Sky Lagoon rasanya badan langsung cenghar pisan, serasa terlahir kembali. Abis dari Blue Lagoon mah efeknya ngantuk kayak abis berendem di bath tub biasa. Kalo kita berkesempatan ke Iceland lagi, kita bakal langsung cusss ke Sky Lagoon tanpa babibu!

5. Adios, Iceland!

Waaaa senangnyaaa hari ini kita paket lengkap, hiking iya, ngeliat hidden gem iya, terus ditutup dengan berendem rileks di hot spring paling beken di seluruh dunia. Emang selalu berkesan kalo ke Iceland nih. Duh sedih sekaliiii kita udah harus pulang. Entah kapan lagi bisa main ke Iceland huhuhuuu semoga dalam waktu dekat.

Setelah balikin mobil di tempat car rental, kita lanjut naik shuttle ke bandara, terus leha-leha makan pizza sambil nunggu pesawat delay.

Adios, Iceland! Semoga kita bisa mampir lagi kesiniiiii.

Dadaaaah Iceland! ~~~

Adios,
Sibucik

Iceland Trip

Scroll to Top