Persiapan Tour du Mont Blanc

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

Minggu, 28 Agustus 2022: Persiapan Tour du Mont Blanc

1. Intro dulu gan

Akhirnyaaaaaa trip yang ditunggu-tunggu datang juga!!!!! Tour du Mont Blanc ini trip paling berkesan yang pernah kita jalanin. Bisa dibilang ini yang paling kita antisipasi dari sebelum berangkat kuliah ke Inggris, bahkan salah satu motivasi utama buat nyari beasiswa ke Eropa.

Jadi, apaan sih sebenernya Tour du Mont Blanc?

Tour du Mont Blanc (TMB) adalah trekking trail sejauh 170 kilometer ngelewatin 3 negara: Prancis, Italia, dan Swiss mengelilingi Mont Blanc, gunung tertinggi di Eropa Barat. Umumnya diselesaikan dalam waktu 11 hari. Trail ini populer banget di kalangan hikers di seluruh dunia karena viewnya kece badai, treknya bagus, dan kuliner enak-enak di sepanjang trek. Intinya, world-class experience!

Kita pertama kali kenal TMB sekitar tahun 2020, gak sengaja tiba-tiba nonton videonya Kraig Adams. Abis itu langsungggg terobsesi banget sama Tour du Mont Blanc dan kita mikir, buset harus banget nih kesampean kesini.

2. Latihan Fisik

Jangan salah, walupun treknya bagus dan terawat, TMB ini gak mudah. Selain jaraknya yang 170 kilometer, total elevation gainnya gak ngadi-ngadi: sekitar 10,600 meter alias 2 ribu meter di atas ketinggian gunung Everest! Jadi manusia-manusia malas yang jarang bergerak cem kita ini ya kudu latihan fisik dooong biar kuat.

Ekspektasi: jogging setiap hari selama 6 bulan sebelum trek, rutin short-medium distance day hike pake beban 3 bulan sebelum. Ini yang dilakukan orang-orang pada umumnya sebelum TMB.

Realita: keliling-keliling M&S, Sainsbury’s, atau Tesco sambil jajan sore-sore. Pas berangkat, kondisi dengkul kurang mumpuni, stamina cupu, pinggang belom teruji.

Wkwkwkk asli ini mah, kita ga pake latihan fisik sama sekali, padahal cupu. Beberapa kali niat buat jogging rutin keliling Cambridge, tapi bisa ditebak kita mah kalo lagi ga jalan-jalan lebih suka ndusel-ndusel di kamar sambil nonton Netplik. “Olahraga” kita sehari-hari cuma sebatas jalan ke supermarket, terus pulang-pulang nyemilin jajanan, entah itu scone, éclair M&S, meal deal Tesco, atau ayam Sangburi kesukaan Om Duke yang lagi reduced to clear. Geblek memang.

3. Riset

Naaah latihan fisik udah ga proper, at least risetnya harus baleg dong! TMB ini panjang dan berat, jadi kita kudu tau banget what to expect di sepanjang perjalanan. Jangan sampe menghadapi hal unexpected in the middle of nowhere terus ga tau harus berbuat apa!

Semua kita prepare lumayan dadakan sih. Walupun udah persiapan dari setahun sebelumnya, kita belum pernah bener-bener riset rute, itinerary, akomodasi, perbekalan, dan mempelajari medannya dengan proper. Sibucik baru mulai riset beneran sekitar sebulan sebelum berangkat, sambil pura-pura sibuk pas internship HAHAHA.

Banyak banget gan yang kudu dibaca, mulai dari “the bible”-nya TMB tulisan Kev Reynolds, baca-baca website tentang TMB, baca blog-blog orang, sampe nonton banyak video Yutub.

Cekidot gan beberapa referensi yang kita pake:
Buku The Tour of Mont Blanc: Complete two-way trekking guide tulisan Kev Reynolds – gold standard panduan TMB yang super lengkap, ngecover rute tradisional clock-wise dan anti-clockwise.
The Tour Du Mont Blanc’s 11 Stages – panduan singkat tapi helpful tentang 11 stages rute tradisional anti-clockwise, lengkap dengan tips-tips di setiap stage. Berguna banget buat planning itinerary.
Tour du Mont Blanc Public Transport – panduan tentang transportasi umum yang ada di sepanjang trek. Lumayan kalo mau ambil “cheat”.
Guide to Camping on the Tour du Mont Blanc – panduan lengkap campsites yang ada di setiap stage.

4. Itinerary

Karena visa kita udah mau abis, kita memutuskan buat cuma hiking half route selama 6 hari dan bukan 11 hari kayak full course. Nah setelah 6 hari capek nanjak, rencananya kita bakal lanjut leha-leha di sekitar Interlaken Swiss selama 4 hari.

Oret-oret Itinerary

5. Rute

Supaya waktu 6 hari kita di gunung bener-bener maksimal, Sibucik riset dari blog ke blog untuk tau stage-stage TMB dengan view terbaik. Dan dapat lah itinerary ini:

Oret-oret rute

Day 1: Stage 10 (Tres Les Champ – La Flegere)

Elevation gain 733 m, elevation loss 257 m, jarak tempuh 8 km (kalo ambil traditional route). Not to be missed. Katanya ini best part of TMB karena bisa ngelewatin Lac Blanc yang super cantik.

Day 2: Stage 11 (La Flegere – Les Houches)

Elevation gain 772 m, elevation loss 1546 m, jarak tempuh 17 km. Turunan panjang dan steep yang bikin lutut mau menyerah, tapi not to be missed karena view Mont Blanc di stage ini jelas dan deket banget. Spektakuler.

Day 3: Stage 1 (Les Houches – Les Contamines)

Elevation gain 646 m, elevation loss 633 m, jarak tempuh 16 km. Ada banyak opsi public transport, bisa diskip karena viewnya cuma pedesaan yang ga terlalu spesyel.

Day 4: Stage 2 (Les Contamines – Les Chapieux)

Elevation gain 1326 m, elevation loss 929 m, jarak tempuh 18 km. Bagian tersulit dari TMB karena tanjakan gila-gilaan, disusul dengan turunan yang sama-sama steep, ditambah lagi ga ada opsi public transport sama sekali. Tapi ini salah satu stage yang paling cakep. Do not miss.

Day 5: Stage 3 (Les Chapieux – Rifugio Elisabetta)

Elevation gain 1004 m, elevation loss 258 m, jarak tempuh 15 km. Di stage ini kita nyebrangin country border dari Prancis ke Italy.

Day 6: Stage 4 (Rifugio Elisabetta – Val Veny, Courmayeur)

Elevation gain 460 m, elevation loss 1560, jarak tempuh 18 km (kalo ambil traditional route). Stage ini biasa digabung sama stage 3 karena antara Les Chapieux dan Val Veny ga ada campsite dan ga boleh wild camping. Jadi kalo ga dapet akomodasi di Rifugio Elisabetta di akhir stage 3, good luck lanjut jalan sampe Val Veny.

Tapi manusia cuma bisa berencana gan. Pas eksekusi, itinerary di atas berubah banyak buat menyesuaikan sama situasi waktu hiking. Beberapa kali kita ambil alternative route, terus di akhir trek kita end up ngegabungin stage 3 dan stage 4 di satu hari yang sama! Sampe di Val Veny, end up mau matek dengan lutut lunglai.

Untuk urusan rute harian yang detail di setiap stage, aman jaya karena pake All Trail semuanya jelas banget. Gak lupa sebelum berangkat kita download offline mapnya dulu.

6. Transportasi

Biar santai, kita nandain bagian-bagian yang bisa diskip karena viewnya ga spektakuler-spektakuler amat dan bisa dipotong pake transportasi umum. Kebetulan karena masih peak season, masih banyak public transport yang beroperasi. Mulai dari cable car sampe bus, kita manfaatkan semuanya! Hohohohooo.

7. Akomodasi

Yang enak dari TMB ini adalah, di sepanjang trek ada banyak campsite dan rifugio. Jadi urusan makan  aman jaya asal kita punya cash. Kita sih pengennya camping setiap malem biar murah dan pengen ngerasain full experience, ceilaahhhh. Excited banget karena akhirnya tenda yg dibawa-bawa dari Jakarta kepake juga. Tapi kenyataannya, di malem pertama kita mengungsi di rifugio karena hujan badai, terus malem berikutnya nginep di hotel karena kita terlalu capek. Untungnya 3 malem terakhir kita berhasil camping di campsite. Wahhh campsite di TMB ternyata enak banget gan. Fasilitasnya lengkap! Mulai dari campground yang rata, restoran, kamar mandi & toilet bersih, sampe mesin cuci.

8. Packing List

Kita packing se-ringan mungkin, pokoknya cuma bawa yang perlu-perlu aja biar trip kita tetep aman nyaman tentram. Cekidot gan apa aja yang kita pack.

Packing list

KategoriIsi tas Om DukeIsi tas Sibucik
Perlengkapan camping– Tenda kapasitas 2 orang
– Sleeping bag
– Sleeping pad tiup
– Bantal tiup
– Lampu tenda
– Handuk microfiber
– Sendal jepit
– Sleeping bag
– Sleeping pad tiup
– Bantal tiup
– Handuk microfiber
– Sendal jepit
Baju– Per-kolor-an duniawi
– 2 celana pendek
– 1 celana panjang
– 3 kaos kaki
– 2 kaos ganti/baselayer
– 1 kaos tidur
– 1 celana tidur heattech
– 1 middle layer merino wool
– 1 down jacket
– 1 rain jacket
– 1 neck gaiter
– 1 kupluk
– 1 topi
– Per-kolor-an duniawi
– 1 celana pendek
– 1 legging panjang
– 1 legging 3/4
– 3 kaos kaki
– 2 kaos ganti/baselayer
– 1 kaos tidur
– 1 celana tidur heattech
– 1 middle layer merino wool
– 1 middle layer fleece
– 1 down jacket
– 1 rain jacket
– 1 neck gaiter
– 1 kupluk
– 1 topi
Printilan– Tripod
– Powerbank
– Charger & kabel-kabel
– Headlamp
– Batere cadangan
– Trekking pole
– Toiletries
– Tongsis
– Headlamp
– Water filter
– Obat & P3K
– Trekking pole
– Kindle
– Alas duduk
Total beban
(minus air & makanan):
15 kg10 kg

9. Gear List

Anjay gaya bener gear list, udah macam hiker bener aja. Tapi gear-gear kita ini sungguh berjasa dalam keberlangsungan, keamanan, dan kenyamanan selama hiking jadi perlu diapresiasi:

Sepatu

Hiking shoes

Om Duke: Salomon Speedcross 5
Sibucik: Salomon X-Ultra 4 low

Wuiiiihh mantap betul hiking pake sepatu ini. Kaki jadi lincah, ringan, pokoknya jadi lebih sat set sat di trail.

Down Jacket

Insulation jacket

Om Duke: Patagonia Down Sweater Jacket.
Mantap bener ini punya Om Duke, fill powernya 800, super anget, tangguh, bentukannya ganteng. Kalo pake ini level ketampanan Om Duke meningkat 100%.

Bucik: The North Face Mountain Light Triclimate. Fill powernya cuma 550, ringan, anget, tapi kalo udara lagi dingin banget kudu pake 2 middle layer biar angetnya lebih nampol.

Jaket Ujan

Rain jacket, featuring mamang-mamang random

Om Duke: The North Face Clement Jacket. Bahannya Dryvent, mantap betul kalo diguyur hujan, bulir-bulir air langsung hempas. Kekurangannya bahannya panas dan kurang breathable, pake ini sebentar aja Om Duke langsung bau kesang.

Sibucik: The North Face Mountain Light Futurelight. Ini pasangannya down jacket yang barusan, jadi bisa digabung gitu makenya. Bahan Futurelight ini mantap beneeer. Tahan air tapi adem dan breathable. Padahal kalo dipegang rasanya beneran kayak kain biasa.

Middle Layer

Om Duke: M&S extra fine merino wool sweater
Sibucik: M&S extra fine merino wool sweater & Arc’teryx Delta LT Zip Neck

Ternyata bahan merino wool bener-bener definisi mejik. Ringan, tipis, tapi anget banget. Yang paling magical dari merino wool adalah…. Dipake berkali-kali dalam keadaan keringetan, ga dicuci berhari-hari, ga bau sama sekali!!!! Wahhhhh sulit dipercaya lah asli. Bener-bener cocok buat hiking panjang kayak TMB gini. Terus dia ga makan tempat pula. Beuuuhhh. Kekurangannya, nyucinya kudu hati-hati banget biar ga menciut.

Karena Sibucik gampang kedinginan, perlu midlayer tambahan pake fleecenya Arc’teryx. Ini juga mantap, soalnya anget banget, tangguh, dan low maintenance.

Backpack

Om Duke: Thule Capstone 50L. Awalnya agak skeptis sama tas Om Duke ini, soalnya keliatannya ramping banget! Yakin nih kapasitas 50L?? Tapi setelah diisi barang ternyata muat banyak banget. Tampangnya ganteng banget pula. Wuiiiiihhh. Menurut Om Duke, pake tas ini nyaman banget, beban berat ga terlalu kerasa.

Sibucik: Osprey Kyte 36L. Kalo ini mah ga usah ditanya, udah gold standard hiking backpack. Sibucik awalnya lumayan khawatir hiking jarak jauh sambil bawa beban sampe 10 kg, maklum pinggangnya jompo huhu. Tapi pas nyoba pake tas ini…. GILEEEEE ga berasa berat sama sekali. Rasanya kayak bawa badan aja.

Tenda, perlengkapan camping, & trekking poles

Segala macem perlengkapan camping kita pake Bigadventure, brand outdoor punya temennya Om Duke. Sebelum berangkat ke Inggris, kita borong perlengkapan hiking ke temen Om Duke banyak banget, orangnya sampe kaget, “buset kalian mau pergi kemana borong sebanyak ini???”

Seperangkat alat camping & trekking poles

Sleeping bag: Bigadventure Bunaken
Sleeping pad: Bigadventure Purukambera
Bantal Tiup: Bigadventure Canggu Pillow
Handuk microfiber: Bigadventure Matoa
Lampu tenda: Bigadventure Waluku
Trekking poles: Bigadventure Arfak
Tenda: Bigadventure Tambora Ultralight 2 person

Keren lah pokoknya barang-barang Bigadventure ini. Apalagi tendanya, beeeuuuh diterjang hujan badai tetep antep tidak bergeming. Jadi keinget pas di Iceland kita kebasahan di dalem tenda huhuhuhu…. Di TMB ini kita sempet kehujanan juga pas nenda, tapi bisa tidur nyaman sepanjang malem.

Filter Air

Filter air

Ini buat jaga-jaga in case kita kehabisan air bersih dan perlu ngefilter sendiri air yang ngalir di trek. Ujung-ujungnya ini ga kepake banyak sih, karena kita selalu bisa beli minum di rifugio yang ada di sepanjang trek. Tapi ini makenya praktis banget, tinggal isi airnya, pasang filter cap, squeeze, terus minum deh. Sawyer ini popular banget di kalangan hikers karena praktis, tahan lama, dan reliable.

Buset tenyata panjang juga post kali ini. Udahan dulu mang. Lanjut ke cerita day by day TMB.

Adios,
Sibucik

TMB Trip

Scroll to Top