Makan enak di Courmayeur & Chamonix

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

Minggu, 4 September 2022: Val Veny – Courmayeur – Chamonix

Rekap hari sebelumnya: Sibucik marah-marah di sepanjang 31 km perjalanan hari terakhir TMB karena lagi hari pertama dapet, sakit perut, cedera lutut, dan bad mood seharian. Ngambek sama Om Duke sampe jalan jauh-jauhan, panik takut diseruduk sapi dan digigit anjing, cirambay di turunan menuju Val Veny, ditutup dengan tiba di campsite malem-malem dengan selamat sentosa walau badan serasa mau ambruk.

1. Pagi-pagi di campsite

Walaupun kemaren serasa mau ded, alhamdulillah paginya badan lumayan seger. Kita bangun lumayan siang terus langsung beringsut ke warung di samping common room buat ambil brekpes yang udah dipesen dari kemaren malem. Menunya minimalis: kroasong sama baguette alias roti pentungan bantet ajah kakak. Untung aja masih ada stok selai dan butter hasil nyolong di Mercure pas hari pertama hahaha. Om Duke juga ngabisin pizza anyep sisa makan malem kemaren.

Selamat pagiiii, eh, siaaaang

Warung campsite ft. sarapan pizza anyep & roti bantet

Skip skip. Abis sarapan, kita mandi bareng lagi di common bathroom. Jangan salah, ini mandi bareng bukan dalam rangka romantis, bukan juga dalam rangka mengejar pahala sedekah 1000 kambing, tapi dalam rangka menghemat koin shower. Wkwkwk di campsite ini mandi ga bisa seenak-enak udel, soalnya shower air panas cuma bakal nyala kalo kita masukin koin, itu pun cuma 5 menit! Jadi bakal lebih nampol kalo showeran berdua sekalian. Untung aja bukan di Endonesa, kalo iya mah kita udah digerebeg satpam campsite meren.

Abis mandi air anget rasanya langsung kayak terlahir kembali. Seger beneeeer. Langsung kita gercep beres-beres tenda, packing, terus siap-siap buat nungguin bus ke Courmayeur. Karena busnya belum dateng, kita nyebrang dulu ke depan campsite buat main di pinggir kalinya Val Veny. Cakep amat ini sungai, warna airnya tosca seger khas air glacier. Tapi agak ngeri-ngeri sedep soalnya arusnya deras banget walaupun sebenernya mah cetek.

Kali

Gak lama kemudian, dateng lah si bis yang ditunggu-tunggu. Tapi pas mau masuk…. Eeeehhh ditolak dong sama sopir busnya karena kita ga pake masker! Aduuuuhhh ojaan mana kelupaan pula bawa masker. Akhirnya kita beli masker dulu di warungnya campsite (untungnya ada dan bisa bayar pake sisa koin recehan HAHA). Tapi karena bus berikutnya baru akan dateng sejam lagi, kita jadi bingung mau nunggu sambil ngapain. Daripada mati gaya, akhirnya kita melipir ke restoran samping campsite tempat kita beli pizza semalem.

Resto samping campsite

2. Pasta surgawi

Di resto kita pesen menu apa pun yang ga ada perbabian duniawi: penne arrabbiata dan spageti carbonara. Emang udah lama banget kita kepengen nyobain carbonara asli di Itali, tapi biasanya carbonara selalu pake babi. Makanya seneng banget pas masnya bilang carbonara yang disini pake beef bacon!

Cekidot gan penampakan makanan kita. Dari penampilan dan aromanya sih asli menggugah selera banget. Padahal baru aja kenyang abis sarapan roti bantet, pas disajiin beginian langsung laper lagi nih perut.

Arrabbiata

Carbonara

Pertama-tama kita nyobain penne arabiatta dulu. Beuuuuhhhh enak! Simple tapi rasa comfort food banget yang dimakan berkali-kali pun ga akan bosen.

Terus kita cobain si carbonara. Wah ini definisi mouth-watering. Dari aromanya aja udah luar biasa. Terus pas pertama kali masuk mulut…… Ya Allah apakah ini surga dunia??????

Enak banget kaco sob

Eduuun enak banget ternyata carbonara yang asli. Huhuhuhu makannya sampe terharu. Gurih creamynya pas, aromanya nendang, rasa dagingnya juga mantaaaap. Aduh, ini carbonara ada narkobanya kayaknya – bakal kebayang-bayang terus ini mah. Untung aja tadi ditinggal mamang sopir bis, kalo ga kita ga bakal bisa ngerasain si carbonara super enak.

3. Leyeh-leyeh di Courmayeur

Dengan perut kenyang dan hati happy, kita melipir ke halte bus depan campsite, kali ini gak lupa pake masker. Gak lama kemudian, kita udah naik bus otw ke Courmayeur. Buset deh ini bisnya ugal-ugalan banget. Kejar setoran mang?? Udah mah jalanannya kecil kayak upil, pinggir-pinggirnya jurang pula. Jalurnya cuma cukup buat satu mobil, alhasil kalo papasan mobil lain, salah satu harus berenti di pinggiiiiiiir banget. Tapi angger mamang sopirnya sat set sat set – entah skilful atau ugal-ugalan haha.

Skip skip. One ugal ride later, sampe lah kita di Courmayeur dengan selamat. Ternyata Courmayeur ini resort town yang lebih kecil daripada Chamonix. Jujur ga terlalu menarik sih, terus jalanannya banyak yang nanjak pula. Duhhh mon map ni Sibucik dan Om Duke udah eneg banget sama tanjakan. Kita hari ini pengen leyeh-leyeh doang!

Courmayeur

Karena mager explore sana-sini, kita ngajedog di cafe deket terminal bus sambil nunggu jadwal bus kita buat ke Chamonix. Disini kita cuma bengong-bengong sambil ditemenin hot milk tea, biskuit, sama gelato.

Bengong-bengong sampe ngantuk

4. Check-in hotel di Chamonix

Abis leyeh-leyeh, kita naik bis menuju Chamonix ngelewatin terowongan sepanjang 11 kilometer yang membelah gunung. Gile, keren banget ya gunung segede alaihim bisa dibolongin sampe jadi terowongan yang berfungsi begini. Tapi agak ngeri sebenernya pas di dalem terowongan, takut kalo amit-amit kenapa-kenapa di perut gunung kita kudu piye hiiiiiyyyyy…..

Terowongan Mont Blanc

Sesampenya di Chamonix, kita langsung check-in hotel Alpina. Ini hotelnya lebih kece daripada Mercure di hari pertama. Lokasinya juga strategis, persis di pinggir kali eh sungai dan di sekelilingnya ada banyak restoran. Kamarnya juga nyaman dan yang paling penting…. Kamar mandinya ada bathtub! Huwaaaaa udah kebayang nih nanti malem pasti enak banget berendem kayak kebo biar rontok semua daki yang menumpuk selama TMB!

Room tour dulu gan

Abis check-in, kita melakukan aktivitas paporit Sibucik: belanja souvenir! Hohohohooo. Kita sebenernya pengen banget beli kaos yang ada logo TMBnya, tapi naha susah amat ya dicarinya?? Akhirnya kita beli kaos The North Face edisi Mont Blanc. Ya lumayan lah buat kenang-kenangan walaupun harganya bikin gigit jari wkwkwk. Abis itu kita ngider-ngider Chamonix sambil nunggu dinner. Cakep banget eeeeuy Chamonix ini.

Chamonix yang chantix

5. Makanan Jepang enakeun

Malemnya kita mendadak kangen banget sama makanan Asia. Asli udah bosen banget makan roti lagi roti lagi, kroasong lagi kroasong lagi, pasta lagi pasta lagi. Walaupun pasta tadi siang sejatinya enak banget, tapi perut kentung kita perlu nasi! Alhasil di jam makan malem kita langsung browsing restoran Asia yang recommended di sekitaran hotel.

Setelah galau kesana kemari, akhirnya kita memutuskan buat makan di restoran Jepang bernama Satsuki (bukan, bukan lawannya Naruto). Pas kita sampe tempatnya…. Woooowww penuh sekaliiii dan kita ga dapet meja. Sebenernya udah kepikiran buat nyari resto lain tapi pas ngeliat bentukan restorannya kok kayaknya meyakinkan sekali??? Staffnya semuanya keliatan otentik orang Jepang, sampe yang masaknya pun ibarat keluar dari anime – abang-abang asli Jepang yang mukanya gahar, matanya tajem, alisnya tebel, rambut diiket, poni lempar, ototan, terus pake celemek dan ikat kepala. Cocok banget jadi pemeran utama anime yang lagi nyamar jadi kang masak, padahal mah yakuza. Pas ngelirik makanan-makanan orang pun wuiiiihhhh kayaknya enak-enak banget. Karena keburu ngiler, akhirnya kita bela-belain waiting list dan nunggu di depan pintu.

Waiting list mang, bantu

Pas berhasil masuk, langsung lah kita pesen segala macem mulai dari sushi, udon, sampe yakitori. Jarang-jarang nih kita pesen makanan sampe 3 menu, biasanya juga sepiring berdua. Maklum, lambungnya mengecil #anjaaaayy wakakakak.

Pas makanannya dateng…. BEUUUHHHH bahagia banget rasanya ketemu nasi sama kuah gurih udon. Bule yang duduk di samping kita sampe kepo banget sama apa yang kita makan gara-gara Sibucik heboh keenakan sendiri tiap nyuapin makanan hahaha. Tapi aslining ini makanannya enak banget, ga lebay. Bukan cuma karena kita kangen makanan Asia, tapi beneran enaaaak!

Sushi, udon, yakitori

Srupuuuut, nendhang

Pulang-pulang kita langsung istirahat like a boss, gak lupa me time dulu sebelum tidur. Sibucik me time-nya berendem di bathtub, sementara Om Duke lebih tepat disebut mie time karena definisi healingnya dia mah makan Pop Mie hahahaha. Abis itu kita tidur nyenyak di kasur empuk. Finally!!! Setelah 3 hari berturut-turut tidur di tenda, sekarang tidur di kasur lagi tuh nikmatnyaaaa berlipat-lipat.

Markibo, akhirnya dengan ini trip half TMB kita officially berakhir! Yeaaayyyy keprok dulu gaaan…. Tapi mulai besok kita lanjut lagi ke Swiss buat leha-leha post-TMB. Sedaaap.

Adios,
Sibucik

TMB Trip

Scroll to Top