Tragedi Sibucik Kejepit Jemuran

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

Senin, 5 September 2022: Chamonix – Geneva – Bern

Rekap hari sebelumnya: leyeh-leyeh seharian dan makan enak di Courmayeur & Chamonix.

1. Pagi-pagi di hotel

Uhuy, kalo nginep di hotel, artinya kita….. Sarapan buffet dengan semangat bin norak di resto hotel dan eat our money’s worth! Hohohohohooooo #klasik

Sarapan di Alpina Hotel ini jauh banget lebih enak dibandingin sama Mercure. Ada menu asinnya, ada omelette sama crepes station, dan roti-rotiannya lebih guri enyoy. Mantap lah, terus view dari resto kece banget pula.

Orang kampung sarapan buffet

Selesai sarapan sampe kekenyangan, kita niatnya mau memanfaatkan fasilitas spa di hotel. Lumayan banget nih kita dapet complementary sauna dan jacuzzi! Bener-bener good deal deh ini hotel. Tapi sayangnya karena Sibucik ga bawa baju renang, yang sauna cuma Om Duke doang. Sempet kepikiran apa cuek aja ya sauna bareng-bareng orang pake kolor segitiga? Tapi asa gak sanggup hahahahaaa. Om Duke sih enak, pake boxer doang keliatannya tetep decent.

Ya sudah, goleran aja di kamar sambil nikmatin kasur empuk sampe waktunya check out!

2. Takajuik! Rejeki nomplok upgrade mobil

Abis heboh packing karena check-outnya mepet teuing, kita caw dari hotel dan melipir ke terminal. Hari ini dan 3 hari kedepan kita bakal stay di Swiss buat leyeh-leyeh post-TMB. Setelah hiking panjang seminggu terakhir, we deserve several days of gogoleran!

Awalnya kita mau naik kereta kemana-mana selama di Swiss atas rekomendasi beberapa travel bloggers. Temen kuliah Bucik yang orang asli Swiss pun bilang kalo kereta di Swiss itu kebanggaan wargi lokal karena super reliable, nyaman, dan murah. “No need to rent a car!” ceunah. Tapi pas dicek sendiri….. BAHHHH ribet kali pun naik kereta! Udah mah mesti ganti-ganti rute beberapa kali, mahal banget pula. Justru jauuuuh lebih murah kalo kita sewa mobil, terus jadwalnya fleksibel dan bakal lebih praktis. Pelajaran nih, kalo dikasih rekomendasi tuh jangan ditelen mentah-mentah, tetep perlu survey sendiri biar dapet best deal yang paling cucok buat kita.

Nah karena akses dari Chamonix agak syulit, kita memutuskan buat sewa mobil dari Geneva airport. Soalnya pilihan car rental companynya banyak, aksesnya gampang, dan tentunya tarif dari bandara biasanya lebih murah dibandingin spot lain hohohoho. Singkat cerita, kita naik bus dari Chamonix menuju Geneva airport ngelewatin jalanan pegunungan yang muter-muter acikiwir. Terus sesampainya di airport, kita langsung ke counter rental mobil. Pas lagi registrasi ulang….

“Bosku, mobil jeleknya abis. Kalo free upgrade jadi mobil matic masalah ga?” kata si Mamang rental mobil.

“Apa pun yang gratis saya mau aja Mang,” kata Om Duke.

“Ya udah nyoh kuncinya. Mobilnya ambil sendiri ya di parkiran.”

Dikasih lah kita kunci mobil. Pas ngeliat logo di kuncinya, kok hawa-hawanya enak ya. Perasaan kemaren kita bookingnya mobil paling murah merk Skoda, kok ini yang dikasih kunci VW. Hahahaha ah palingan juga VW standar tipe Polo ini mah. Dapet free upgrade jadi matic aja udah happy banget, Om Duke si mamang sopir jadi ga perlu maenan kopling. Kaki dah pegel bosku.

Terus pas nyampe ke parkiran…. Takajuik lah kita. Yang bener kita dikasih mobil yang ini? Koooook ganteng amat??????

Ekspektasi:

Ekspektasi: gapapa kaleng yang penting bisa jalan

Realita:

Realita: anjay keker kalo diketok bunyi dug dug

Wooowww pucuk dicinta ulam pun tiba! Booking mobil Skoda tipe paling murah, malah dapet Volkswagen T-Roc model terbaru. Anjaaaayyy, seumur-umur baru kali ini naik mobil semewah ini wkwkwkwk. Mon maap norak, maklum dari kampung. Om Duke bilang kalo mobilnya cakep begini nyetirnya jadi takut-takut, bisi baret hahahaha. Setelah hah heh hoh sejenak karena mobilnya terlalu canggih, kita meluncur di jalanan Swiss dengan nyaman!

3. Ngider-ngider Bern

Syuuungggg meluncur kita ke ibukotanya Swiss, Bern. Sore ini kita mau jalan-jalan sore dan belanja perbekalan makanan sebelum meluncur lagi ke Airbnb di pinggiran kota Bern. Niatnya sih jalan-jalannya santai aja, sekedar mampir ke Old Town biar tau gimana sih bentukannya Bern?

Setelah diliat-liat, yaaa cakep tapi biasa aja gan, cuma kota tua Eropa pada umumnya. Tapi kita berdua sih penilaiannya ga relevan, memang bias karena ga terlalu betah jalan-jalan di kota hahaha. Cekidot gan penampakan kota Bern.

Bern

Highlight dari Bern adalah sungai besar super bersih yang ngalirin kota dari ujung ke ujung: sungai Aare. Karena kejadian anaknya Ridwan Kamil, kita jadi penasaran banget kayak apa sih bentukannya sungai Aare ini? Pas nyampe ke salah satu spot sungai Aare yang populer, ternyata memang banyak wargi lokal yang asik berenang, mulai dari anak kicik sampe orang tua. Wanieun ih. Di pinggir-pinggirnya sih lumayan dangkal, tapi di bagian tengahnya lumayan dalem dan arusnya deras. Tapi kalo ngeliat airnya yang jernih, emang ini sungai minta diceburin banget. Saking jernihnya, sinar matahari bisa nerobos sampe ke batu-batuan di dasar sungai. Seger banget kayaknya.

Warlok ngojay di sungai Aare

Abis jalan-jalan, kita mampir ke supermarket Argos. Niat awalnya mau belanja yang sehat-sehat alias sayur-sayuran, tapi mundur teratur pas ngeliat harga brokoli sebiji 6 Swiss Franc alias 100 rebu Rupiah!!!! Whaaaaattt jukut macam apa ini??? Di UK aja harga beginian cuma 45 pence alias 9 rebuuuuuuuuu! *shock*. Ya Allah, kieu-kieu pisan jadi warga negara berkembang di negara maju. Mau beli makanan sehari-hari aja gigit jari, padahal ini mah normal kali ya buat wargi lokal. Kebayang kalo bule Eropa yang belanja bayem di Bali: apaaahhhh bayem seiket gede cuma 0.05 Euro?? Yha.

Sibucik dan Om Duke, pasangan eksekutip muda Jakarta di Swiss:

Broke as fuk

Meanwhile, bule miskin di Bali:

Mendadak sultan

Ya sudah lah, ga usah makan sehat kalo begitu. Kita beli junk food aja yang lebih murah! Huahahahaha. Ujung-ujungnya kita cuma belanja sosis, chicken wings, cheese fondue instan, sama roti bantet.

Kuy meluncur ke Airbnb!

4. Check-in Airbnb

Syung meluncur ke Airbnb di pinggiran kota. Di jalan kita ngelewatin padang rumput dan sapi-sapian. Begitu sampe di Airbnb, kita disambut sama hostnya yang lovely sekaliii. Airbnbnya pun super nyaman, jadi room tournya kita dedikasikan aja di post terpisah karena akibat Airbnb yang terlalu nyaman ini, kita jadi males kemana-mana!

Skip-skip….

Malemnya kita makan ready meal yang kita beli di Argos barusan: nasgor telor dan spring roll. Rasanya bleeeeghhhh ga enak! Wkwkwkwkwk abal-abal banget nasgornya. Akhirnya si nasgor dimasak lagi sama Om Duke pake bumbu-bumbuan yang ada di Airbnb, lumayan lah rasanya jadi rada ketolong hahaha.

5. Tragedi Sibucik kejepit jemuran

Abis makan, Sibucik inisiatif buat nyuci semua baju kotor bekas kita hiking. Disini mesin cucinya bukan yang langsung kering kayak kerupuk kayak di rumah kita di Cambridge, tapi yang setengah kering. Yaaa lumayan lah yang penting kita punya baju bersih buat 3 hari ke depan. Dijemur semaleman juga pasti kering kok, cincai….. Toh host kita udah nyediain jemuran besi yang bisa dilipet.

Sat set sat set Sibucik nyuci dengan sigap. Pas bajunya selesai dicuci, Sibucik ngambil si jemuran besi. Memang dasar Sibucik ini orangnya clumsy, pas ngebuka lipetan jemuran ga liat-liat dulu. Tiba-tiba ujung jarinya kejepit engsel besi!

Wah, asli itu paniknya luar biasa, soalnya jarinya bukan cuma kejepit sedikit, tapi beneran dalem nembus daging jari karena ternyata engsel besinya tajem. Disini Sibucik ga teriak, cuma minta tolong ke Om Duke dengan suara pelan yang artinya paniknya udah panik BANGET.

“Dud. Dud. Dud……. Tolong Dud, ini tangan aku kejepit. Tolong bantu lepasin engselnya,” kata Sibucik yang udah keringet dingin sambil ngatur napas saking paniknya. NGADÉG-DÉG MANG, BANTU!

Reaksi si dodol Om Duke malah cuma, “Ha? Kejepit?” dengan nada tengil. Pasti dikiranya Sibucik lebay tea.

Singkat cerita akhirnya si jari lepas juga dari engsel, terus pas ngecek kondisi lukanya, langsung lah Sibucik nangis heboh sambil gemeteran! HUHUHU asli ngeri banget. Soalnya kalo ngeliat bentukan lukanya, seandainya tadi kejepit lebih dalem sedikiiiitttt lagi aja kayaknya dah copot tuh daging. Sambil Sibucik nangis heboh, Om Duke ngebuka P3K yang dibawa-bawa pas hiking, siram lukanya pake air mengalir, semprot disinfektan, terus bebat si ujung jari pake plester, berharap ga infeksi dan dagingnya bakal nempel lagi.

Cekidot gan bentukan luka kejepit yang bikin banjir air mata, foto diambil sehari setelah kejadian.

I AM BATMAAAAN

Hadeeehhh ada-ada aja. Padahal baru aja hiking 5 hari nonstop ngelewatin penunungan alpen sejauh 100 kilometer, kena panas hujan badai di tengah alam bebas, manjat-manjat bebatuan, pas lutut cedera juga tetep kuat ngejabanin tanjakan dan turunan di trail, tapi giliran ujung jari kejepit jemuran di rumah langsung nangis heboh hahahahaha. Kalo kata Om Duke meni melodramatis.

Asli, abis tragedi kejepit jemuran ini rasanya mendadak lemeeeeeesssss banget. Untung Om Duke sigap, langsung ngegantiin Bucik jemur baju (trauma deket-deket jemuran! Groaaaarrrrr) terus bikinin teh susu kesukaan.

Jemuran kampret

Markibo kalo begitu. Besok kita leyeh-leyeh nikmatin Airbnb!

Adios,
Sibucik

Switzerland Trip

Scroll to Top