Mabuk Darat ke Lago di Braies

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

Intro dulu gan

Helaaaaw. Buset deh baru aja 3 hari pulang dari Budapest, udah ciao lagi aja nih bocah berdua. Ini kedua kalinya kita ke Italy, tapi trip ini lumayan bertolak belakang dengan yang sebelumnya. Kalo sebelumnya kita santai-santai di Lake Como, sekarang kunjungannya dalam rangka hiking di Dolomiti, pegunungan alpen di perbatasan Italia-Swiss-Austria yang terkenal banget sebagai destinasi hiking yang cakeup. Di seluruh regionnya ada buanyak banget rute hiking yang pemandangannya keren.

Trip kali ini lumayan tricky. Jadi sebelum mulai ceritanya, Sibucik mau rambling dulu tentang betapa ribetnya perencanaan ke Dolomiti. Kenapa tuh? Soalnya walaupun populer, akses ke area Dolomiti ribet banget mak! Gak usah jauh-jauh ke itinerary, untuk mencapai area Dolomitinya aja nih, mikirnya lumayan bikin pusing. Mana jauh dari airport, transportasinya terbatas, lokasinya di dusun, terus kita gak familiar pula sama daerahnya. Gak kebayang sama sekali!! Ditambah lagi, menurut weather forecast cuaca di Dolomiti bakal hujan badai setiap hari selama kita disana. Aduuuuuhh gimana iniiiii toloooong Doraemon!!

Alhasil persiapan sebelum keberangkatan jadinya lumayan panjang, mulai dari nentuin flight kemana, transfer dari bandara ke Airbnb, nentuin base, nyari Airbnb, transport, nentuin durasi, nyari rute hiking, bikin itinerary harian, daaaan lain-lain. Ribet banget deh pokoknya, belum lagi sakit kepala mikirin strategi ina inu biar costnya murah haha. Dan yang bikin makin pusing, kita gak kenal siapa pun yang udah pernah ke Dolomiti, alhasil ga ada yang bisa ditanyain. Jadi risetnya pun cuma bisa bergantung ke travel bloggers dan website resmi yang scattered dan membingungkan. Haiiisshhh.

Tapi justru ribet-ribet sebelum keberangkatan ini yang menurut Sibucik super fun! Hayoh weeeeh 2 minggu sebelum berangkat kerjaan Sibucik browsing Dolomiti melulu. Sampe akhirnya setelah mikir dan diskusi panjang lebar sama Om Duke, pelan-pelan rencana perjalanannya jadi makin jelas. Kita bakal terbang ke Venice M. Polo airport karena jaraknya lumayan deket ke Dolomiti dan tiketnya murah (wkwk angger concernnya ini), sewa mobil selama 4 hari, nyetir kemana-mana biar praktis, dan nginep di Pieve di Cadore yang lokasinya cuma 30 menit dari Cortina d’Ampezzo. Kita bakal spend 4 hari 4 malem di Dolomiti untuk hiking setiap hari, terus di hari ke-5 kita bakal city trip formalitas di Venice sebelum pulang ke London.

Rute

Uhuyyy, excited banget dengan perjalanan ini. Selama spring kemaren city trip melulu rasanya lumayan membosankan. Sekarang mumpung udah mau summer, cuaca lebih bersahabat, dan daylight jauh lebih panjang, saatnya kita gerakin badan sambil cari pemandangan yang ijo-ijo!

Lesgooooo~

Rabu, 25 Mei 2022: Mabuk Darat ke Lago di Braies

1. Hahupir di jalan seperti biasa

Eh aduh gak kerasa intronya aja dah panjang amat ya. Langsung aja skip ke hari keberangkatan. Heboh banget loh keberangkatannya. Bayangin aja nih, jadwal kereta kita jam 4 pagi, pesawat kita jam 6:20, dan jam 2 pagi kita baru mulai packing!!! Haiiisssh kenapaaaa siiiiihhhhh dua manusia ini….. Alhasil semaleman sebelum flight kita ga tidur sama sekali. Ga mau ambil risiko ketinggalan kereta soalnya.

Skip skip. Singkat cerita kita ke stasiun Cambridge pagi-pagi buta, terus naik kereta api tututut ke Stansted Airport.

What a byutipul morning

Kirain di rumah doang yang ribet. Ternyata sesampenya di bandara, masih aja ribet! Jadi walaupun udah naik kereta paling pagi, jeda waktu sampe boarding pesawat tuh tipiiiissss banget. Kita cuma punya waktu kurang lebih 1 jam buat check-in, ngelewatin security gate, dan boarding. Crazy bukannn.

Drama pertama: check-in. Wadoooowww antrinya panjang bener!!! Alamat ketinggalan pesawat ini mah! Ikut ngantri 15 menit, duh kok masih banyak aja manusianya. Akhirnya mencoba peruntungan: ke customer service, minta diprint sama masnya tanpa ngantri dengan alesan “hampir ketinggalan pesawat mz heheu”. Surprisingly, dibolehin! Waw jalan ninja baru ini….

Check-in, lewat. Drama kedua: security gate. WADUH! Rame juga! Akhirnya beli fast pass. 15 pon kemudian dan ga nyampe 10 menit kemudian, security gate berhasil dilewati!

Wahhhhh, mantap betul ini… Yang tadinya buru-buru, akhirnya malah jadi punya spare waktu. Mulai deh ngelunjak…

“Dud, beli Pret dulu aja yuk?”

“Yuk! Mumpung gratis.” *angger motivasinya karena gratis*

Antri lah kita. Ternyata antrian Pret juga panjang bener, fix ini mah orang-orang yang subscribe semua haha. Bucik mulai panik.

“Duke, udah boarding tuh pesawat kita…. Gak usah ngopi deh langsung aja ke gate.”

“Ah gapapa dud, biasa itu mah Ryanair suka ngeburu-buru. Ntar juga ujung-ujungnya dia yang delay.”

Lanjut antri. Pas selesai beli kopi, liat di layar. LAHHHHH BUSET UDAH FINAL CALL!!

Drama ketiga: lariiiiiiii sekuat tenaga ke gate dengan kopi di tangan!

Ah klasik banget nih, mana belum tidur semaleman, kriyip-kriyip, masih pagi banget, gatenya jauh pula. Sesampainya di gate, pintu baru mau ditutup. Kita beneran penumpang terakhir. Mbak petugas ngeliatin dengan stink eye, terus ngomel-ngomel.

“Udah untung ye gue tungguin! Lain kali jangan malah beli kopi lah!” kata si Mbak dengan sewot.

Fyuuuuhhhh….. Berhasil naik pesawat. Kapok mepet-mepet kapooookkkk!!!!

Skip skipppp. 2 jam kemudian sampe lah kita di bandara Venice M. Polo. Yang pertama kita lakukan adalah jemput mobil sewaan yang bakal nemenin kita selama 4 hari ke depan.

Mobil sewaan

Aih, mantap betul rasanya kalo udah jemput mobil sewaan tuh. Kemana-mana santai, tinggal syung! Sebelum ciao ke Airbnb di Pieve di Cadore, kita mampir dulu ke supermarket buat beli snack dan perbekalan buat masak di Airbnb.

Jajan dulu buat masak di Airbnb

Dengan cemilan di tangan, kita meluncur ke Airbnb di Pieve di Cadore. Mendekati kawasan Dolomiti, pemandangan berubah jadi lanskap pegunungan biru dan danau-danau yang airnya tenang. Aiiiiihhhh adeeem.

Mabok darat level 1

Tapi yuyur Sibucik ga terlalu nikmatin viewnya, soalnya mabok daraaat sodara-sodaraaaa. Emang euy dari dulu Bucik ini orangnya kampungan. Naik mobil bawaannya mabok darat, bahkan di jalan yang lurus. Apalagi di jalan pegunungan yang berkelok-kelok begini. Anehnya, tiap naik angkot malah ga pernah mabok hahahaha.

2. Airbnb Room Tour

Setelah mabok darat selama 2.5 jam, akhirnya sampe juga kita di Airbnb. Airbnbnya ternyata nyatu sama rumah hostnya. Kecil, tapi compact dan nyaman. Viewnya gunung, suasananya tenang. Mantabs dah pokoknya. Yok kita room tour dulu.

Sampe! Airbnb di depan gunung

Tempat tidur

Dapur & meja makan

Snack gratis dari host

Kamar mandi

View dari jendela

Aiiiihhhh enak banget, rasanya kayak lagi di kabin di tengah hutan. Pas banget pula sesampainya di Airbnb, langsung turun hujan. Waaahhhh jadi makin adem aja. Kalo suasananya begini Sibucik langsung pengen duduk santai ngemilin bolu Itali sambil minum susu Itali (susu Itali enak banget paraaahhh). Sedangkan Om Duke langsung masuk selimut dan tidur siang hahaha.

Nikmat dunia versi Sibucik vs Om Duke

3. Bela-belain mabok darat ke Lago di Braies

Thanks to daylight yang panjang, kita bisa santai-santai dulu sekitar 2 jam di Airbnb dan lanjut jalan buat nikmatin senja #ahzek. Sekitar jam 5 sore, hujan berhenti. Langsung lah kita beranjak ke destinasi wajib dan paling mainstream yang ada di Dolomiti: Lago di Braies.

Perjalanan dari Pieve di Cadore ke Lago di Braies makan waktu sekitar 1,5 jam dan ngelewatin jalan pegunungan yang alamaaaakkkkkk meliuk-liuk seperti ular! Hoooeeeeekkkk makin aja Bucik mabok darat huhuhu.

Tapi untungnya maboknya worth it!!!! Sesampainya di parkiran Lago di Braies, langsung ketauan. Kayaknya viewnya bakal cakep banget ni.

Parkiran. Dari sini aja viewnya dah cakeup.

Papan informasi Lago di Braies

Awalnya kita pikir untuk sampe ke Lago di Braies bakal perlu hiking sedikit, ehhh ternyata danaunya ada persis di samping parkiran haha. Literally cuma 2 menit dari mobil, kita langsung dapet pemandangan ini.

Pemandangan tersibak!!!!

Begitu ngeliat view danau secakep ini, Sibucik yang tadinya mabok darat langsung ngerasa seger. Ya Allah, indah banget banget banget. Gak heran Lago di Braies sering diplesetin jadi Lago di Instagram, karena memang se-picturesque itu!!!! Langsung aja cekidot foto-fotonya.

Lago di Braies

Seneng banget sore-sore chilling di pinggir danau Lago di Braies yang tenang. Kita pun lumayan hoki karena tempatnya sepi banget. Cuma ada kita berdua ditambah 3 orang fotografer profesional yang foto-foto pake drone. Aih, nikmat. Padahal katanya Lago di Braies ini spot paling terkenal di Dolomiti dan biasanya selalu dipenuhi turis. Mungkin kali ini sepi karena memang belum peak season dan udah jam 7 sore.

Persis di pinggir danau, ada hotel besar. Cakep nih hotelnya, kayaknya mantep buat leyeh-leyeh. Kebayang pagi-pagi sarapan italian breakfast di bangku halaman, sorenya nikmatin sunset sambil ngeliatin Lago di Braies. Aihhhhh zen pisan kalo kata anak jaman now.

Hotel Lago di Braies

Yeayyyy karena udah poto di Lago di Braies, artinya sah sudah kunjungan kita ke Dolomiti. Besok-besok tinggal hiking mania mantap hohohoho. Yok pulang, kita menikmati Airbnb super nyaman yang sudah menanti hihihi.

Eits jangan lupa, sebelum sampe Airbnb mesti mabok darat lagi!!! Howeeeekkkk.

4. Italian dinner buatan om duke

Akhirnya sampe juga di Airbnb. Saatnya leha-leha. Makan hari ini tagliatelle arabiatta sama cotoletta yang kita beli di supermarket tadi siang. Asliiii ini mah rasanya lebih enak daripada beli di restoran. Terus cotoletanya juga jauh banget lebih enak dari yang Bucik makan di Milan yang mahal banget. Wkwkwk masih dendam kesumat sampe sekarang.

Dinner kali ini disiapin oleh Om Duke yang makin lihai di dapur. Azeeeek. Liat aja tuh gayanya meyakinkan sekali bukaaaan.

Cep Om Duke on action

Italian dinner ala Om Duke ft. Modern Family

Wuiiiihhhh. Nikmat betuuul!!! Luar biasa sekali hari ini. Paginya penuh drama, siangnya mabok darat, sorenya tidur pules, terus ditutup dengan Lago di Braies dan homemade dinner sambil nonton serial paporit. Alhamdulillaaah.

Markibo mari kita bobo, besok kita hiking mania mantap ke Tre Cime di Lavadero!