Midnight Sun di Snæfellsnes Peninsula

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

Selasa, 5 Juli 2022: Midnight Sun di Snæfellsnes Peninsula

Setelah hari yang berkesan kemaren, hari ketiga kita di Iceland pun gak kalah mantap. Dimulai dengan rempong di campground, terus seharian nikmatin view di jalan yang cuakeeepp banget, terus ditutup dengan golden hour yang majestic di Kirkjufellfoss dan liat midnight sun di Snæfellsnes Peninsula. Aih, cucok. Markidot mari kita cekidot.

1. Pagi-pagi di camp

Mari kita flashback dulu apa yang terjadi malem sebelumnya: debat kusir perkara hiking ke Studlagil (yang dimenangkan oleh Sibucik), berujung baru sampe di campsite jam 1 pagi, makan bihun instan sambil ngelawan dingin, tidur dengan badan mo rontok.

Alarm pun bunyi jam 8 pagi. Tangan Sibucik dengan lihai hit snooze. Bangun-bangun….

“WAAAAA UDAH JAM 12!!!!!”

Glek…. Pas buka tenda, tinggal sisa mobil kita doang sama satu mobil lain. Langsung lah kita ngacir dari tenda. Dengan muka bantal dan mata belekan, Om Duke beberes tenda, SIbucik masak. Asli itu mah geraknya dengan kecepatan tinggi. Sampe malu sama mas-mas camper lain yang mergokin camper amatiran ini rempong sendiri haha.

Masak

Brekpes

Jeng-jeng…. Brekpes seadanya ala camper kebluk: ravioli quattro formaggi pake saos pesto, tuna telor, sama stroberi yang hampir jamuran. Gak nyambung jek tapi lumayan buat bikin recharge energi.

2. Rute & Perjalanan

Wokeee saatnya hit the road! Jam 1 siang kita pun ciao dari campground. Jujur hari ini rada bingung mau kemana. Tujuan akhir kita sebenernya Snæfellsnes Peninsula yang masih jauh banget di ujung barat. Pengennya sih mampir dulu ke tempat wisata di daerah utara, tapi sayangnya attractions di deket campsite kita ini kebanyakan experience yang makan waktu dan jauh dari ring road, contohnya berendem di hot spring atau tour naik kapal buat ngeliat paus. Yasudah, skippp….. Kita langsung meluncur ke barat, cuma mampir ke Godafoss waterfall yang kebetulan gak jauh dari camp.

Rute hari ini

Sama kayak kemaren, hari ini pun kita dapet view yang luaarrr biasa. Aslining, bolak-balik nyebut melulu di sepanjang jalan saking cakepnya. Hari ini karakteristik landscapenya agak beda sama yang kemaren. Cekidot.

3. Godafoss

First stop: Godafoss yang kalo ditranslet dari bahasa Icelandic artinya “Waterfall of the Gods”. Mitosnya, si air terjun dinamain begitu karena jaman dulu ada Viking leader yang ngebuang patung-patung dewa semacam Thor, Odin, Loki, dll kesini sebagai simbol konversi bangsa Viking dari Norse paganism ke Christianity.

Godafoss

Godafoss ini bentuknya setengah lingkaran. Bisa diliat dari berbagai sisi. Dari atas bisa, dari bawah bisa. Untungnya disini ga bikin badan basah kuyup kayak di Seljalansfoss sama Skogafoss 2 hari lalu.

Hiiii takut ah ngeliatin air terjunnya dari pinggir. Si air terjun ngalir ke sungai yang arusnya deras banget, namanya sungai Skjálfandafljót. Asli, ga tau cara bacanya gimana.

Sungai Skjálfandafljót

Abis cekrek-cekrek, kita mampir ke gift shop yang ada di pinggir parkiran. Niat awalnya bukan buat beli souvenir, tapi mampir ke toilet karena Sibucik kebelet boker. Alhamdulillah akhirnya tanem saham juga di Iceland wkwk. Abis itu liat-liat di gift shop, eehhhh nemu snow globe bagus! Yeaayyy senang sekali Bucik.

Abis itu kita ciao jalan lagi. Gak mau lama-lama, perjalanan masih panjang!

Nah di jalan pas otw, Sibucik iseng-iseng browsing ada apaan aja sih di deket sini? Terus baru lah ngeh ternyata di deket campsite barusan ada shooting location Game of Thrones, tepatnya tempat Jon Snow slebew sama Ygritte hahaha. Duuuuhhhh sayang sekaliiiii padahal kita kan pens berat GoT. Mana bagus pula tempatnya. Tapi karena udah terlalu jauh buat puter balik, dicatet aja dulu gan buat next trip eheu.

Grjótagjá Cave. Foto dari sini dan sini

4. OTW dari Godafoss ke Snæfellsnes Peninsula

Abis dari Godafoss, kita ngabisin waktu mostly di dalem mobil. Tancap terooooosss sampe ujung barat. Jarak dari Godafoss ke tujuan berikutnya, Kirkjufellfoss, sekitar 450 km. Alhasil jam setengah 4 sore sampe setengah 11 malem kita abisin di jalan.

Di jalan, kita berenti beberapa kali, entah buat belanja, makan, atau alasan klasik Sibucik: foto-foto karena viewnya cakep.

Akureyri

Sekitar setengah jam dari Godafoss, kita lewatin kota cantik namanya Akureyri. Ternyata Akureyri ini kota terbesar kelima di Iceland. Kalo diliat sekilas, ini kotanya lebih cakep daripada Reykjavik karena diapit laut biru di satu sisi, gunung-gunung bersalju di sisi satunya lagi. Aih, cakep banget. Kita juga baru tau kalo mau whale watching alias nonton paus, salah satu titik startnya disini. Duuuh serunya, nanti lah kalo ke Iceland lagi. Wkwk berkesan banget Iceland nih, belom juga pulang udah pengen balik lagi aja.

Mumpung lewatin kota, kita numpang isi bensin sama belanja cemilan di supermarket. Kali ini kita ke Bonus, supermarket versi merakyat yang logonya babi. Wah ternyata emang lumayan jauh euy harganya. Tetep mahal tapi gak sampe takajuik kayak pas belanja di hari pertama haha.

Supermarket yang (lebih) merakyat

Indomie break

Jalanan di Iceland, terutama ring road, memang mengakomodasi banget buat road trip. Di sepanjang jalan ada banyak tempat pemberhentian yang ada spot parkir sama meja+kursi. Penempatan tempat istirahatnya pun kece, biasanya sengaja di tempat yang viewnya emang cakep. Buat istirahat makan, kita berenti di pinggir lembah ijo yang ada sungai kecil mengalirnya. Wuihhhh sueger.

Awalnya kita mau ala-ala makan di meja+kursi yang udah disediain, tapi apa daya anginnya kenceng dan dingin banget. Udah gitu ada cirit burung pula di mejanya. Wkwkwk jadi ga nikmat ini mah makannya. Akhirnya berujung makan di mobil juga.

Indomie break with a view

Random view di jalan

Selain belanja dan makan barusan, sisa perjalanannya mostly cuma berenti-berenti sebentar tiap liat view yang bagus. Masalahnya, viewnya bagus melulu wkwkwk.

Di utara, landscapenya didominasi lembah luas yang diapit gunung bersalju. Lembahnya dialirin sungai-sungai kecil, terus biasanya di tengah lembah ada desa dan peternakan, lengkap dengan kuda-kuda yang lagi nyemilin rumput. Aih meni tranquil. Kalo kata OVJ, “disana gunung disini gunung, di tengah-tengah kuda wargi”.

Peternakan di lembah

Kuda wargi

Mendekati Snæfellsnes Peninsula, kita melipir dari ring road terus disambut gravel road. Viewnya langsung berubah dari yang tadinya pegunungan dan lembah berkuda jadi padang rumput luas dengan bunga liar, batu-batu merah, dan bukit-bukit di kejauhan. Fieldnya luaaaaasss banget bikin mata enakeun.

Gravel road

Padang rumput

Abis gravel road, viewnya berubah lagi. Sekarang kita udah sampe di area Snæfellsnes. Jalannya melipir laut biru yang cakeup.

Pinggir laut

Pas udah deket Kirkjufell, mulai golden hour. Waaahhh pas sekaliiii. Quick quick quick ayo biar cepet ke tujuan biar sempet dapet foto bagus!

Golden aweur

5. Golden Hour di Kirkjufellfoss

Kita sampe di Kirkjufellfoss pas banget waktu golden aweur. Waduuuuuhhh cetar banget pemandangannyaaaa. Langsung aja cekidot jepretan Sibucik.

Kirkjufellfoss

Bonus – behind the scene:
Nah, walaupun kita datengnya nyaris tengah malem, ternyata kita udah keduluan banyak orang. Tempatnya rame! Disini bukan turis yang kita temuin, tapi segerombolan fotografer pro yang ngejer golden aweur. Jadilah Sibucik ikutan ngejejer bareng bapack-bapack ibu-ibu bule fotografer. Bedanya mereka mah pake kamera segedabag plus tripod mahal, Sibucik pake kamera hengpong plus tripod murah beli di toped hahaha.

Para pencari golden aweur featuring Sibucik

Btw ini juga tempatnya Jon Snow nih! Ternyata Kirkjufellfoss juga pernah muncul di Game of Thrones, tepatnya jadi Arrowhead Mountain di Beyond the Wall, tempat lahirnya the Night King, dan tempatnya Bran Stark ketemu Night King plus tentaranya. Tentunya scene Game of Thrones diambil waktu winter, pas semuaaanya ketutupan salju.

Kirjufellfoss winter + Game of Thrones scene. Foto dari sini dan sini

6. Midnight sun di Snæfellsnes Peninsula

Abis dari Kirkjufell, sebenernya kita udah ga ada ekspektasi apa-apa. Udah puas soalnya, ibaratnya tujuan utama hari ini udah check. Niatan awalnya mau langsung cari campsite, terus langsung tidur. Tapi karena cuaca kebetulan bagus, langit masih terang, dan kita juga belum ngantuk, akhirnya kita mutusin buat explore Snæfellsnes Peninsula.

Budir Black Church

Ternyata Budir ini dusun kecil yang isinya cuma hotel sama gereja. Disini ada gereja item yang didesign khusus buat bertahan di tengah cuaca Iceland yang kadang gak kenal ampun.

Katanya gereja ini populer di kalangan potograper, tapi menurut Sibucik sih B-ajah. Yang bagus malah pemandangan di sekitarnya. Beuuuuhhh cakep.

Sekitar Budir

Arnarstapi

Abis dari Budir, kita mampir ke Arnarstapi. Lagi-lagi, ga ada ekspektasi sama sekali. Awalnya kita cuma mikir yaa liat-liat sebentar terus ciao lagi. Gak nyangka, ternyata disini bagus banget.

Arnarstapi coast

Rupanya, Arnarstapi itu nama desa nelayan di kaki gunung Stapafell. Desanya sendiri ada di dekat tebing yang menjorok ke laut. Kita bisa nyusurin pinggiran tebingnya lewat jalan setapak panjang yang diapit padang rumput dan laut. Air lautnya jernih, kita bisa liat jelas dasar lautnya.

Daya tarik utama Arnarstapi coast ini adalah susunan batu-batu besar di pinggir laut, salah satunya Gatklettur, batu besar yang bolong di tengahnya karena diseruduk air dan angin.

Gatklettur

Selain Gatklettur, ada juga rock bridge yang bisa dilewatin orang. Hiiiii Om Duke aja deh, Sibucik terlalu penakut buat ke tengah situ.

Rock Bridge

Kata Om Duke, ternyata rock bridge ini sarang burung. Dari deket keliatan ada banyak cirit burung dan burung-burung yang lagi tidur. Bener aja, pas dizoom fotonya, ternyata putih-putih yang di batu itubukan warna batu tapi cirit burung beserta burungnya lagi ngajedog di tengah-tengah cirit sendiri. Hahahaa.

Ranjau burung beserta tersangkanya

Sudah, jangan kelamaan bahas cirit burung. Karena betah, ga ada orang sama sekali, dan masih cenghar, kita jalan nyusurin coastal walknya. Aiiiiih enak suasananya buat mincuk.

Coastal walk

Makin lama, makin bagus aja langitnya. Menurut Mbah Gugel, ternyata summer di Iceland memang ga pernah gelap, tapi dapet midnight sun alias twilight sky kayak gini selama lebih dari 3 jam di tengah malem. Begini weh terus penampakannya sampe jam 3 subuh. Cakep bats. Hoki banget pula kita dapet cuaca bagus. Ini pertama kalinya kita ngerasain midnight sun, karena kemaren-kemaren pas tengah malem kita either keburu tidur atau cuaca berkabut.

Puncaknya, kurang lebih jam setengah 1 kayak begini nih penampakan si langit – gradasi warna pink, ungu, biru, oren yang dramatis. Warnanya mentereng banget, liat pake mata kepala sendiri pun memang langitnya ngejreng kayak begini.

Midnight sun

Arnarstapi fishing village

Londrangar

Kita kesini numpang lewat doang. Sibucik sebenernya udah gak napsu mampir-mampir lagi, tapi kata Om Duke kepalang kagok, sayang kalo gak dimampirin karena cuma tinggal jalan dikit dari parkiran. Padahal Sibucik udah kebelet pipis. Saking kebeletnya sempet kepikiran hmmmm harus kah public urination di semak-semak? Wkwk tentunya engga dong, takut bisi ga sopan ke setan viking.

Begini doang gan penampakan Londrangar, rada bingung apa spesialnya soalnya tempat ini lumayan populer. Setelah browsing-browsing ternyata bagusnya malah pas winter.

Udah mah B-ajah, bau ikan asin pula disini haha. Ga tau tuh bau ikan asin dateng dari mana. Cusss ciao aja kita, meluncur ke campsite.

7. Hellissandur campground

Syuuunggg meluncur ke campsite di Hellissandur. Ini juga salah satu campground yang direkomendasiin rental mobil. Tentunya gak mengecewakan. Walau groundnya kecil, fasilitasnya lengkap dan bersih. Viewnya pun bagus karena menghadap laut. Untungnya ga bau ikan asin kayak di Londragar barusan haha. Besok kita review lengkapnya ya. Sekarang kita tidur dulu.

Sebelum tidur Sibucik baca HarPot dulu. Sejak Warner Bros studio tour minggu lalu, jadi ga bisa move on dan pengen baca lagi seluruh seriesnya dari awal. Gak lupa cekrek dulu dong. Aiiiish udah kayak artis Pinterest aja Bucik.

Ala-ala

Ini posisinya udah jam 3 pagi. Tapi Sibucik masih belum ngantuk juga. Ini pasti aftermath bangun kesiangan jam 12 tadi neh! Huwaaa gimana ini Patrick, jangan sampe bangun kesiangan lagi. Bismillah, pasang alarm, paksa tidur. Besok kita explore Golden Circle!