Numpang Lewat di Milano

Avatar
Latest posts by Om Duke (see all)

Assalamualaikum ya akhi ukhti sadayana, kembali lagi bersama Om Duke di post kali ini. Tidak terasa Ramadhan sudah mulai dan Om Duke sudah batal sekali karena kelelahan (duh!). Meskipun selalu ngiler pas Sibucik maem, ngemil dan makan-makan es krim, tapi Om Duke selalu berusaha keras untuk menahan godaan. Konon katanya bulan Ramadhan setan-setan terbelenggu, tapi tetep aja ternyata godaan paling besar ada di depan mata, yaitu pas Sibucik bilang “udah gapapa kalo gakuat, buka aja kan musafir hehehe” hahahaha langsung tergiur kan, mana keliatannya makanan-makanan disini enak-enak semua. Hadeuh dilemma. Mindset Om Duke sekarang pokoknya harus kuat puasanya, kalopun gakuat, batalnya harus dengan makanan yang nikmat #eh hahaha ga deng. Yuk ah markidot jalan-jalan kita hari ini.

Kamis, 7 April 2022 – Numpang Lewat di Milano

Hari ini kita bangun ga terlalu mepet imsak, rencananya sahur kali ini kita bakal masak spageti yang simple, nyeduh cikupi dan ngemil snack-snack lucu yang dibeli di supermarket deket AirBnB. Dengan kekuatan microwave, foilaaa, jadilah spaghetti bechamel ala Om Duke, makanan siap dalam sekejap.

Sahur dulu gan

Om Duke hari ini makannya banyak, supaya puasanya kuat. Hahahaha berasa bocah bgt ya. Sementara Sibucik cuma nyicip dikit-dikit aja karena niatannya bakal ngemil di Milan. Temen Sibucik asal Itali sempet bilang 2 hal, yang pertama nyari makan di Itali mah bisa dimana aja, mau warteg mau restoran semuanya ngeunah, yang kedua di Itali banyak banget cemilan-cemilan yang menggugah selera, apalagi di Milan.

Pas banget sebelum caw ke Itali, Bucik ngobrol sama temennya yang warga lokal Como, trus ceritalah panjang kesana kemari ngalor ngidul seputar Itali. Pas ngomongin makanan, muka temennya langsung berbinar-binar bagai teteh-teteh Bandung yang lagi ngantri pesen seblak. Hahahahaha apa pula ini tiba-tiba ada seblak, asli ini Om Duke tiba-tiba kangen makan seblak sebelah Baltoz. Intinya mah berhubung Sibucik lagi ga puasa, nanti di Milan Bucik bakal ngemil-ngemil lucu di tempat yang direkomendasiin temennya.

Yuk ah lanjuuuuut. Abis sahur, mandi, siap-siap, pake deodoran (wajib untuk melindungi diri sendiri dan orang lain haha), pake baju, beresin AirBnB barulah kita siap checkout dari penginapan.

1. Otw Milan

Sama kayak hari sebelumnya, kita jalan kaki dari penginapan ke pangkalan ferry (anjay, udah kaya pangkalan angkot aja ya haha). Rute hari ini kita bakal ke Milan pake kereta. Ada dua alternatif sebenernya, naik ferry dulu ke Varenna trus keretaan ke Milan, ato naik ferry balik ke Como City baru ke Milannya lanjut keretaan. Kita mutusin opsi pertama yaitu ke Varenna soalnya jadwalnya paling cocok dan waktu tempuhnya paling sebentar. Karena keitungnya kita dateng ke pangkalan ferry pagi, jadi sepi banget ferrynya. Saking ga ada orangnya ferrynya serasa milik berdua. hahaha

Angkot ke Varenna

Dari pangkalan Varenna kita jalan 5 menit ke stasiun kereta. Nunggu bentar, keretanya on-time kita langsung syuuuung menuju Milan.

Varenna Station

Milano Station

Pas di Milano station, kita langsung kepikiran “kalo seharian ngegembol tas, bisa-bisa encok lagi nih”. Untungnya disini ada tempat penitipan tas. Kita mikirnya mumpung nanti juga ke bandara keretanya dari sini, yaudah aja kita titip aja tasnya, itung-itung meringankan beban puasa. Haha.

Dari Milano station kemana-mana udah enak, bisa naik metro ato bus. Niat awalnya kita mau naik bus supaya di jalan kita bisa liat surroundingsnya Milan kaya gimana. Eh niatnya gagal, pas mau beli tiket bus di tabacchi (warung ududnya Itali haha), ternyata beli tiketnya harus cash. Alah siah, Sibucik dan Om Duke mana pernah megang cash. Sebagai bagian dari cashless society dan lesscash (baca:tidak berduid hahaha), kita jarang banget megang cash, kemana-mana kalo ga tap hengpong, paling pake debit card. Jangankan di Itali, di UK aja jarang banget megang cash pon. Sekali-sekalinya narik duit, cuma kalo mau ke Lan Hong doang beli makanan paporit Bucik dan Om Duke (luv).

Oke skipskip, intinya jadinya kita naik metro dan menuju Duomo untuk ngeliat landmark-landmark yang ada di kota Milan.

2. Milan

Di Milan sebenernya kita ga ada niatan khusus mau kemana-mananya, pengennya chill aja hari ini strolling Milan santai sambil beli oleh-oleh buat Mamak-mamak kita tercinta. Sibucik dan Om Duke sudah puas dengan 2 hari kemarin di Lake Como, karena foto-fotonya cakep bener. 2 hari terakhir kita berhasil “re-branding” dari pasangan caleuy, caludih (baca: cakep lucu idih), dan tidak menarik di depan kamera, menjadi pasangan yang keliatannya mapan, elegan, bergelimangan harta, dan penuh estetika. Sedap bukan hahahahahaha.

Sesampainya di Duomo, sudah sesuai perkiraan. Rame bangeeeeet, alamaaaak rasanya pengen cepet-cepet foto tempatnya sebagai formalitas trus lanjut ngopi-ngopi cantiiik hahaha. Sayang sekali Patrick, karena lagi puasa jadi bingung juga mau ngabisin waktunya kaya gimana. Alhasil Om Duke cuma jadi ajudan Sibucik aja selama Bucik jepret sana jepret sini. Maklum, kamera HPnya asset paling berharga, jadi perlu pengamanan ekstra takutnya lagi rame gini banyak copet ceunah mah.

Dari Piazza dan Duomo di Milano, kita juga ke Galleria Vittorio yang persis sebelahan. Galleria Vittorio ini semacam mall yang isinya barang-barang branded semua. Kita disini ga ngapa-ngapain, mau mampir juga segen soalnya dari segi setelan dan uang ga masuk. Misal mau sosoan masuk juga udah kebayang sih bakal dijudge kaya gimana hahahaha.

Cekidot hasil jepretan Sibucik selama di Piazza del Duomo, Duomo di Milano, dan Galleria Vittorio.

Piazza del Duomo

Duomo di Milano

Galleria Vittorio

Notice perbedaannya sama foto-foto kemaren? Foto di atas ga ada kitanya sama sekali, soalnya hari ini kitanya udah kembali caleuy sehingga kurang estetik hahahaha. Jangan-jangan pas di Lake Como kemaren ada magicnya nih, suasananya yang romantis dan tempatnya yang asri bisa nyihir foto biasa jadi kece banget.

Abis jalan-jalan di sekitaran Piazza del Duomo, Sibucik dan Om Duke pun laper. Langsunglah kesempatan Sibucik beli cemilan di Luini. Luini ini terkenal banget, ratingnya bagus dan udah ribuan orang yang ngereview. Tercermin sih dari antriannya yang nguler, selama ngantri Om Duke cuma bisa ngiler haha soalnya yang makan nanti cuma Sibucik. Temen Sibucik juga ngerekomendasiin tempat ini, dan udah wanti-wanti bilang, “Pas di Milan tong hilap nyobaan Luini, kudu-mesti-pisan-wajib-nyobian ini mah. Gapapa ngantri aja toh itu antriannya cepet kok jangan khawatir.”.

Ngantri Luini

Beres ngantri akhirnya Sibucik beli 2 panzerotti a.k.a gorengan ala Itali, beli satu yang rasa asin isi tomat keju satunya lagi manis isi custard sama berry. Udah seneng tuh pas keluar bawa 2 cemilan, kirain Om Duke bakal dipaksa makan karena kasian. Udah nyiapin scenario bakal nolak dulu trus akhirnya “yaudah deh kalo maksa” Hahahahaha eh ternyata dua-duanya buat Sibucik, katanya sayang udah disini dan males pula kalo mesti ngantri panjang lagi jadi mending langsung beli yang asin sama manis biar ga penasaran. Kalo dari testimoninya Sibucik ternyata lebih enak yang asin, yang manisnya kurang syip.

Gorengan Itali

Panzerotti

Abis ngemil kita lanjut jalan disekitaran Duomo buat beli oleh-oleh buat Mamak-mamak kita di rumah. Seperti biasa, kita beliin piring pajangan cantik buat Mamak-mamak, dan beli snowball buat kita sendiri. Abis itu random banget kita mampir ke dealer Vespa, bukan buat beli motor tapi beli miniatur motor buat abang ipar kita yang hobi banget Vespa. Emang kualitasnya beli di toko resmi Vespa sama kios oleh-oleh beda banget sih, yang di dealer cakep banget asli. Liat aja tuh perbandingannya di bawah. Hahahaha

Vespa-vespaan

Nah abis dari beli oleh-oleh, kita mulai bingung. Mau kemana lagi nih? Waktu masih panjang, flight masih lama. Sempet berlarian kesana kemari tanpa arah, akhirnya kita googling tempat estetik di Milan dan sampailah kita di Arco della Pace. Bentukannya cuma gitu aja sih, ada gerbang ada kuda. Udah weh. Kalo kata Sibucik disini itu tempatnya (sok Bucik isi fun fact dulu gan). Apdet Bucik: ga ada fun fact gan, ini mah gerbang kuda weh ngajedog siga depannya komplek Ciputra tapi versi sopistiketid. Over to Om Duke.

Disini pun lahir pose baru sibucik yaitu duduk manis sambil pose manja menghadap samping. Hahaha

Arco della Pace

Beres fofotoan kita neduh dulu bentar di Parco Sempione yaitu taman di sebelah Arco della Pace. Pas lagi ngaso2 baru kepikiran mending rute selanjutnya kita ke San Siro aja, biar bisa nyombong ke temen-temen Om Duke pecinta AC dan Inter Milan. Agak effort emang pas kesini soalnya tempatnya ga di pusat kota. Pas dateng ebuseeeet, tempatnya buluk amat. Sekitarannya kurang rapih gitu dan banyak graffiti-grafiti alaynya. Sekilas sih bisa disimpulkan ini lingkungan kayanya banyak remannya alias mafioso. Hahaha.

San Siro Stadium

Udah kepalang dateng kitapun mampir ke Milan store di dalem stadionnya. Baru ngeuh juga ternyata toko souvenirnya AC milan sama Inter Milan jadi satu, inter di wing kanan AC milan di wing kiri. Trus pas diliat lagi lah ko kasirnya cuma satu, bener-bener orang kalo beli cuma dibedain kreseknya aja hahahaha kocak.

Milan Store San Siro

Sibucik cranky karena kelaparan. Ternyata cemilan tadi ga cukup hahaha. Dan emang ada satu lagi makanan yang Sibucik pengen nyobain yaitu Cotoletta alla Milanese. Akhirnya dari San Siro kita mampir ke satu tempat lagi yaitu Piazza Gae Aulenti, soalnya pas searching-searching disini ada foodcourt buat mamang-mamang kantoran. Ternyata bener aja pas dateng tempatnya cem SCBDnya Milan.

Piazza Gae Aulenti – Semacam SCBDnya Milan

Pas dateng loh ko pada tutup, ternyata kalo sore-sore di Milan banyak resto yang tutup. Aneh ya? Om Duke pun bingung. Yowes lah akhirnya nyari lagi tempat terdekat yang buka dan jual Cotoletta alla Milanese dan sampailah kita ke Amami Ristorante Pizzeria Caffè. Pesen aja kan kita, alamak seporsi 30 yuro, buseeet ini porsinya sebanyak apa. Bener aja ternyata porsinya banyak banget, ini sih porsi berdua. Dan ternyata cotoletta alla Milanese tuh daging katsu. Aiiiish hahahaha. Om Duke yang gabisa nyicipin langsung kebayang Hokben sama Yoshinoya aduh meni ngeunah.

Amami Ristorante Pizzeria Caffè

Cotoletta alla Milanese

Darisini kita bergegas ke Milano Centrale buat ngejar kereta. Kita ngebut banget naik metro nyampe Milano Centrale lanjut ngambil gembolan tas, trus lari-larian ngejar kereta.

Astagfirullah lagi puasa malah ngeshare yang seksi-seksi hahaha. Maksudnya kita lari-larian dengan kecepatan forest gump. Syuuuung.

3. Ngemper mania mantap

Yeay akhirnya nyampe di bandara. Saatnya berbuka puasa. Om Duke berbuka pake Cotolleta yang tadi ga abis. Niatannya emang ga mau makan banyak-banyak takut ntar mules pas di pesawat. Lagi nungguin boarding, eh ada pengumuman pengumuman kalo pesawatnya delay. Kesel sama Ryanair telat wae, tapi disisi lain bersyukur karena kalo ga ada Ryanair kita pasti ga akan jalan-jalan hahahaha. Ah yasudahlah Om Duke akhirnya beli burger sama bomboloni lagi meh kenyang.

Buka puasa Om Duke

Gara-gara Ryanairnya telat 2 jam, kitapun jadi kelewatan kereta terakhir ke Cambridge. Mau gamau kudu bermalam di bandara dan ke Cambridge nunggu kereta pertama subuh. Udah takut aja ntr tidur dimana di Stansted, ternyata pas nyampe banyak temen! Hahahaha.

Sesama traveler kopet gogoleran siga sarden

Ngemper semaleman di Stansted

Kita pun jelepokan aja ngikutin yang lain asal nemu spot yang kosong. Selama ngemper niatnya tidur tapi gabisa. Jadinya semaleman kita nonton yutup sama liat meme di IG. Om Duke pun sahur seadanya disini beli meal deal yang masih buka.

Wah ini malem berasanya panjaaaaang banget. Duduk ga enak, tiduran juga ga enak. Rasanya pas udah deket-deket subuh udah lega soalnya sebentar lagi jadwal keretanya. Jam 5an kita naik kereta ke Cambridge dan foilaaa nyampe rumah. Kasur yang selama ini kita bilang ga enak, jadi berasa enak banget dan kitapun tidur seharian hahahaha.