Road Trip Jakarta-Bali, Januari 2021 – Part 1

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

­­Samlekum!!

Gak kerasa udah seminggu kita tinggal di Bali. Aiiihhhhh enaknyoooo. Post kali ini langsung jebret per minggu dan bukan per hari seperti biasa soalnya Sibucik capek gan, jalan-jalan melulu. Langsung aja kita simak tanpa banyak basa basi busuk yes….

Ke Bali dalam rangka apa sih? Buat latihan sebelum pindahan kesini kalo dah pensiun nanti huahahahuahahaha. Gak deng, alasan yang sebenar-benarnya adalah karena mumpung WFH dan ingin menghabiskan waaanggg. Mantap teu? Udah lama kita kepikiran pengen kerja dari Bali, tapi kalo naik pesawat takut kopid. Maka dari itu berangkat lah kita ke Pulau Dewata naik Samsul Mobilio! Go Samsul go!!

1. Road trip Jakarta-Bali

Sabtu 16 Jan 2021 kita berangkat dari apartemen jam 6.30 WIB. Berbekal bensin full tank dan perut yang full tank juga, cemilan dan cikopi, bekal indomie + telor ceplok + rendang andalan Andung, dan saniter seabreg-abreg, kita pun ciao lewat tol lintas Jawa. Tujuan hari ini ke Surabaya dulu. Sebelumnya kita udah book AirBnB di apartemen Tanglin, sengaja ga di hotel biar ga pake AC central.

Rute kita hari ini

Perjalanan ke Surabaya jaraknya hampir 800km tapi cepat dan convenient sekaliiii karena full tol dan jalannya lurus luruuusss terus dan sepi! Walaupun alon-alon asal kelakon, karena jalanan lancar jaya alhamdulillah jam 3.30 sore kita udah sampe di AirBnB di Surabaya. Walaupun sempat nyasar karena letak apartemennya agak membingungkan, tapi Airbnbnya enak nyaman dan bersih sekaliiii.

Terus di surabaya kita beli bebek goreng buat makan malem tapi ternyata ga terlalu enak hiksss. Abis makan, pules banget tidurnya alhamdulilah.

Minggu 17 Jan 2021 pagi-pagi buta kita bangun terus berangkat ke Bali jam 6. Perjalanan ke Bali kurang lebih 400km. Tol dari Surabaya berhenti di Probolinggo, terus seterusnya sampe ke Bali ya pake jalan biasa yang cuma 2 jalur beda arah. Alhasil perjalanannya lebih lambat.

Di Banyuwangi kita berenti sebentar di warung makan buat beli makan siang (dan karena Om Duke tiba-tiba disuruh kerja, groaaarrrr kenapa si). Kita randomly pilih warung yang parkirnya enak, eh ternyata makanannya enak sekali!!!!!!! Ayam kampung goreng sambel ijo sama ayam betutu goreng. Sampe skrg masih kepikiran rasa ayamnya dong, slurp enak bats. Setelah kenyang kita ciao ke pelabuhan dan naik kapal ferry. Horeeee bahagia banget liat pulau Bali dari tengah laut. Setelah turun kapal, kita jalan lagi dan sampe di AirBnB kita di Canggu jam 17.30 WITA alias jam 16.30 WIB.

Villanya enakeun lur, luas dan tempat tidurnya wuihhhhh superking alias 2×2.1 m jadi super koji alias cozy buat gulingguling. Tapi waktu baru sampe Sibucik sempet marah-marah karena lantainya kotor sekaliiiii yaaaa ya ampun. Sibucik pun langsung komplen ke empunya pilla. Untungnya mbake fast respon jadi besoknya langsung dibersihin. Sibucik pun gak marah-marah lagi hahaha.

2. WFH di Bali

Senin 18 Jan – Kamis 21 Jan 2021. Dari hari Senin sampe Kamis kita full kerja karena ora iso cuti. Rutinitas kita selama WFH di Bali adalah bangun pagi, jalan kaki sampe pantai, pulang ke AirBnB, sarapan, mandi, jam 10 buka laptop, jam 1 cari makan siang di sekitar Canggu, kerja lagi sampe sore, jam 6an ke pantai buat liat sunset, terus ditutup dengan nyari makan malem yang agak jauh naik Samsul. Kalo sempet, sebelum tidur Om Duke belajar jimet dulu ditemenin Sibucik (tapi biasanya sih langsung tidur atau marathon nonton Bridgerton di netplik wkwkwkwkwk). Nikmatnyaaaaaaaa.

Ngomong-ngomong tentang Bridgerton, TERNYATA NAGIH UGA YA! Agak ngeselin dan cliche ceritanya, tapi who cares selama ada Duke of Hastings?? Buahahahahaaa….. Ketauan banget ya nonton ini cuma buat liat mamang Simon Basset. Sampe senyum-senyum sendiri nontonnya tuh.

KYAAAA SIMON *meleleh*

Lick it, Your Grace <3

Astaga. Seumur-umur baru kali ini tau rasanya fangirling WKWKWK.

Skip skip!!!

Setelah ke 3 pantai yang ada di Canggu, kita berkesimpulan bahwa kita paling suka Pantai Batu Mejan. Pasirnya item gelap dan bersiihhh (eksotis cem Om Duke), ombaknya besar, dan ada batu-batu gede di pinggir pantainya. Apalagi kalo sunset dan langitnya lagi cerah, wah cakep bingit.

Sayangnya, seminggu pertama kita di Bali cuacanya hampir selalu mendung dan hujan. Tapi waktu kita pertama kali Pantai Batu Mejan kebetulan awannya gak terlalu tebal jadi kita bisa enjoy pemandangan sunset yang mantabs.

Pokoknya enak tinggal di Canggu, jalan dikit ketemu sawah. Jalan dikit lagi ketemu banyak makanan enak. Mau kafe kekinian, mau warung-warung lokal, semuanya ada. Pantainya juga deket dan bagus sekali.

Kekurangannya adalah: banyak dogo dimana-mana. Mending kalo anjing peliharaan yang trained dan well-behaved, ini yang berkeliaran tuh anjing liar yang tingkahnya begundal!! Tiap jalan pagi Sibucik mesti struggling kalo lewatin dogo, ga boleh jalan terlalu cepat atau liatin mereka. Kalo gak, digonggongin. Huwaaaaaaa. Hari pertama kita di Canggu, kita digonggongin anjing pas mau otw ke pantai Batu Bolong, padahal kita udah act cool. Sibucik sampe ngibrit masuk ke toko hahahahahaa.

Tapi ga semua anjingnya nyeremin sih, waktu kita ke laundry Sibucik disamperin anjing kecil lucu yang tiba-tiba mendekat pas kita mau naik mobil. Walaupun lucu dan harmless tapi tetep aja Sibucik takut HAHAHA. Persis kayak begini nih tampangnya si dogo pas tiba-tiba muncul di kaki:

Tatapannya seakan berkata, “bucyiiiiiiiiiiiik?” :3 *kibas-kibas ekor*

Dan ini dia penampakan si dogo uchul (motonya dari dalem mobil soalnya atut kalo deket-deket nanti loncat wkwk)

Ohiya waktu hari Selasa kita dapet hasil IELTS kita yang alhamdulilah memuaskan!!! Yeaaaayyyyy dah cukup buat daftar ke univ bagus xixixixi. Mantul bosque.

Daannn selama di Canggu kita explore makanan banyak sekaleeee mulai dari kafe kekinian sampe nasi jinggo 5ribuan sampe masakan Sibucik dan rendang Andung xixixixiiii.

Aih, sedap

3. Explore Bali!!! Yeay liburan yang sesungguhnya

Walaupun Sibucik ga bisa block leave (karena ada audit) dan Om Duke ga bisa cuti lama (karena well…. Namanya juga kerja di lembaga negara, cuti is a crime *doh*), kita bisa cuti hari Jumat dan Senin sehingga kita punya waktu untuk jalan-jalan 4 hari!!! Yeaaaayyyyy so happy ini waktunya kita explore Bali!!!

Jumat 22 Jan 2021 jalan-jalan ke Legian. Karena ujan, kita neduh dulu di Joger Kuta sambil cari oleh-oleh buat ponakan-ponakan yang piyik-piyik.

Terus kita jalan di sepanjang pantai Legian, ceritanya bakar kalori sebentar sebelum makan cem orang gila nanti malem wkwkwkwk.

Abis jalan-jalan, kita makan ayam taliwang yang UGHHHH ENAK BANGET KENAPASI. Untungnya si ayam taliwang ada tempat outdoor dan sepi jadi kita merasa aman makan di tempat hohoho. Kita pesen ayam bakar plecing, sate pusut, sama plecing kangkung. Bener-bener terbaikssss.

Sabtu 23 Jan 2021 kita ke ubud. Tujuan utamanya adalah mau makan nasi ayam Kedewatan yang sudah dirindukan Om Duke dari jaman kapan tau wkwkwkwk. Seperti biasa, nasi campurnya ngeunahhhh duluuur. Wenake pol!!!

Terbaik se-regional

Abis makan, niatnya sih mau hiking lucu ke Campuhan Ridge Walk tapi eh ujan!!! Hufttt akhirnya kita jalan ke Tegallalang buat nunggu ujannya berenti. Pas udah disana ternyata sawahnya B ajah, karena lagi botak mereun ya. Asa bagusan persawahan yg di daerah Canggu gitu. Akhirnya liat-liat sebentar dan karena tiba-tiba ujan lagi, kita bergegas ke mobil dan balik ke Ubud center.

Di perjalanan dari Tegallalang ke Ubud center, ada banyak toko-toko kecil yang jual handicraft yang tradisional dan artistik sekaleeee. Tentu sajaaaa kusuka sekaliiii yang artsy-artsy kayak begini. Kita mampir sebentar kotak kecil anyaman sama talenan + nampan kayu jati buat di apartemen.

Di Ubud center, kita makan eskrim kelapa di Tukie’s sama waffle + gelato di Gelato Secret. Abis itu kita pulang ke AirBnB, mandi, goler-goler, terus makan sushi sampe kekenyangan di Waroeng Sushi yang murah dan cocok banget di lidah kita karena rasanya gak terlalu Jepang alias lots of mayo and kremesan hahahahaha.

Minggu 24 Jan 2021. Waktu bangun pagi cuacanya cerah!!!! AYOK BERGERAK KITA KE PANTAI, JANGAN MALASSSSSI!!!

Pagi-pagi, kita sarapan Indomie goreng + telor dan Om Duke video interview dulu buat Imperial College. KYAAAAAA SEMANGAT QAQA! Bismillah yah semoga jebol Imperial Kolejnya aamiiiin. London, beibihh!!!! Setelah interview, kita mandi dan siap-siap untuk ke Pantai Melasti dan Jimbaran yang sudah kutunggu tungguuuuuu. Kalau dari foto-foto di Instagram sih pantai Melasti ini bagus dan masih sepi pengunjung.

Ciao lah kita ke pantai melasti dan sampe di tujuan jam 11 daaaan…. Pantai melasti cakep sekaliiii, bersih gak crowded, dan tertata rapi. Pasirnya putih, airnya jernih, ombaknya tenang, ada banyak warung makan, dan ada toilet yang decent.

Setelah bosen menyusuri pantai, kita makan bakso sama minum kelapa muda di warung tenda. Slurp, sueger.

Abis dari melasti, kita ciao ke Jimbaran buat makan seafood!! Yeaaaayyyyy. Awalnya kita masuk ke Menega Cafe tapi karena harganya mahal kita ga jadi beli disitu dan melipor keluar dengan muka tebel. Wkwkwkwk memalukan tapi kocak pisun. Akhirnya kita makan di warung yang sama dengan waktu kita hanimun, namanya Radja Seafood. Tempatnya decent sekali, walaupun indoor tapi sirkulasi udaranya bagus karena terbuka dan ga ada tamu lain selain kita. Kita pesen set silver: ikan, udang, cumi, kerang. Minumnya soda gembira. SLURRRRPPP! Rasanya enak tapi entah kenapa kok gak se-bombastis waktu kita hanimun. Waktu itu asa enaaaaaaakkkk banget. Skrg rasanya agak “meh” gitu.

Terus kita ke krisna yang gede di Sunset Road beli oleh-oleh kain bali sama kacang-kacangan. Pas lagi liat-liat kacang, kita tiba-tiba disamperin sama mas-mas Krisna terus dikasih voucher foto pake baju adat bali gratis!!! Uwaaawwww mendengar kata gratis langsung lah hidungku mekar wkwkwk. Karena gratis, kita pun dateng ke studionya terus minta dipotoin. Mang, mau dooong dipoto gratis pake vocer xixixxiiii.

Singkat cerita, kita dipakein baju adat yang nuansanya ungu dan sibucik didandanin dulu biar cem orang Bali. Uwaw lucu sekaliiiiii hahahahahaha. Hasilnya? Anjaaayyy keren, Duke and Duchess of Hastings versi kearifan lokal iyeu mah HAHA.

Abis potosyut kita pulang ke AiBnB, mandi, goler-goler, terus eh kok laper ya xixixi. Lalu kita pesen donat, bomboloni, sama churros di Milk and Honey. Churrosnya ternyata enakeun!!!!

Karena masih laper dan pengen yang asin-asin, kita ciao lagi bareng si Samsul ke Sunset Road buat beli bubur di Warung Laota. Tadinya mau makan di tempat tapi ternyata indoor tanpa sirkulasi udara dan rame bingit!! Hiiiiyyyyy takut, akhirnya kita bungkus aja bubur daging cincang + telor rebus 1 porsi. Ternyata porsinya badig pisan bosquuuu. 1 porsi bisa jadi 2 mangkok. Rasanya? Enak. Banget. Huhuhuhu enak banget sampe terhura akutu. Aslina, enak pisun lur. Kaldu sapinya kerasa, dagingnya banyak, bumbunya light tapinya wanginya nampol. Samar-samar ada rasa-rasa kecap asin sama minyak wijen, duh pokoknya enak banget dimakan anget-anget. Bubur terenak lah ini.

Terus abis itu kita bobok nyenyak karena besok kita mau ke Bedugul!!! Cihuuuyyyy.