Scotland Road Trip day 2: Glenfinnan Viaduct

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

Rekap hari sebelumnya: berangkat sebelum gelap dari Manchester, explore Glasgow seharian, sorenya meluncur ke Airbnb di pinggir danau terpencil melewati jalanan gelap yang jauh dari peradaban.

Intro dulu gan

Hari ini agenda kita adalah pindah penginapan ke Isle of Skye, pulau di ujung utara yang jaraknya 200-an miles atau sekitar 300 kilometer dari penginapan kita di Cove. Karena lumayan jauh, malem sebelumnya kita bertiga berembuk dulu mau berangkat jam berapa dan berhenti dimana aja. Walaupun hari ini agenda utamanya adalah perjalanan ke Isle of Skye, ada banyak yang pemandangan menarik yang bisa diliat di sepanjang jalan, mulai dari pegunungan, danau, sampe kastil. Salah satu yang akan jadi highlight dari perjalanan hari ini adalah mampir ke Glenfinnan Viaduct, spot yang beberapa kali muncul di film Harry Potter.

Rute hari ini

Sabtu, 18 Desember 2021: Scenic Drive across Scottish Highland & Glenfinnan Viaduct

1. Misuh-misuh sebelum berangkat

ALAMAK!!! UDAH JAM SETENGAH 8????? Haiyaaahhhh gagal deh rencana sarapan santai sambil ala-ala menikmati pemandangan danau wkwkwk. Sibucik langsung cuci muka gosok gigi lalu ngibrit ke tempat tongkrongannya di dapur, manasin ayam kecap, dan masak wortel tumis telor buat bekal nanti siang sambil ngunyah roti bakar. Sementara itu, Om Duke dan si A sibuk packing barang-barang kita yang seabreg dan angkut ke mobil, termasuk dua keranjang makanan yang beratnya bukan main. HAHAHA aduh gak kebayang nanti tiap check-in check-out mesti angkat-angkat barang sebanyak ini.

Kira-kira jam 9, matahari mulai nongol. Wuiiiihhhh ternyata bener apartemen ini jadi bagus banget kalo udah pagi!!!! Sebelum berangkat, kita sarapan dulu sambil menikmati cuppa selayaknya orang British dan foto ala-ala dengan senyum penuh kepalsuan.

Ceritanya lagi meneropong masa depan sambil menikmati cuppa di Scottish Highland (padahal gelasnya kosong)

Setelah sarapan dan packing beres, kita turun ke parkirannya si Cecep, dan baru lah Sibucik melihat dengan lebih jelas pintu masuk yang semalem kita lewatin gelap-gelapan. Gile, ternyata tangganya gak cuma serem di malam hari, siang aja penampakannya ngeri hahahaha.

Bye bye Airbnb creepy~~~~

Apartemen kita yang paling atas

Suasana sekitar Airbnb

Sebelum berangkat, kita turun sebentar ke bebatuan di pinggir danau. Sebenernya Airbnb semalem not bad sih, apalagi dengan pemandangan kayak begini di depannya. Tapi kalo gelap emang serem banget hahaha.

Oke sudah cukup foto-foto palsunya. Sekarang kita berangkattttt!!!!!

2. Fort William

Wah, asli. Perjalanan menuju Isle of Skye BAGUS BANGET!!!! Terutama di sekitar Fort William, di kiri kanan kita gunung-gunung menjulang dengan danau dimana-mana. Ditambah lagi kebetulan pagi ini cuacanya cerah jadi semuanya keliatan jelas!

Di perjalanan begini aja terus pemandangannya, tapi bervariasi. Kadang jalannya diapit gunung menjulang, kadang ketemu danau besar yang mantulin warna langit biru. Duh, indah!!!

Di sepanjang rute, ada banyak tempat dimana orang bisa berhenti sebentar dan jalan di sekitaran situ. Kita parkirin sebentar si Cecep dan foto sama Glen Coe (atau bukan ya? Ini sotoy doang sih, teuing beneran Glen Coe atau bukan)

Glen Coe

Cecep Ceprolet si anak kecil yang jasanya banyak sekali <3

Gak lama kemudian, sampe lah kita di kota Fort William. Kotanya sendiri bagus banget, tentram, nyaman, persis di pinggir danau besar. Kabut tebal bikin suasananya makin magis dan adem ayem rasanya. Dimana-mana ada banyak aki aki nini nini, naga-naganya sih Fort William ini bukan cuma kota wisata, tapi juga kota pensiunan.

Di Fort William, kita mampir dulu ke Morrisons supermarket beli perbekalan makanan buat selama di Isle of Skye. Murah sekaliiiii, belanja buat 4 kali makan buat 3 orang dengan porsi seabreg-abreg cuma 18 pon saja. Padahal udah termasuk ayam, salmon, sayur-sayuran, buah, jus, dan macem-macem cemilan. Mantulitaaaa.

Disini kita belanja singkat dan agak buru-buru, soalnya pengen cepet-cepet ke Glenfinnan Viaduct, highlight of the day!!

3. Glenfinnan Viaduct

Pertama kali tau keberadaan tempat ini dari Zahratuljannah yang udah main ke Highland sampe 2 kali. Kalo gak gitu, mungkin kita gak tau deh kalo ada tempat sekece ini di rute kita. Yang bikin Glenfinnan VIaduct menarik adalah selain tempatnya dipake buat syuting film Harry Potter waktu Harry dan teman-temannya naik Hogwarts Express, disini beneran ada kereta uap yang regularly lewat sini!!!!! Sebagai seorang Potterhead, ngebayangin pengalaman menyaksikan Hogwarts Express lewat di depan mata aja udah bikin merinding disko.

Off-topic dulu gan, baru ngeh di jurnal ini kok sering banget ya Sibucik nyebut Harry Potter wkwkwkwk…. memang Sibucik ini fans berat HarPot, soalnya waktu masih SD sampe SMP kerjaannya baca HarPot bolak-balik beeeerrrrkali-kali. Sampe dibawa kemana-mana segala itu buku segede gaban. Bahkan waktu ulang tahun ke-11, Sibucik dengan polosnya menunggu ada burung hantu dateng ke rumah bawa surat pemberitahuan. Sibucik, yer a witch. Anjaaayyy.

Wkwkwkwk absurd memang imajinasi seorang anak kecil. Sibucik kecil gak kepikiran aja kalo Hogwarts itu cuma buat penyihir yang di UK. Sekarang setelah rada pinteran dikit, malah kepikiran….. kalo penyihir yang di Indonesia, mungkin yang bawa suratnya bukan burung hantu, tapi biawak……

Astaga, kocak banget ngebayangin biawak anter paket HAHAHA.

…….. terus kepala sekolahnya bukan Dumbledore, tapi Ki Joko Bodo. Mata pelajarannya bukan Defense Against the Dark Arts tapi Tolak Guna-Guna.

Sudah, sudah. Jangan kebanyakan berkhayal. Balik lagi ke topik utama.

Nah, singkat cerita, sampai lah kita di Glenfinnan Viaduct. Jarak dari parkiran ke Viaduct gak terlalu jauh, cuma 15 menit jalan kaki dan nanjak tipis-tipis.

Trek menuju Glenfinnan Viaduct view point

Kita disini cuma untuk liat Viaductnya ajah, ga nungguin kereta lewat. Soalnya kereta uapnya cuma beroperasi bulan April-Oktober huhu.

Glenfinnan Viaduct di tengah kabut tebal

Gloomy banget ya suasana winter ini. Di bulan April-Oktober biasanya ada kereta uap yang lewat, persissss Hogwarts Express. Di bulan-bulan itu pun pemandangannya lebih clear karena gak ketutupan kabut. Kalau kita naik sedikit dari spot tempat kita berdiri kita bisa liat background danau yang juga dipake syuting Harry Potter waktu Triwizard Tournament, kayak begini (gambar ambil dari Google):

Ya sudah lah, tetep cakep kok. Yuk, kita balik ke mobil. Setelah nanjak di tengah udara dingin, perut jadi laper. Kita makan bekal buatan Sibucik dulu di parkiran Glenfinnan Viaduct.

Makan siang hari kedua – ayam kecap & tumis wortel telor

4. Isle of Skye

Abis dari Glenfinnan Viaduct, kita langsung meluncur ke Isle of Skye. Di sepanjang jalan, kabutnya tebal sekali. Huhu sediiih padahal kita diapit gunung tinggi dan danau besar, pasti kalo gak berkabut pemandangannya spektakuler. Saking tebalnya si kabut, jarak pandang cuma beberapa meter. Om Duke nyetir dengan pelan dan hati-hati, ditemenin playlist yang terdiri dari lagu-lagu Justin Bieber, BTS, dan Yura Yunita kesukaan Om Duke (memang ini orang selera musiknya rada absurd), diselingi playlistnya si A yang lebih edgy, anak band teaaa.

Sekitar jam 5 sore, kita pun nyebrang jembatan kecil yang menghubungi pulau utama dan Isle of Skye lalu jam 6 kita sampe di Airbnb kita di Carbost.

5. AirBnB yang oke banget

Waaahhhhh ini Airbnbnya bener-bener di luar ekspektasi!!!! Di aplikasi Airbnbnya sendiri foto yang dipajang agak jelek dan kurang presentable, jadi ekspektasi kita adalah rumah yang sedikit creepy dan tidak terurus. Udah ngebayangin waktu masuk ke rumahnya bakal mencium bau apek dan debu, tapi surpisingly NYAMAN BANGET! Semua ruangannya bersih dan wangi, dapurnya lengkap dan luas, ruang tengahnya enak buat nongki-nongki, ada patio yang menghadap danau, dan kamar utama buat Sibucik dan Om Duke cem kamar hotel. Meanwhile si A tidurnya di kamar twin bed. Mengutip kata si A, “wah kamar gedenya kayak buat hanimun. Kalo yang ini kamar anak”. Hahahahahaha bener uga.

Tempat tongkrongan Sibucik selama 2 hari kedepan – dapur luas yang bikin makin betah masak.

Sesampainya di Airbnb, Sibucik langsung masak sop dengan sayuran yang seabreg-abreg dan ungkep ayam goreng buat jadi bekal besok siang. Sambil ngerebus ayam, Om Duke si sous chef bantu potong-potong sayur dan Sibucik mandi air anget yang rasanya aaahhhhh segernyaaaa!!!! Abis itu makan bareng bertiga di depan TV sambil nonton The School of Rock, ditutup dengan jus jeruk. Nikmatnyaaa~~~

Menu dinner hari ini: sop ayam dengan sayur seabreg-abreg

Sip lah, perut udah kenyang. Ayo tidur cepat, besok kita hiking!!!!