Scotland Road Trip day 7: Edinburgh

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

Rekap hari sebelumnya: hari yang membosankan di Falkirk, meluncur ke Edinburgh dan check in di Airbnb super nyaman di tengah kota.

23 Desember 2021: Kehujanan di Edinburgh

Pagi-pagi cuaca mendung, bawaannya jadi kurang excited buat kemana-mana. Alhasil cekikikan dulu bertiga sambil nonton Youtube-nya Vincent Desta sambil sarapan sereal hasil nambul di Airbnb di Falkirk.

Jam 12 siang, walaupun mager kita mulai paksain jalan ke arah city center di tengah hujan deras. Gloomy banget euy hari ini, menurut weather forecast bakal begini terus sampe 3 hari ke depan. Alamakjaaang… Cemmana ini, padahal katanya Edinburgh kota paling cakep se-UK raya tapi kalo ujan begini gak keliatan apa-apa lah kita.

Yasudahlah, kita ngider aja dulu yes…. Pake coat panjang, sarung tangan, boots anti air, markicao!

1. Calton Hill

First Stop: Calton Hill. Semacam bukit kecil yang katanya spot yang kece banget lah buat liatin sunset ala-ala #anaksenja. Kalo liat foto-foto di internet sih dari sini kuduna bisa liat pemandangan kota Edinburgh yang cakeup, tapi berhubung lagi hujan jadi yang keliatan cuma kabut hungkul *huft*.

2. Scott Monument

Kecewa karena di Calton Hill viewnya jelek, kita lanjut jalan ke Scott Monument, semacam monumen tua tinggi besar yang ngajedog di tengah kota Edinburgh. Uhuy pasti cakep nih karena desainnya kolot-kolot gitchuuu…. Tapi pas sampe di tempat…. Jiahhh ada christmas market! Lumayan ganggu pemandangan yha ada pasar kaget buricak burinong di tengah-tengah historical site yang vibenya jadoel.

Terlepas dari lokasinya yang ngeselin karena gak nyambung sama surroundingsnya, sebenernya christmas marketnya sendiri lumayan meriah dan ada stand makanan dimana-mana. Berasa “christmas banget”, walau sebenernya sih di PVJ Bandung pas musim natal juga mereun meriah begini sih.

*kencangkan masker*

Karena ngiler nyium wangi adonan yang manis, kita beli churros buat dicemilin di tempat. “Overpriced banget lah ya Allah jajan beginian 7.5 pon,” protes Sibucik dalem hati sambil ngunyah churros. Ya kali adonan digoreng seuprit 150 ribu!!!! Walaupun cuma ngotorin gigi tapi enak sih haneut-haneut di tengah hujan makan churros.

Churros mahil

3. St. Giles’ Cathedral

Lanjooot jalan ke katedral paling gede di Edinburgh, St. Giles’ Cathedral. Untuk menuju kesana, kita harus naik tangga terus menyusuri jalanan yang pinggir-pinggirnya bangunan tua semua. Bahkan di tengah hujan aja udah keliatan Edinburgh ini bangunan-bangunannya estetik sekaliiiii. Satu kota isinya bangunan tua semua dan beda dengan Cambridge yang dimana-mana jalanannya rata, Edinburgh ini berbukit-bukit dan punya banyak tangga di tengah kota.

Bagian depan St. Giles’ Cathedral

Masuk lah kita ke dalem si katedral. Kebetulan lagi ada pohon natal gede yang dipajang di tengah ruangan. Aih katedal ini bagian dalemnya cakep banget – langit-langit tinggi yang diukir, jendela kaca warna-warni dimana-mana, pilar-pilar tinggi. Megah pisun pokoknya, orang jaman dulu bikin bangunan sedetail dan sekeren ini tuh inspirasinya dari mana sih?

4. Edinburgh Castle

Abis dari katedral, kita nanjak sedikit ngelewatin jalan kecil ke Edinburgh Castle yang gak jauh dari situ. Jalan menuju Edinburgh Castle pun estetik banget karena banyak toko yang masang lampu dan dekorasi natal di kiri-kanan jalan. Bangunan-bangunannya pun cakep dan jadul, serasa lagi di Harry Potter world.

Gak lama setelah jalan dari katedal, sampe lah kita ke pintu masuk Edinburgh Castle. Dari luar sih biasa aja keliatannya, tapi pengunjungnya rame banget. Mungkin castle ini memang daya tariknya ada di dalemnya ya. Excited banget nih kita mau masuk, eh tapi tiketnya sold out sampe seminggu ke depan! Huwaaa sedih, kalo tiketnya laku keras pasti dalemnya bagus deh.

Gerbang masuk Edinburgh Castle

Karena ga bisa masuk Edinburgh Castle, kita lanjut menerjang gerimis dan mampir ke museum buat berteduh dari hujan.

Biasa aja sih isi museumnya. Skipppp……

Abis bengong-bengong di museum kita lanjut ke taman yang ada di sebelah si Edinburgh castle, Princess Street Garden. Dari taman, kita bisa liat dengan jelas Edinburgh castle yang iconic di atas bukit. Anjaaayy cem lagunya Ed Sheeran.

Edinburgh Castle dari Princess Street Garden

Kalo jalan sedikit menyusuri Princess Street Garden, lagi-lagi ada pasar kaget buricak burinong!!!

5. Ting Thai

Jam 3 siang, semua tempat yang mau kita datengin hari ini udah kecover semua. Atas rekomendasi temennya Om Duke yang tinggal di Edinburgh, kita lanjut makan di Ting Thai yang lokasinya di deket Princess Street.

Di Ting Thai, kita makan tom yam udang dan beef pad thai. Slurp mantap juga nih sekali-sekali makan di resto, walaupun teteup lebih enak masakan Sibucik xixixixxi….. *kibasrambut*

Makan siang di resto perdana sepanjang trip: thai food!

Abis kekenyangan makan, kita pulang ujan-ujanan walaupun masih jam 4 sore. Karena ujan jadi kurang seru nih hari ini! Makanya kita pulang cepet karena pengen goler-goler di rumah aja.

6. Perkedel mania mantap

Sesampainya di rumah, Sibucik yang memang pada dasarnya maceuh dan pantatnya berduri gak pengen langsung istirahat.

“DUUUUUUD! Sini bantuin kupas sama potong-potong kentang. Kita bikin perkedel!”

Alah siah…. Akhirnya si kentang seabreg-abreg dipergunakan juga huahahahaha.

Singkat cerita, Sibucik bergerilya di tempat tongkrongan paporitnya alias di dapur, dibantu sous chef Om Duke yang spesialisasinya potong sayuran. Ujung-ujungnya si A juga ikutan diberdayakan buat bulet-buletin perkedel. Mantap ini, gak lama kemudian jadi deh 30 butir perkedel. Sugoooooi! Fix 2 hari ke depan kita makan perkedel doang.

Asisten Sibucik

Sambil dua mamang sous chef bulet-buletin perkedel, Sibucik lanjut masak singkat menu makan malem hari ini: sapo tahu tanpa tahu (soalnya kemana-mana nyari tahu ga ada yang jual wkwkwk).

Makan malem hari ini: sapo tahu tanpa tahu (naon atuh)