Scotland Road Trip day 9: Edinburgh

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

Rekap hari sebelumnya: hiking lucu ke Arthur’s Seat, ngiderin Holyrood House, gak sengaja makan kaldu babi di resto Cina, pindah Airbnb, Christmas dinner sama temen-temen dari Indonesia.

25 Desember 2021: Edinburgh day 3

Hari ini hari terakhir kita di Scotland. Sedihnyaaaaa…. Tapi ibarat nyisain kulit kaepci buat dimakan belakangan, trip kita pun ditutup dengan baik sekali karena cuaca yang seharian cerah banget terang benderang dan hari ini Christmas Day sehingga satu kota kosong melompong!!!! Yeaaaaayyyyyy keprok dulu gan… Hari ini saatnya kita beneran menikmati kota Edinburgh!

Markidooot.

1. Portobello Beach

Setelah rempong check out dari Airbnb kita yang ada di lantai 5, kita meluncur ke Portobello Beach, pantai kota yang gak jauh dari Airbnb kita. Keren uga ternyata Edinburgh ini, di dalam satu kota ada semuanya: castle, bukit buat hiking, danau, monumen bersejarah, gedung tua di seluruh penjuru kota, taman-taman cakep, museum, sampe pantai juga ada!

Portobello Beach sendiri letaknya di sebelah timur Edinburgh, dan konon katanya kita bisa liat northern lights disini waktu lagi mid-winter. Mantep bener yes? Gak perlu jauh-jauh ke Norway buat liat Aurora Borealis.

Eniwei…. Meluncur lah kita dengan si Cecep lalu parkir di pinggir jalan. Beda banget nih landspacenya dengan pantai yang biasa kita liat di Indonesia. Di sepanjang garis pantai, ga ada pohon kelapa, tapi ada banyak gedung tua berjejer. Karena winter, udaranya dingiiiiin banget dan semua orang yang jalan-jalan di pantai pake jaket tebel.

Portobello Beach

2. Royal Mile

Kita gak lama-lama di pantai, karena anginnya kenceng banget dan kita kedinginan. Setelah dari Portobello, kita ke city center lagi. Walaupun di hari pertama kita udah ngider-ngider city center, kali ini beda karena cuacanya cerah dan jauh lebih sepi.

Parkir lah kita di deket Royal Mile. Ternyata waktu Christmas Day parkir di semua tempat gratis tis tis! Cihuuuuyyy lumayan banget nih.

Memang bener ya cuaca berpengaruh banget ke experience waktu lagi sight-seeing. Dengan langit biru dan sinar matahari yang terik, kota Edinburgh keliatan cantiiiiik banget!

Royal Mile

3. Victoria Street

Setelah puas jalan-jalan di Royal Mile, kita melipir ke Victoria’s Street yang ada di area yang sama. Ini cuma jalan kecil, tapi katanya mirip Diagon Alley yang di Harry Potter ituu. Di kiri-kanan jalan ada banyak cafe dan small shops warna-warni.

Victoria Street

Random alley di deket Victoria Street – gang kayak gini ada dimana-mana.

4. Calton Hill (lagi)

Karena penasaran, hari ini kita pergi ke Calton Hill lagi. Waktu pertama kali kesini, cuacanya jelek banget. Kabut tebal nutupin pemandangan, kita ga bisa liat apa-apa. Sekarang? Beuuuuh cakep beneeeer. Ini sih jauh lebih bagus dari pada Arthur’s Seat. Nanjaknya gak terlalu effort, tapi view kotanya lebih bagus dan monumen-monumen kota Edinburgh lebih keliatan dengan jelas karena letaknya gak terlalu tinggi.

Calton Hill

5. Dean Village

Setelah ngider-ngider pusat kota Edinburgh, kita makan bekal dulu di mobil. Menu makan siang hari ini cuma nasi pake ayam goreng ungkep, Sibucik udah males ribet-ribet wkwkwk.

Lalu kita meluncur ke arah barat ke Dean Village, desa yang letaknya cuma sekitar 5 menit naik mobil dari Princess Street. Nambah satu lagi deh fitur kota Edinburgh – siapa sangka di tengah kota besar ada desa cakep kayak begini!

Dean Village

6. Pulang!!

Finallyyyyyy setelah 9 hari on the road siga hobo, akhirnya kita pulang juga!!! Dengan ini, maka berakhir lah Scotland Road Trip kita!!! Horeeeee terima kasih Scotland, seru sekaliiiii~~

Bye bye Scotland, nanti kami main lagiiii~~

Sebenernya belom beneran pulang sih, karena Sibucik dan Om Duke malem ini masih numpang nginep dulu di apartemennya si A di Manchester, lalu besok kita mau mampir dulu ke Liverpool sebelum pulang ke Cambridge.

Sesampainya di Manchester, kita langsung meluncur ke apartemennya si A yang menurut standar Sibucik dan Om Duke udah mewah banget. Tapi setelah 9 hari terakhir nginep di Airbnb yang luas dengan 2 kamar dengan living room dan dapur kece, baru lah berasa jomplang banget. Waduh, masuk apartemennya A aja rasanya downgrade gini. Apalagi nanti pas pulang ke kamar sepetak hahahahahaaa.

Ya sudah, masih besok kok pulang ke kamar sepetak. Sekarang markibag mari kita masuk sleeping bag, besok lanjooot jalan ke Liverpool.