Yang Cantik-cantik di Buda Castle District

Avatar
Latest posts by Sibucik (see all)

Intro dulu gan

Area Buda memang gak se-luas dan se-rame Pest, tapi katanya sisi barat kota Budapest ini bener-bener picturesque. Makanya di hari ke-3 kita fokus explore area Buda, mulai dari ngejer sunrise di Fisherman’s Bastion sampe ngejer sunset di west bank-nya Danube River. Bener aja apa kata orang, view di Buda cantiknya ngadi-ngadi. Pas banget pokoknya buat jadi lokasi prewed. Punten ah Om Duke dan Sibucik jadi banci kamera dulu selama di Buda hihi.

Jumat, 21 Mei 2022: Ngider-ngider di Castle District

Kata beberapa travel blog, area paling cakep di Buda namanya Castle District. Katanya lagi, Castle District itu paling bagus waktu sunrise. Wuiiiih ide yang bagus nih, boleh lah kita bangun subuh-subuh buat ngejer sunrise disana.

Skip skip. Bisa ditebak, Om Duke dan Sibucik yang luar biasa kebluk gak kebangun cukup pagi buat beneran menyaksikan matahari nongol dari ufuk timur. Ahzek gak tuh bahasanya? Hahaha jijay. Alarm udah bunyi dari jam 4, tapi hayoh weh disnooze terus sampe jam 5. Ujung-ujungnya kita baru berangkat sekitar jam setengah 6, waktu matahari udah lumayan tinggi.

Huhu apa boleh buat, karena dah kesiangan, tanpa babibu tanpa mandi kita berangkat naik Metro nyebrangin sungai Danube ke Buda. Kali ini kita ga naik sepeda, tau diri soalnya pantat masih cangkeul banget akibat sepedahan di hari pertama.

Ternyata naik metro malah praktis bingit, perjalanannya lumayan cepet dan gak ribet. Tapi yang rada challenging, abis keluar dari Metro station kita disambut anak-anak tangga menuju Castle District yang rupanya ada di atas bukit.

Tangga-tangga menuju Castle District

Haiyaaahhh. Untungnya ternyata tangganya gak terlalu banyak, ga sampe bikin lutut gempor. Belom juga ngos-ngosan, eh gak kerasa dah sampe aja di Castle District!

Buda Castle District

Sebagai bekgron gan…. Buda Castle District ini bagian dari UNESCO World Heritage yang di dalamnya ada banyak landmark terkenal Budapest. Bisa diliat sendiri di papan informasi di atas, ada banyak banget tempat yang bisa diliat, mulai dari museum, monumen, gereja, sampe istana. Bisa dibilang Castle District ini pusat sejarah dan budaya di Budapest. Nah tapi karena emang dasarnya Sibucik dan Om Duke dua-duanya kurang betah jalan-jalan di museum (alias kurang cultured, uhuk) dan udah bosen liat-liat gereja, kali ini kita bakal fokus ke sunrise viewpoint yang katanya kece badai: Fisherman’s Bastion.

Markidooot.

1. Fisherman’s Bastion/ Halászbástya

Wadidaaaaw, niat hati mau liat sunrise, eh malah disambut sama kastil secakep ini!!!!

Fisherman’s Bastion dan Matthias Church di belakangnya

Nah tapi walau bentukannya persis kayak kastil yang ada di logonya Disney, Fisherman’s Bastion ini sebenernya sama sekali bukan kastil, melainkan benteng pertahanan yang juga bagian dari tembok Buda Castle. Nama Fisherman sendiri asalnya karena dulu di bagian bawah benteng ada fishermen’s town dan kadang towernya dijagain sama nelayan-nelayan yang tinggal disana.

Sibucik sempet kecewa karena kita gagal ngejer sunrise. Tapi pas sampe di tempat, langsung sumringah karena belum ada pengunjung sama sekali! Cihuyyy ada untungnya juga bangun pagi-pagi, kita jadi bisa maceuh dan foto-foto ga pake malu hahaha. Cekidot gan.

Tangga-tangga Fisherman’s Bastion

Fisherman’s Bastion Terrace

Dari atas teras sama towernya, kita bisa liat pemandangan Pest di seberang sungai. Daaaan tentunya gedung parlemen yang majesticcc.

View Pest dari Fisherman’s Bastion Terrace

Di tower utama Fisherman’s Bastion, ada fine dining restaurant yang ceunah romantizzz banget karena pemandangan malemnya cakeup. Widiiih kebayang sih nikmatin view parliament building yang terang benderang sambil candle lit dinner di kastil di atas bukit. Aiiiishhhhh sedap.

Setelah baca-baca blog, katanya si restoran teritung “murah” untuk ukuran fine dining di Eropa. Hmmm.. Mendengar kata murah, Sibucik udah pengen ngajak Om Duke dinner syantik ala-ala disana. Tapi pas liat menunya di website… Alamakkkk harga termurahnya sejuta per orang buat 3 course! Langsung mundur teratur. Untung aja cek harganya dulu, kalo sampe takajuik di tempat, bisa dipastikan kita bakal melipir ga jadi makan. “Mba, ga jadi, ketinggalan duit…. Hehe.”

Cekidot gan penampakan si tower utama Fisherman’s Bastion yang ada restorannya.

Tower utama Fisherman’s Bastion

Betah banget euy duduk-duduk berjemur di Fisherman’s Bastion sambil nikmatin udara pagi yang segeerrr. Kita nongkrong disitu sampe sekitar jam 8 pagi, waktu turis-turis mulai berdatangan. Heboh-heboh banget turis yang dateng, sampe ada yang pake kostum Cinderella segala buat fotosyut. Karena makin rame dan makin panas, kita beranjak ke gereja iconic persis di sebelah Fisherman’s Bastion: Matthias Church.

2. Matthias Church

Kalo tadi waktu liat Fisherman’s Bastion dari depan keliatannya kayak kastil, sebenernya yang bikin cantik itu justru bangunan Matthias Church dengan tower-towernya yang tinggi menjulang dan atapnya yang mentereng. Cekidot layout Fisherman’s Bastion dan Matthias Church dari Google Maps satellite view.

Matthias Church & Fisherman’s Bastion dari atas

Setelah jalan-jalan ke beberapa kota di Eropa (ceilah gaya bet wkwk), kita jadi berkesimpulan: kemana pun kita berkunjung, pasti ada gereja yang jadi tourist attraction. Entah karena sejarahnya atau karena emang gedungnya bagus banget. Kalo Matthias Church ini terkenalnya karena arsitekturnya dianggap “masterpiece of Hungarian Gothic art” ceunahhhh. Kita mah ora mudheng, ga ngerti gothic art, taunya cuma Saskia Gotik.

Mathias Church

Yang menarik, ternyata gereja ini pernah berubah fungsi jadi masjid waktu Hungaria dijajah bangsa Ottoman di tahun 1540-an. Di jaman itu, Matthias Church berubah nama jadi “Büyük Cami” alias Grand Mosque, atau dalam bahasa Indonesia mah Mesjid Agung. Di tahun 1680-an, akhirnya Buda berhasil direbut lagi oleh Pan-European terus si Mesjid Agung pun berubah fungsi lagi jadi gereja Katolik. Sejak itu, Matthias Church jadi venue langganan buat royal wedding dan coronation raja-raja Hungaria.

Seru kaaannn. Sayangnya, kita dateng waktu lagi ada renovasi. Untuk masuk ke dalem pun belum bisa karena kepagian. Tapi kurang lebih begini nih bagian dalem Matthias Church yang masterpiece pada masanya ceunah:

Interior Matthias Church. Foto ambil dari sini

3. Buda Castle/gallery

Okeh, lanjooot. Sekarang kita ke kastil beneran, alias Buda Castle.

Waktu otw Buda Castle, di jalan kita ketemu sama pegawai-pegawai museum yang lagi lari-larian mau ngantor. Wadaw jam segini orang-orang berangkat kerja, kita malah berlibur haha. Jadi ngebayangin sebentar lagi kita juga bakal balik kerja. Om Duke bakal balik ke rutinitas tiap pagi: lari-larian ke kantor buat ngejer absen, sampe ninggalin motor di pinggir jalan. Sementara Sibucik tiap hari buru-buru naik ojek, padahal rumahnya tinggal ngesot ke kantor. Udah gitu masih telat setengah jam pula. Terus bukannya buru-buru ke meja, malah melipir beli kopi dulu hahaha.

Karena di dalem Buda Castle complex isinya cuma museum sama art gallery, kita cuma ngelewatin gedungnya dalam rangka formalitas aja. Bukan maenan kita banget lah liat-liat lukisan di dalem ruangan, pasti ujung-ujungnya bosen. Tapi teteup jalan-jalan di area kompleksnya menyenangkan karena bagian luarnya pun udah bagus dan banyak ornamen yang bisa diliat.

Buda Castle

Matthias Fountain

Kompleks Buda Castle

Di depan castle, ada halaman luas yang menghadap Danube River. Surprisingly, view dari sini malah lebih cakep ketimbang dari Fisherman’s Bastion yang memang fungsinya sebagai lookout. Mungkin pengaruh lighting juga, karena waktu di Fisherman’s Bastion silau banget diterpa matahari yang baru aja terbit. Sementara pas di Buda Castle langitnya lebih bersahabat dan lebih biru. Cakep banget pokoknya.

Parliament Building dari halaman Buda Castle fituring burung

Wiiiih….. Parliament Building ini emang ibarat diva di Budapest. Diliat dari sisi mana pun cantik dan ga bikin bosen!

4. Sunset di pinggir Danube River

Nah kalo tadi kita ngejer sunrise di Fisherman’s Bastion (walau akhirnya gagal karena kesiangan wkwk), sorenya kita balik lagi ke Buda buat ngejer sunset di pinggir Danube River. Kita pengen liat Parliament Building jadi warna keemasan karena kena sorot matahari dari sebelah barat.

Kita duduk di pinggir sungai buat nungguin sunset. Agak penuh perjuangan nih disini, soalnya tenyata di pinggir sungai banyak lalat berterbangan. Tapi tahan-tahan deh dirubung lalat, soalnya view yang kita dapet worth it bingit. Waktu akhirnya matahari mulai turun, wahhhh cakepnya ga ada dua. Dabesssst. Cekidot gan.

Hungarian Parliament Building waktu sunset

Dengan ini, lengkap sudah ziarah kita ke Hungarian Parliament Building. View waktu sunrise, sunset, golden hour, blue hour, malem, dapet semua hihihi. So far view paporit kita yang pas sunset ini karena ada cahaya surgawinya. Estetik betul, serasa di pelem-pelem romantis Cannes Festival yang beurat-beurat tea.

Sabtu, 22 Mei 2022: Santai seharian di Buda

Di hari ke-4, kita gak banyak jalan-jalan, cuma nongkrong yang lama di salah satu cafe estetik di Buda. Di jalan menuju ke cafe kita disuguhi lingkungan Buda yang juga cakep. Beda dengan Pest yang vibenya hype dan “anak muda” bingit, overall vibe di Buda lebih tenang, relaxing, dan family friendly.

1. Gellert Thermal Bath

Budapest terkenal karena thermal bathnya. Di seluruh kota banyak hot spring yang berkhasiat buat kesehatan ceunah. Nah Gellert ini salah satu thermal bath indoor yang terkenal.

Gellert Thermal Baths

Sibucik yang pada dasarnya seneng banget berendem di air anget kayak kebo sebenernya udah ngajak Om Duke buat berendem disini, tapi Om Duke ga mau. Alesannya, Om Duke tuh ga kuat air panas. Ini juga salah satu penyebab klasik pertengkaran rumah tangga Om Duke dan Sibucik: kalo abis Bucik mandi, Om Duke suka marah-marah karena katanya setelan showernya panas banget. Hahahaa ya abisnya Om Duke item sih jadi menyerap panas wkwkwk…. Tapi gapapa, Om Duke item-item tapi manis, ibarat Malika biji kedelenya kecap Bango.

Ini Malika, kesayangan kami hahaha

2. Liberty Bridge

Ini salah satu jembatan besar penghubung Buda dan Pest. Sambil nyebrang jembatan, kita rada parno. Soalnya tiap ada tram lewat, jembatannya geter-geter. Terus di sepanjang jembatan, kita papasan sama banyak orang yang manjat-manjat tiang jembatan sambil pose-pose nacal. Kirain pada mau main perosotan, eh taunya influencer lagi nyari konten. Ya emang estetik banget sih jembatannya, warnanya ijo-ijo seger kayak pistaschio. Slurp.

Liberty Bridge

3. Photo dump

Cekidot gan foto-foto random di Buda yang sayang kalo gak dijembrengin disini, vibenya asoy banget soalnya. Kalo kata anak jaman now: photo dump. Ahzek.

Photo dump ceunah

Kejadian apes: kena penalty di Metro

Yak sekian sight-seeingnya. Sekarang kita bahaskejadian menyebalkan waktu kita pulang dari Buda di hari ke-3: kena penalty karena perkara sepele!!!! HIKSSSS.

Jadi ceritanya begini…. Sistem transportasi di Budapest ini rada-rada aneh. Coba kita bandingin dulu nih sama di tempat-tempat lain. Kalo naik KRL di Jakarta, kita beli tiket sesuai tujuan, waktu masuk stasiun tap, waktu keluar stasiun tap lagi. Beres. Izi. Straightforward. Kalo naik tube di London lebih gampang lagi. Ga perlu beli tiket, tinggal tap kartu kredit/Oyster Card/Google Pay/Apple Pay di pintu masuk dan keluar stasiun, kelar. Nah kalo disini, kita mesti beli tiket dulu, terus sebelum naik kereta, tiketnya mesti divalidasi sendiri pake mesin di stasiun. Kalo lupa validasi, kita bakal didenda.

Seperti biasa, urusan pertiketan dihandle Om Duke. Bucik mah tinggal ngekor kemana-mana tanpa mikir hahaha. Setelah beberapa kali naik Metro, aman jaya. So far Om Duke selalu inget untuk validate tiket sebelum naik kereta. Tapi tiba-tiba di hari ke-3, sepulang dari Castle district, ujug-ujug kita dicegat petugas. Pas kita ngeliatin tiket, ehhh ternyata pas berangkat tadi kita lupa validasi tiketnya. Langsung lah petugasnya jadi Pak Ogah – cepek dulu dooong. Bedanya yang diminta bukan cuma cepek, tapi 40 Euro.

Mbak petugas be like: 40 Euro dulu doooong

Wadidaw, langsung lah kita nego-nego. Tapi mbaknya ketus banget, ga mau tau walaupun kita punya tiket dan sekadar lupa ngescan di awal. Protes lah kita. Kalo mau tertib jaganya di depan dong Mbak jangan di belakang begini, ini mah sistemnya malah kayak Pak Pulici di lingkar Semanggi yang ngumpet di balik pohon buat nilang, alias sengaja banget haha. Om Duke bete berat, padahal kita kan dah beli tiket. Harga tiketnya aja cuma 1 euro tapi dendanya hampir 20 Euro per orang. Naik Ryanair aja ga sampe segitu hahahaha.

Terus waktu lagi nego, si petugas malah ngancem manggil polisi. Dihhh galak, akhirnya karena takut digeret ke concentration camp *imajinasi Bucik* akhirnya kita bayar juga. Hiiiikkssss bye bye 40 Euro. Nasiiip nasip, ga dimana-mana angger kita mah kena tilang sama penalti.

Tiket tilang fafifu wasweswos

Walaupun apes kena tilang, overall sesi jalan-jalan di Buda berkesan sekaliiiii. Suasananya relaxing, viewnya bagus, cuaca waktu disana sempurna, stok poto-poto juga numpuk. Aih. Perfekto.